Dengan Semangat Baru, Kelas Budi Pekerti Dibuka Kembali

Jurnalis : Listania (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Calvin, Beverly Clara (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Setelah sempat ditiadakan selama kurang lebih 2 tahun karena pandemi Covid-19, Kelas Budi Pekerti di Tzu Chi Tanjung Balai Karimun akhirnya kembali dibuka.

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan Kelas Budi Pekerti yang sempat ditiadakan kurang lebih 2 tahun karena pandemi Covid-19. Ada yang berbeda pada kegiatan ini, Minggu, 14 Agustus 2022, yakni kelas budi pekerti memiliki banyak wajah-wajah baru.

Selama dua tahun, sudah beberapa kali memasuki tahun ajaran baru, tentu saja anak-anak sudah beranjak besar sehingga mereka yang usianya telah melewati batas umur sudah tidak bisa lagi mengikuti kegiatan ini. Untuk itu, relawan kembali memperkenalkan Tzu Chi kepada siswa-siswi yang baru bergabung pada tahun ajaran ini.

Kegiatan pun dimulai pukul 08.30 WIB, sebelum memasuki ruangan, siswa-siswi terlebih dahulu berbaris rapi dengan bersikap samadhi sambil memasuki ruang kegiatan. Relawan memandu siswa-siswi memberikan penghormatan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada Master Cheng Yen sebanyak 3 kali, setelah itu mereka membacakan 10 sila Tzu Chi.

Siswa-siswi mendapat beberapa materi yaitu pengenalan tentang Tzu Chi, cara penghormatan yang benar, arti Bulan 7 Penuh Berkah dan tata karma saat berkegiatan.

Pada kegiatan ini siswa-siswi kelas budi pekerti diberikan beberapa materi yaitu pengenalan Tzu Chi, cara penghormatan yang benar, arti Bulan 7 Penuh Berkah dan tata karma saat berkegiatan yang dibawakan oleh Da Ai Mama; Sukmawati, AA, Lissa dan Susi.

“Tzu Chi terdiri dari dua kata yakni Tzu yang artinya memberikan kebahagiaan dan Chi yang artinya menghilangkan penderitaan,” ungkap Sukmawati pada materinya.

Sementara itu Da Ai Mama, AA, mengajarkan siswa-siswi cara penghormatan yang benar, tujuannya agar mereka paham akan cara melakukan penghormatan, beranjali dan bersikap mudra vairocana dengan benar.

Di sela-sela penyampaian materi, disisipkan juga beberapa games agar anak-anak tidak merasa bosan, dan bisa berinteraksi dengan teman-teman mereka lewat games.

Untuk mencairkan suasana, Da Ai Mama bersama siswa-siswi kelas budi pekerti bermain sebuah games.

Adapun Da Ai Mama Lissa menyampaikan materi tentang makna bulan tujuh yang sering diartikan sebagai bulan hantu dalam kalender Tiongkok.

"Sebenarnya bulan 7 ialah bulan yang penuh berkah, dan juga bulan untuk berbakti kepada orang tua," ungkap Lissa.

Ia juga menyampaikan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk berbakti kepada orang tua, salah satunya tidak melawan orang tua dan mendengarkan nasehat orang tua.

“Saya merasa senang ya, hari ini bisa mengadakan kegiatan kelas budi pekerti lagi. Mungkin ada yang sudah lupa juga karena sudah 2 tahun kita tidak mengadakan kelas budi pekerti. Melihat anak-anak baru hari ini antusias dan semangatnya sangat luar biasa, saya juga berharap semoga kita ke depannya bisa membawakan materi yang lebih menarik lagi, selain itu yang terpenting semoga kelas budi pekerti bisa terus diadakan setiap bulannya," ungkapnya.

DA Ai Mama Lissa berharap kelas budi pekerti bisa terus diadakan setiap bulannya.

Materi terakhir disampaikan Da Ai Mama Susi, ia menyampaikan materi mengenai tata tertib kelas dan tata cara berpakaian. Dalam pemaparannya, siswa-siswi diberikan contoh berpakaian yang benar dan berpakaian yang salah agar mereka bisa mencontoh cara berpakaian yang benar saat mengikuti kegiatan.

Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen yang berbunyi “Orangtua merupakan contoh bagi anak-anak, guru merupakan panutan bagi para murid dengan contoh panutan yang baik akan terpupuk konsep kehidupan yang benar.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menanamkan Kebiasaan Baik Sejak Usia Dini

Menanamkan Kebiasaan Baik Sejak Usia Dini

10 April 2023

Tzu Chi Medan menggelar Kelas Kata Perenungan di Depo Pelestarian Lingkungan Mandala pada Minggu 26 Maret 2023.

Membantu orang lain, mendatangkan kebahagian

Membantu orang lain, mendatangkan kebahagian

31 Juli 2019
Setiap bulan para orang tua dari masing-masing grup kelas budi pekerti diberi kesempatan untuk ikut bersumbangsih membantu menyiapkan makan siang untuk anak-anak bersama para relawan Sen Huo Zhu di dapur. Minggu 14 Juli 2019, sebanyak 7 orang tua perwakilan orang tua dari Group Daai Qing Zhi Ban Besar bersama Youmi Shijie dan Fenie Go Shijie menuju dapur relawan di Basement Tzu Chi Center PIK. 
Mendidik Anak Peduli Lingkungan Sejak Dini

Mendidik Anak Peduli Lingkungan Sejak Dini

30 Juni 2022

Pada Minggu pagi yang cerah anak-anak Perumahan Cinta Kasih Muara Angke memeriahkan seluruh sudut Aula perumahan Cinta Kasih Tzu Chi, Muara Angke.

Orang yang memahami cinta kasih dan rasa syukur akan memiliki hubungan terbaik dengan sesamanya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -