Kebahagiaan Imlek Bersama Opa Oma

Jurnalis : Agus Tinus (Tzu Chi Pontianak), Fotografer : Agus Tinus , Budi Hartono (Tzu Chi Pontianak)

Atraksi Dewa Rejeki (Chai Sen Ye) yang diperagakan oleh relawan sedang membagikan angpao dan snack membuat suasana Imlek di panti jompo semakin meriah.

Sebanyak 87 relawan Tzu Chi Pontianak mengadakan kunjungan kasih ke Panti Jompo Marie Joseph pada 4 Februari 2024 untuk merayakan sukacita Imlek bersama 47 opa oma di sana. Supaya suasana Imlek lebih terasa, relawan mengawali kegiatan dengan atraksi barongsai dan dilanjutkan oleh atraksi naga serta Dewa rejeki (Chai Sen Ye) untuk membagikan angpao kepada opa oma yang diperagakan oleh relawan Tzu Chi Pontianak.

Tidak lupa juga permainan alat musik tradisional yang menghibur sekaligus membangkitkan emosional turut ditampilkan dalam kegiatan tersebut. Untuk menyemangati para opa dan oma, selain bermain alat musik tradisional, beberapa relawan membagi tugas untuk memberikan pijitan-pijitan lembut di tangan dan kaki serta membersihkan kuku mereka. Tak ketinggalan, relawan juga menampilkan tarian Imlek serta bernyanyi bersama dengan para opa dan oma di sana.

Permainan musik tradional dari para relawan membangkitkan suasana bahagia dan haru perayaan Imlek ini.

Relawan membagi tugas untuk memberikan pijitan-pijitan lembut di tangan dan kaki serta membersihkan kuku para oma opa.

Opa oma sangat bergembira sekali dengan berbagai macam hiburan yang ditampilkan karena mereka bisa ikut bernyanyi dan menari bersama dengan para relawan yang tampil. Semua doa dan rasa bersyukur opa oma ditanggapi dengan gembira oleh para relawan. Para relawan juga memberikan pelukan kepada opa oma, dengan harapan kunjungan ini dapat menggantikan kerabat dan dapat menghibur mereka pada hari raya Imlek ini.

Penampilan isyarat tangan dari para relawan pun tidak luput ditampilkan pada kegiatan tersebut. Dalam salah satu isyarat tangan Satu Keluarga, terlihat opa oma juga ikut memeragakannya dengan semangat. Seluruh peserta kegiatan ini pun larut dalam suasana bahagia dan terharu.

Relawan memberikan pelukan hangat kepada opa oma, sebagai pengganti keluarga mereka.

Kornelia, relawan Tzu Chi menemani oma menyanyikan lagu Imlek bersama dengan sukacita.

“Saya sangat bersyukur diberi kesempatan menjalin jodoh dengan opa oma di panti jompo ini. Hari ini kami menampilkan atraksi barongsai, naga, isyarat tangan, bernyanyi dan menari, makan bersama, serta membersihkan panti. Semuanya sungguh sangat berkesan bagi saya,” ungkap Lim Tjia Tjheng relawan senior Tzu Chi Pontianak.

Seperti Lim Tjia Tjheng, para relawan juga sangat terharu dan terkesan pada kegiatan ini, salah satunya Kornelia Mawarni. Ia pun sangat berharap kegiatan ini dapat sering dilaksanakan karena ia dapat merasakan kehangatan dan rasa syukur dalam kegiatan.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Melatih Empati dari Kunjungan Kasih

Melatih Empati dari Kunjungan Kasih

01 September 2023

Komunitas relawan Smartfren Regional Jawa Tengah bersama Paguyuban Sinar Mas Yogyakarta dan Solo melakukan kunjungan kasih ke Yayasan Lentera, pada Minggu (20/8/23). Yayasan ini menampung anak-anak penderita HIV-Aids.

Bahagia dalam Setiap Kunjungan

Bahagia dalam Setiap Kunjungan

22 Juni 2015
Meluangkan waktu sekedar untuk berbincang dan berinteraksi dengan para opa dan oma tak hanya menjadi sebuah rutinitas belaka melainkan juga memberikan kebahagiaan tersendiri kepada para relawan. Selain memberikan kebahagiaan, kegiatan ini juga dapat memberikan inspirasi bagi orang banyak untuk turut berbuat kebajikan bagi sesama.
Berbagi Kebahagian Natal di Panti Wreda

Berbagi Kebahagian Natal di Panti Wreda

04 Januari 2017

Kunjungan dan perayaan Natal bersama di Panti Wreda Karitas dan Perumahan Permata Cimahi pada tanggal 22 Desember 2016. Relawan berbagi kasih memberikan keceriaan bagi para opa dan oma yang tinggal di sana.

Giat menanam kebajikan akan menghapus malapetaka. Menyucikan hati sendiri akan mendatangkan keselamatan dan kesejahteraan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -