DAAI Night 2023: 16 Tahun Perjalanan Cinta Kasih DAAI TV

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Jajaran Board of Director (BOD) DAAI TV, perwakilan mitra dan sponsor DAAI TV, relawan Tzu Chi, narasumber inspiratif, dan pengisi acara berfoto bersama dalam acara DAAI Night 2023.

DAAI TV Indonesia akan genap berusia 16 Tahun pada 25 Agustus 2023 mendatang. Sebagai rasa syukur, perhelatan DAAI Night 2023 digelar di Guo Yi Ting (International Hall), Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada Sabtu, 12 Agustus 2023 dengan tajuk “16 Tahun Perjalanan Cinta Kasih DAAI TV.

Rangkaian acara DAAI Night dibuka dengan penampilan Marcell Siahaan yang membawakan lagu Bahasa Kalbu. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Board of Director (BOD) DAAI TV Indonesia, Edy Wiranto. Dalam kata sambutannya, Edy menyampaikan komitmen DAAI TV untuk terus mewariskan cinta kasih dan berinovasi agar tayangannya bisa terus memberi manfaat untuk pemirsanya.

“Kami percaya bahwa cinta kasih bisa mengubah hidup seseorang dan membangun dunia yang lebih baik. Melalui konten yang kami sampaikan, kami berharap bisa menyentuh hati dan pikiran semua penonton kami,” ungkap Edy.

Board of Director (BOD) DAAI TV, Edy Wiranto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung DAAI TV selama 16 tahun dan seterusnya.

Dalam kesempatan ini Edy juga menyampaikan apresiasi mendalam kepada mitra, sponsor, relawan, dan semua pihak atas dukungan yang diberikan kepada DAAI TV Indonesia sehingga bisa terus memproduksi konten-konten positif.

“Dalam perjalanan cinta kasih DAAI TV selama 16 tahun ini, DAAI TV berkomitmen akan terus berinovasi, beradaptasi, dan berkarya untuk mewariskan cinta kasih dari generasi ke generasi,” jelas Edy.

Penampilan penyanyi Marcell Siahaan saat membawakan lagu-lagu yang ciamik dalam pagelaran DAAI Night 2023.

Penyanyi Huang Jia Jia berkolaborasi dengan siswa Tzu Chi School saat membawakan lagu berjudul Ada Cinta Kasih di Dunia dalam acara DAAI Night 2023.

Selain Marcell Siahaan, ada juga penampilan dari penyanyi Huang Jia Jia yang juga  berkolaborasi dengan siswa Tzu Chi School saat menyanyikan lagu berjudul Ada Cinta Kasih di Dunia. Dalam acara DAAI Night ini, beberapa narasumber inspiratif dalam program Mimpi Jadi Nyata DAAI TV juga diundang untuk sharing. Mereka adalah para pejuang mimpi yang telah diwujudkan mimpinya oleh DAAI TV dan para donatur.

Salah satunya adalah Violin Liony Wijaya seorang penyintas dan founder Rumah Singgah Yayasan Lentera Pejuang Kanker. Saat tampil di program Mimpi Jadi Nyata, Violin ingin mewujudkan mimpinya memberikan sebuah mobil ambulans untuk rumah singgah yang dibangunnya. Hal ini berangkat dari keprihatinan Violin, saat anak-anak penderita kanker di rumah singgah tersebut sering kesulitan mendapatkan transportasi online untuk mengantar pasien kritis ke rumah sakit. Dan ternyata mimpinya pun terwujud.

“Jadi dengan adanya bantuan ambulans ini bisa mengantar mereka (anak-anak penderita kanker) untuk berobat ke rumah sakit. Sangat bermanfaat sekali,” ungkap Violin.

Diapit dua pembawa acara DAAI Night 2023, Violin Liony Wijaya, Aira dan ibunya, serta Erlin Yusnita (kiri ke kanan) saat sharing tentang mimpi mereka yang menjadi nyata berkat DAAI TV.

Selain Violin, hadir juga Erlin Yusnita, seorang guru untuk anak-anak difabel yang mempunyai mimpi untuk memberikan kursi roda yang layak untuk anak didiknya, Aira. Ia merasa iba, melihat  ibu Aira yang kesulitan mengantar Aira ke sekolah. Erlin ingin Aira tetap sekolah, sehingga ia menyampaikan mimpinya ke DAAI TV. Mimpi Erlin untuk Aira terwujud dan sebuah kursi roda yang layak kini bisa mengantarkan Aira ke sekolah dengan lebih mudah.

“Luar biasa dengan bantuan kursi roda, Aira sekarang bisa bersekolah dengan aman dan nyaman bahkan sudah kami modifikasi supaya bisa memakai payung, jadi kalau kehujanan atau kepanasan mamanya tidak perlu berteduh lagi tetap bisa lanjut ke sekolah,” kata Erlin. Dalam kesempatan ini Aira pun ikut hadir bersama ibunya dan menyapa para penonton DAAI Night.

Dari tahun ke tahun, acara DAAI Night dikonsepkan tak hanya menjadi sekadar sebuah hiburan. Acara ini diharapkan juga bisa memberikan pesan agar semua orang bisa lebih banyak menyebarkan kebaikan melalui berbagai inspirasi yang ada di sekelilingnya.

Seperti Sumarseh, salah satu penonton DAAI TV yang sudah merasakan dampak positif dari program-program di DAAI TV. Setiap hari sepulang bekerja, Sumareh bersama suaminya tidak pernah absen menonton drama kisah nyata di DAAI TV yang ditayangkan pukul 20.00 WIB. “Kita bisa mengambil hikmah positif dari tayangan drama tersebut. Kita diajarkan lebih bersabar, lebih toleransi, dan lebih bersyukur dalam hidup ini,” jelas Sumarseh dalam sharing-nya.

Saat sharing, Sumarseh juga mengungkapkan salah satu hal terpenting dalam hidupnya. Dari DAAI TV, ia juga mengenal Yayasan Buddha Tzu Chi dan pada akhirnya ikut menjadi relawan Tzu Chi.

Sumarseh, salah satu penonton setia DAAI TV yang memutuskan menjadi relawan Tzu Chi bersama suaminya setelah terinspirasi dengan tayangan drama kisah nyata di DAAI TV.

“Dalam tayangan drama kan ada kegiatan relawan Tzu Chi. Jadi timbul di pikiran saya juga ingin bersumbangsih. Akhirnya saya dan suami saat menonton drama lama-lama merasa tertarik dan memutuskan ikut menjadi relawan Tzu Chi. Saya ingin mengucapkan syukur karena bisa mengenal DAAI TV,” ungkap Sumarseh disambut tepuk tangan para penonton DAAI Night.

Dalam kesempatan ini penyanyi Marcell Siahaan juga mengungkapkan kesan-kesannya tentang DAAI TV. “Buat saya DAAI TV adalah TV yang mampu memberikan tayangan-tayangan yang inspiratif tapi secara umum juga memberikan keseimbangan kepada maraknya tayangan-tayangan yang sifatnya hiburan semata,” kata Marcell.

Bagi pelantun lagu Semusim ini, tayangan-tayangan di DAAI TV juga mampu memberikan masyarakat kesempatan untuk melihat dunia ini seperti apa dalam kenyataannya. “Perlu sekali kita punya tayangan-tayangan yang terus mengingatkan kita, mengembalikan kepada fitrahnya manusia itu seperti apa bahwa manusia itu harus saling membantu, saling berkolaborasi,” lanjut Marcell.

Marcell juga berharap dengan semakin bertambahnya usia, DAAI TV juga terus dapat menyajikan tayangan-tayangan positif sekaligus inspiratif. “Selamat merayakan hari jadi kepada DAAI TV yang ke-16. Kedepannya semoga DAAI TV semakin banyak bisa memberikan kontribusi dalam bentuk tayangan-tayangan yang positif,” ucap Marcell Siahaan.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

DAAI TV Menyelenggarakan Reuni Kebangsaan Tionghoa Nusantara

DAAI TV Menyelenggarakan Reuni Kebangsaan Tionghoa Nusantara

10 November 2023

Kamis, 9 November 2023, DAAI TV menyelenggarakan Reuni Kebangsaan Tionghoa, yang bekolaborasi dengan komunitas Tionghoa di Indonesia seperti INTI, PSMTI, PTK Indonesia dan Penghimpunan Jin Jiang. 

Berkarya dan Berbagi Melalui DAAI TV

Berkarya dan Berbagi Melalui DAAI TV

10 November 2015 Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh stasiun televisi kemanusiaan ini setiap tiga bulan sekali. Sebanyak 151 staf DAAI turut andil dalam kemeriahan penuangan celengan sore itu.
DAAI TV Medan Menggelar Aksi Tanam Pohon

DAAI TV Medan Menggelar Aksi Tanam Pohon

17 November 2021

DAAI TV Medan menggelar Aksi Tanam Pohon di Kota Medan dan sekitarnya dalam rangka Hari Pohon Sedunia. Sebanyak 2.689 bibit dari berbagai jenis pohon juga telah disebarkan untuk ditanam dalam kegiatan tersebut.

Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -