Hari Waisak, Perayaan Penuh Makna

Jurnalis : Bambang M, Veronika (Tzu Chi Singkawang), Fotografer : Veronika (Tzu Chi Singkawang)

Tzu Chi Singkawang mengadakan acara doa bersama untuk memperingati Hari Waisak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia. Seluruh peserta menyanyikan lagu “Jing Ji Qing Cheng” tanda upacara doa Waisak dimulai.

Kantor Penghubung Tzu Chi Singkawang mengadakan acara doa bersama untuk memperingati Hari Waisak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia pada Minggu, 14 Mei 2023 di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang. Acara doa bersama ini dihadiri oleh relawan Tzu Chi Singkawang, para staf dan guru Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang, instansi masyarakat, dan masyarakat umum.

Perayaan Waisak kali ini disiapkan sejak 13 Mei 2023. Setelah sekitar 3 tahun lamanya acara doa bersama Waisak tidak dilaksanakan secara umum, tim relawan Tzu Chi Singkawang terlihat sangat semangat dalam mempersiapkan acara ini agar terlaksana dengan baik hingga selesai.

“Saya dan tim relawan juga sudah menyiapkan suvenir berupa pao berbentuk persik sebanyak 210 buah yang memakan waktu pembuatan selama 3 hari lamanya. Selain pao, tim juga pergi kesana kemari mengumpulkan bunga-bunga indah untuk kemudian dirangkai dan diletakkan untuk memperindah meja prosesi pemandian rupang Buddha,” Jelas Lie Fong, PIC Waisak 2023.

Para Sangha dan relawan Tzu Chi bergantian melakukan pemandian Rupang Buddha dengan khidmat.

Relawan Tzu Chi Singkawang menyiapkan pao persik untuk suvenir acara Waisak 2023.

Prosesi doa bersama Waisak, 14 Mei 2023 dimulai tepat pada pukul 14.00 WIB dipandu oleh Lao Shi Merry dan Miss Wiji. Acara Waisak dibuka dengan masuknya para Sangha dan dilanjutkan dengan pembacaan gatha hingga prosesi. Seorang guru bahasa Mandarin di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Singkawang mengatakan bahwa acara Waisak ini merupakan acara Waisak yang pertama ia ikuti.

“Menurut saya, acara hari ini berjalan dengan khidmat. Prosesi yang paling mengesankan adalah saat kita berdoa bersama untuk mendoakan kedamaian semua makhluk di dunia,” tutur Helen. Saat mendengar ceramah Master Cheng Yen tadi, saya belajar bahwa kita harus saling menyayangi dan bisa membina diri untuk bervegetaris. Selain itu kebetulan saya juga berkesempatan untuk ikut sebagai relawan Tzu Chi, saya belajar bahwa di Tzu Chi kita belajar untuk saling menyayangi dan menghormati secara universal tanpa pandang perbedaan suku, ras, dan agama,” lanjutnya.

Didampingi oleh relawan Tzu Chi, Kepala Seksi Urusan Agama Buddha Kota Singkawang Bapak Warsito S.A.G dan keluarga, ikut melakukan pemandian Rupang Buddha.

Seluruh peserta doa Waisak 2023 mendengarkan Ceramah Master Cheng Yen di akhir kegiatan.

Acara ini juga disambut dengan luar biasa oleh Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang yang dihadiri oleh Bapak Warsito S.A.G, Kepala Seksi Urusan Agama Buddha Kota Singkawang. “Namo Buddhaya, kami selaku Kepala Seksi Urusan Agama Buddha Kota Singkawang, menyambut dengan sangat luar biasa pelaksanaan Hari Waisak yang dilaksanakan oleh Tzu Chi Singkawang,” ungkap Warsito. “Semoga senantiasa berkah ini dapat disampaikan pada semua. Acara ini juga menjadi kesempatan yang sangat luar biasa bagi kita untuk dapat membuat hati sanubari ini lebih luluh dalam menyadari tentang apa hakekat kehidupan kita pada hari ini. Sekali lagi Kasih Urusan Agama Buddha Kota Singkawang, menyambut dengan sangat luar biasa pelaksanaan Hari Waisak ini. Terima kasih, Namo Buddhaya,” lengkapnya.

Acara Waisak ini berjalan dengan lancar dan khidmat. Seperti kata Lie Fong, “Rasanya hati sangat senang karena acara hari ini berjalan dengan lancar dan Gan En kepada para tamu yang sudah menyempatkan waktu untuk datang dan ikut melakukan ibadah Waisak bersama pada hari ini.”

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Mengajak Berbagai Generasi Menghargai Warisan Budaya Nusantara

Mengajak Berbagai Generasi Menghargai Warisan Budaya Nusantara

17 Mei 2016 Festival Waisak Indonesia yang diadakan pada 28 April hingga 29 Mei 2016 mendatang diisi dengan berbagai event menarik. Festival yang diadakan di Pasar Seni, Taman Impian Jaya Ancol ini juga terbuka untuk umum setiap harinya.
Persiapan Tri Hari Besar, Menggalang Lebih Banyak Hati

Persiapan Tri Hari Besar, Menggalang Lebih Banyak Hati

04 Mei 2015 “Walau pegal-pegal karena mesti melangkah perlahan-perlahan mengikuti iringan lagu, tetapi lama kelamaan terasa sangat enak dan menenangkan jiwa karena di sini kita belajar mengalahkan ego kita, mengalahkan ke-akuan kita, lama-lama di hati jadi plong, pikiran juga jadi lebih tenang,” tambah Arya.
Lantunan Doa Menyambut Waisak

Lantunan Doa Menyambut Waisak

02 Mei 2018
Dalam rangka menyambut Hari Waisak, Tzu Chi Indonesia menggelar kegiatan Chao San (ritual namaskara). Selain untuk melatih konsentrasi, Chao San merupakan pelatihan diri dalam menapaki jalan Bodhisatwa, melakukan instropeksi diri, merendahkan hati, serta memperkecil ego.
Cinta kasih tidak akan berkurang karena dibagikan, malah sebaliknya akan semakin tumbuh berkembang karena diteruskan kepada orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -