Kabar Gembira, Sepuluh Rumah Tak Layak Huni di Cempaka Baru Bakal Dibedah

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Khusnul Khotimah, Dok. He Qi Timur

Wie Sioeng memberi arahan saat tim relawan Tzu Chi hendak menyurvei 10 rumah di daerah Cempaka Baru, Jakarta Pusat.

Upaya Tzu Chi Indonesia mengangkat taraf hidup masyarakat melalui bantuan bedah rumah terus berlanjut. Kali ini di Kelurahan Cempaka Baru, Jakarta Pusat. Ada 10 rumah yang menjadi calon penerima bantuan ini, yang mana kondisinya sangat tak layak huni, dan kontras dengan rumah di sekitarnya yang terbilang cukup bagus.

Seperti rumah Bu Maemunah, yang berukuran 2 x 11 meter, namun saat ini dihuni oleh 9 anggota keluarga. Agar muat, keluarga ini membuat loteng kayu. Meski demikian, tak ada sekat-sekat kamar, padahal di dalamnya ada beberapa keluarga.

Bagi relawan Tzu Chi di komunitas He Qi Timur, ladang berkah ini merupakan ajang pelatihan diri juga satu kesempatan berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.

Vivi dan Dharmawati, relawan yang sudah senior tampak begitu semangat menyurvei kondisi rumah dan kehidupan sehari-hari Bu Maemunah.

Komunitas relawan Tzu Chi di He Qi Timur mendapat ladang berkah ini dan dikomandoi langsung oleh Wie Sioeng, yang juga Ketua Misi Amal Tzu Chi Indonesia. Selama dua hari, 30-31 Juli 2022, Wie Sioeng dan relawan lainnya menyurvei 1o rumah ini. Kesimpulannya, 10 rumah tersebut memang layak dibantu, namun surat kepemilikan rumah yang sah mesti dipenuhi dahulu.

“Kami berharap ke depannya, kalau memang mendapat bantuan bedah rumah ini, kehidupan mereka akan meningkat. Penghuni yang ada di sini juga lebih baik, yang berkeluarga punya kamar sendiri, adik-adiknya yang wanita juga punya kamar sendiri. Jadi secara kehidupan, secara moral, ataupun attitude akan menjadi lebih bagus ke depannya,” terang Wie Sioeng.

Dalam menyurvei, tim relawan harus detail. Tampak relawan mesti menaiki tangga kayu dengan hati-hati.

Kondisi rumah salah satu calon penerima bedah rumah. Ruang tamu sekaligus dapur.

Sementara itu, bedah rumah di Kelurahan Cempaka Baru ini akan menjadi kali keempat bagi He Qi Timur. Sebelumnya He Qi Timur pernah terlibat dalam Program Bebenah Kampung Tzu Chi di Pademangan, lalu di Kelapa Gading, dan ketiga di Kelurahan Cilincing. Ketiganya di wilayah Jakarta Utara.

Bagi tim relawan He Qi Timur, ladang berkah ini merupakan sebuah kesempatan untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu ini merupakan ajang pelatihan diri bagi relawan. Yang juga sangat penting adalah para relawan yang senior dapat sembari mendidik para relawan yang lebih muda atau relawan baru untuk belajar menjalankan tugas bedah rumah.

Tim relawan berfoto dengan para anggota keluarga, yang merupakan calon penerima bedah rumah ini.

“Setelah bebenah rumah di Cilincing, (kemudian bedah rumah di Cempaka Baru ini) memang jarak waktunya agak lama. Karena itu kami libatkan relawan yang memang sudah terbiasa survei, mereka juga terlibat di Misi Amal Tzu Chi. Juga ada beberapa senior yang membimbing relawan yang baru untuk mencari pendataan informasi tentang kelengkapan surat dan sebagainya,” tambah Wie Sioeng.

Selain itu beberapa relawan yang dilibatkan dalam tugas ini, profesinya ada yang notaris, yang bisa membantu meneliti surat-surat, sertifikat, girik atau surat kepemilikan yang sah itu yang seperti apa, berikut jalur-jalurnya. Ada juga relawan yang seorang kontraktor sekaligus desainer interior, yang menunjang dalam proses bedah rumah ini.

Editor: Hadi Pranoto


Artikel Terkait

Cun Nyoh Menanti Rumah Baru

Cun Nyoh Menanti Rumah Baru

18 Desember 2020

Relawan Tzu Chi Tangerang membantu Cun Nyoh, seorang penerima bantuan Tzu Chi untuk merenovasi kembali rumahnya.

Peletakan Batu Pertama Bedah Rumah: Rumahku, Istanaku

Peletakan Batu Pertama Bedah Rumah: Rumahku, Istanaku

08 Juni 2015 Selama dua puluh dua tahun, berbagai kegiatan dilakukan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi dalam mengemban Empat Misi Utama Tzu Chi di Indonesia. Salah satunya adalah dalam menangani kemiskinan baik dengan bantuan biaya hidup hingga penyediaan tempat tinggal yang layak huni.
Relawan Bantu Pembongkaran Rumah di Kelurahan Tanah Tinggi

Relawan Bantu Pembongkaran Rumah di Kelurahan Tanah Tinggi

12 Desember 2023

Relawan Tzu Chi membantu proses pembongkaran rumah warga di RT 005/ RW 012, Kelurahan Tanah Tinggi, Jakarta Pusat yang mendapat bantuan Program Bebenah Kampung dari Tzu Chi Indonesia dan Pemprov DKI Jakarta.

Kehidupan masa lampau seseorang tidak perlu dipermasalahkan, yang terpenting adalah bagaimana ia menjalankan kehidupannya saat ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -