Hunian Nyaman untuk Keluarga Wisbardi

Jurnalis : Dani Indrawan (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Alfian Diwangsa (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)
H. Waloya, Ketua Xie Li Siak didampingi Camat Kandis, Kapolsek Kandis, Danramil Kandis, dan Perwakilan Organisasi Masyarakat Yayasan Sakai Mandiri.melakukan seremoni pemotongan pita secara simbolis sebagai tanda bedah rumah telah selesai dan diserahkan kepada keluarga Wisbardi.

Setelah direnovasi beberapa bulan, relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas Xie Li Siak menggelar seremoni sederhana bersama keluarga Wisbardi warga Suku Sakai yang tinggal di Kelurahan Simpang Belutu, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak pada Jumat, 30 Desember 2022. Dalam kesempatan ini, relawan Xie Li Siak dari PT. Ivo Mas Tunggal menyerahkan satu unit rumah layak huni tipe 30 kepada Wisbardi yang sehari-hari bekerja sebagai pemangkas rambut.

Sebelumnya Wisbardi tinggal di rumah sederhana berukuran 4x5 meter persegi bersama istri dan ketiga anaknya. Saat hujan, bagian atapnya sering bocor, beberapa sisi rumahnya juga sudah usang termakan usia. Setelah mendapat rekomendasi dari warga dan pemerintah setempat, relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas Xie Li Siak melakukan survei dan pendataan awal. Setelah semua persyaratan terpenuhi, renovasi rumah keluarga Wisbardi segera dimulai.

Untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga, relawan juga memutuskan untuk memperluas bangunan rumah keluarga ini menjadi 5x6 meter persegi. Selain itu, relawan juga melengkapi rumah ini dengan instalasi mesin air dan listrik. Lemari pakaian dan tempat tidur yang layak juga diberikan relawan untuk menambah kenyamanan keluarga Wisbardi.

Kondisi rumah keluarga Wisbardi saat disurvei oleh relawan Tzu Chi cbang Sinar Mas Xie Li Siak. Tampak juga dapur yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan memasak sehari-hari oleh keluarga tersebut.

H. Waloya, Ketua Xie Li Siak menngatakan dukungan ini diharapkan mampu membuat kehidupan Wisbardi dan keluarga menjadi lebih baik. “Program bedah rumah ini menyediakan tempat tinggal yang lebih layak. Semoga dengan adanya bantuan ini, pihak penerima dapat membangun rumah tangganya lebih baik, harmonis, serta kian semangat dalam bekerja sehingga mampu memberikan pendidikan kepada anak-anaknya dengan lebih baik,” jelasnya.

Waloya juga menambahkan, program bedah rumah yang dilaksanakan Tzu Chi Cabang Sinar mas juga merupakan bukti komitmen dalam mengentaskan kemiskinan. “Kita sama-sama mendukung upaya pengentasan kemiskinan dengan menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat yang membutuhkan, dalam hal ini khususnya masyarakat asli Suku Sakai,” ungkapnya.

Penampakan rumah keluarga Wisbardi dari depan setelah dibedah oleh Tzu Chi cabang Sinar Mas.

Susanti, istri Wisbardi mengaku bersyukur dengan adanya bantuan dari relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas. “Kami sangat bersykur atas bantuan program bedah rumah ini. Kami akan merawat dan menempati rumah ini sebaik mungkin. Terima kasih atas bantuannya, semoga perusahaan dan yayasan semakin maju untuk ke depannya,” ujar Susanti.

Sekretaris Kecamatan Kandis, Wendy S.Sos, menyampaikan bahwa bantuan rumah layak huni ini sudah seyogyanya dijaga dan dirawat oleh penerima bantuan. Beliau juga menekankan bahwa rumah tersebut yang merupakan bantuan tidak boleh dialihtangankan kepada orang lain apapun alasannya. Terlebih tidak semua orang seberuntung penerima dapat mengikuti program bedah rumah tersebut. Masih banyak keluarga yang membutuhkan program bedah rumah namun karena keterbatasan sumber daya, pemerintah belum dapat merealisasikannya.

Program bedah rumah ini diapresiasi Rajab, tokoh masyarakat Suku Sakai. “Harapan terbesar kami sebagai masyarakat Suku Sakai adalah bahwa perusahaan sudah sangat membantu kami selama ini dengan berbagai program CSR. Kami berharap seluruh bantuan ini dapat berkelanjutan supaya kesejahteraan masyarakat Suku Sakai dapat meningkat kedepannya,” ujarnya.

Setelah diserahkan, relawan Xie Li Siak bersama apartur pemerintah setempat beserta tokoh masyarakat melihat-lihat kondisi rumah keluarga Wisbardi stelah selesai dibesah.

Penyerahan kunci dan plakat rumah serta pemotongan pita peresmian dilakukan secara simbolis oleh H Waloya didampingi aparat pemerintah dan tokoh masyarakat setempat seperti Camat Kandis, Kapolsek Kandis, Danramil Kandis, dan Perwakilan Organisasi Masyarakat Yayasan Sakai Mandiri. Acara dilanjutkan dengan berkeliling untuk melihat kondisi rumah sebelum dilakukan penandatanganan berita acara serah terima yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Hingga tahun 2022, relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas Xie Li Siak telah menyerahkan 13 unit rumah dalam program bedah rumah. Hal ini tentu merupakan sebuah sinergi antara komitmen perusahaan dan kesigapan pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dengan menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat yang membutuhkan, dalam hal ini khususnya masyarakat asli pribumi Suku Sakai.

Editor: Arimami Suryo A

Artikel Terkait

Kado Imlek untuk Cin Siang

Kado Imlek untuk Cin Siang

09 Februari 2022

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas membantu perbaikan rumah Cin Siang di Kampung Suka Damai, Desa Pangkalan, Teluknaga, Tangerang. Sukacita dirasakan seluruh keluarga Cin Siang.

Tempat Berteduh untuk Keluarga Nenek Si’ah

Tempat Berteduh untuk Keluarga Nenek Si’ah

14 Maret 2024

Relawan Tzu Chi di Xie Li Bangka Belitung (Babel) membantu perbaikan rumah keluarga Nenek Si’ah di Dusun Belit, Desa Dendang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat. Rumah yang telah diperbaiki diserahterimakan pada Jumat (1/3/24).

Menempati Rumah Baru dengan Penuh Rasa Syukur

Menempati Rumah Baru dengan Penuh Rasa Syukur

23 Maret 2022

Widiatmoko tak kuasa menahan rasa haru, rumah yang bagus dan kokoh itu kini menjadi rumahnya. Tak ada lagi takut dan khawatir jika musim penghujan tiba.

Cara untuk mengarahkan orang lain bukanlah dengan memberi perintah, namun bimbinglah dengan memberi teladan melalui perbuatan nyata.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -