Gerakan Tzu Chi Peduli, Tzu Chi Berbagi

Jurnalis : Ivon (Tzu Chi Lampung), Fotografer : Ivon dan Wilson (Tzu Chi Lampung)

Relawan Tzu Chi bersama-sama menyiapkan makanan nasi kotak vegetarian yang siap di bagikan oleh Anna Suryana, Rike, Ng. Widya dan Tri Shijie. Relawan Tzu Ch menyiapkan 100 kotak nasi vegetarian diperuntukkan warga yang berpenghasilan sebagai buruh harian.

Pada masa diberlakaukannya PPKM banyak masyarakat buruh harian sangat terdampak perekonomiannya. Hal ini menjadi perhatian khusus relawan Tzu Chi Kp. Lampung untuk membantu para pedagang kecil dengan Program Tzu Chi Peduli, Tzu Chi Berbagi (Gerakan Membantu Pedagang Kecil).

Program ini digagas oleh relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat, dan gerakan program ini sudah diikuti oleh berbagai relawan komunitas di wilayah lainnya. Seperti relawan Tzu Chi Kp. Lampung menyalurkan 100 nasi kotak pada 31 Agustus 2021 di Tanjung Karang.

Para relawan Tzu Chi diantaranya Jonathan Toyip, Sumarike dan Anna Suryana melakukan survei lokasi ke salah satu pedagang warung makan yang ada di daerah Simpur, Tanjung Karang Pusat.

Pada kegiatan yang kedua pada 04 September 2021 relawan Tzu Chi menyiapkan nasi kotak vegetarian dengan menu yang sama.

Pada hari pertama relawan Tzu Chi Kp. Lampung menyiapkan 100 nasi kotak vegetarian untuk di berikan kepada orang-orang yang sangat terdampak pandemi seperti, pedagang kecil, penarik becak, pengendara ojek, pemulung dan buruh harian lainnya. Dalam kegiatan ini sembilan orang relawan Tzu Chi terlibat dalam penyaluran makanan nasi kotak vegetarian. Pembagian nasi kotak ini terus berlanjut pada 04 September 2021 dengan jumlah nasi kotak yang sama dan di lokasi yang sama.

Lita Jonathan, ketua harian Tzu Chi Lampung berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan mengajak untuk terus berbuat kebajika untuk masyarakat yang kesusahan. “Saya berharap kegiatannya dapat terus berlanjut, tapi nanti kita akan pindah tempat, untuk jumlahnya bisa menyesuaikan dengan kondisi lingkungan. Di sesuaikan saja dengan kebutuhannya” harap Lita.

Rike Shi jie menyerahkan nasi kotak vegetarian kepada pedagang kaki lima yang sangat terdampak pandemi Covid 19.

Barlianto Chan, fungsionaris Tzu Chi juga menambahkan “Mungkin next kita pindah ke pasar bawah ya, disana banyak supir angkot, tukang ojek, tukang becak yang sangat terdampak pandemi. Apalagi sekarang angkutan umum sepi banget kan” ungkap Barlianto.

Berdasarkan kesepakatan dari fungsionaris Tzu Chi Kp. Lampung, kegiatan Program Tzu Chi Peduli, Tzu Chi Berbagi (Gerakan Membantu Pedagang Kecil) ini akan berlangsung hingga bulan Desember.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Penyakit dalam diri manusia, 30 persen adalah rasa sakit pada fisiknya, 70 persen lainnya adalah penderitaan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -