Dapat Mendonorkan Darah adalah Sebuah Berkah

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang)
Para donor melakukan pendaftaran sebelum mendonorkan darahnya.

Komunitas relawan Tzu Chi di Xie Li Radial kembali mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang, Minggu 19 Februari 2023. Kegiatan donor darah rutin ini terus berlanjut karena masih dibutuhkannya pasokan darah. Donor darah ini diadakan di Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Palembang, Jalan Radial Kompleks Ilir Barat Permai Blok D1 No.19-20, 24 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

Donor darah berlangsung mulai pukul 08.00 pagi hingga 12.00 siang. Pada pukul 07.00 pagi, para relawan sudah berkumpul menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan. Willy Leo yang merupakan koordinator lapangan terlebih dulu memberikan briefing kepada para relawan kembang atau para sukarelawan yang baru bergabung untuk posisi dan tugasnya masing– masing.

Ni Luh Putu Sunadiasih merupakan salah satu relawan yang aktif mendonorkan darah.

Saat donor darah para donor diwajibkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan mencuci tangan, mengecek suhu, dan memakai masker. Setelah itu, para donor juga melakukan registrasi untuk mengisi absensi formulir donor darah. Selanjutnya mereka dicek kadar HB (Hemoglobin) untuk memastikan lolos tidaknya untuk bisa mendonorkan darah.

Jumlah donor pada kegiatan kali ini sebanyak 49 dan yang berhasil lolos terdapat 45 orang. Ni Luh Putu Sunadiasih merupakan relawan kembang yang juga turut mendonorkan darahnya secara rutin.

Foto bersama para relawan dan anggota PMI Kota Palembang usai donor darah berakhir.

“Donor darah ini merupakan kewajiban rutin yang saya lakukan sejak umur 25 tahun yang dapat membuat tubuh saya menjadi lebih sehat karena sirkulasi darah kita bisa lancar sehingga dengan tubuh yang sehat saya dapat mengikuti kegiatan sosial. Terima kasih kepada Master Cheng Yen saya menjadi bagian menjadi relawan Tzu Chi dengan kegiatan yang luar biasa. Ini suatu berkah bagi saya,” ujarnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Membantu Menambah Persediaan Darah

Membantu Menambah Persediaan Darah

11 September 2017

Kamis, 7 September 2017, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Perwakilan Bandung bekerjasama dengan PMI dan LBPP-LIA, mengadakan bakti sosial donor darah.

Donor Darah Sebagai Wujud Kepedulian Bagi Sesama

Donor Darah Sebagai Wujud Kepedulian Bagi Sesama

22 Juli 2022

Relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Tamken mengadakan kegiatan donor darah di Sekolah Kusuma Bangsa di Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang.

Membangun Rasa Kepedulian Sosial Melalui Donor Darah

Membangun Rasa Kepedulian Sosial Melalui Donor Darah

28 Desember 2022

Dalam menjalankan misi kesehatan, relawan Tzu Chi di Tanjung Batu bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Kundur mengadakan donor darah, Minggu 18 Desember 2022. 

Seulas senyuman mampu menenteramkan hati yang cemas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -