Kebakaran di Kawasan Braga, Relawan Tzu Chi Bandung Sigap Salurkan Paket Bantuan

Jurnalis : Eny Herlina, Lana Octaviani (Tzu Chi Bandung) , Fotografer : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung)

Sebanyak tujuh rumah terdampak kebakaran di Jl. Braga Bandung Kota Bandung. Lima rumah rusak parah dan dua rumah rusak ringan. Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun, 17 kepala keluarga terdampak atas musibah ini.

Kebakaran melanda pemukiman padat penduduk di kawasan Braga, Kota Bandung pada Jumat, 2 Februari 2024 pukul 16.30 WIB. Kebakaran diduga bermula dari rumah kosong yang tergenang banjir dan terjadi korsleting listrik. Sebanyak lima rumah rusak parah dan dua rumah mengalami rusak ringan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Menurut Agus salah satu pemilik rumah yang terbakar, api menyebar karena rumah-rumah berdampingan. “Rumah saya di belakang kena dan sebagian dirobohkan supaya ga merembet.” Lirih Agus.

Lim Tek Soe (Kiri) menyerahkan bantuan kepada salah satu warga yakni Neneng.

Sebanyak 17 paket bantuan tanggap darurat diberikan relawan Tzu Chi.

Kemudian Neneng yang rumahnya habis semua, mengetahuinya setelah pulang dari Sumedang. “Dikasih kabar rumahnya kebakaran kaget terus ke sini dan lihat rumah bapak saya habis dan barang-barang juga habis, sekarang kami tinggal di Sumedang.” Ucap Neneng.

Pada Senin, 5 Februari 2024 sebanyak tujuh relawan Tzu Chi Bandung mengadakan survei dan penyaluran bantuan. Relawan membawakan 17 paket bantuan tanggap darurat yang berisi peralatan mandi, pakaian, selimut, handuk dan masker medis. Bantuan lainnya seperti 100 kg beras, 5 dus mie instan, 5 dus pakaian layak pakai, 10 liter minyak goreng dan 19 pcs selimut. Kedatangan relawan disambut baik Imam Sadikin Ketua RW 08 Kelurahan Braga, Kec. Sumur Bandung.

Kedatangan relawan Tzu Chi disambut baik  Imam Sadikin Ketua RW 08 Kelurahan Braga dan warga setempat.

“Saya ucapakan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang telah membantu warga saya mendapatkan bantuan ini, sangat membantu sekali. Kemarin kami kebanjiran dibantu, sekarang ada kebakaran dibantu lagi terima kasih banyak.” Ujarnya.

“Kami harap bantuan ini setidaknya bisa meringankan warga yang terdampak kebakaran ini, dan tentunya semoga mereka bisa kembali pulih seperti sediakala,” ucap Lim Tek Soe Relawan Tzu Chi.

Editor: Khusnul Khotimah  

Artikel Terkait

Membantu Korban Kebakaran di Tamalanrea, Kota Makassar

Membantu Korban Kebakaran di Tamalanrea, Kota Makassar

09 Desember 2021

Tzu Chi Makassar memberikan perhatian bagi 11 keluarga yang menjadi korban musibah kebakaran di Kelurahan Parangloe, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar.

Meringankan Beban Warga Kampung Muhur

Meringankan Beban Warga Kampung Muhur

01 September 2023

Musibah kebakaran di Kampung Muhur pada Selasa (22/8/23) menggerakkan relawan Tzu Chi di Kutai Barat meringankan beban 57 KK warga terdampak. Relawan menyalurkan bantuan sembako, pakaian layak pakai, dan juga dukungan logistik dapur umum.

Bantuan untuk Korban Kebakaran Danau Sipin Jambi

Bantuan untuk Korban Kebakaran Danau Sipin Jambi

20 April 2022

Jumat, 15 April 2022 relawan Tzu Chi Jambi membagikan 12 paket bantuan kepada warga korban kebakaran di Lorong cendana, Solok Sipin, Danau Sipin, Jambi.

Mampu melayani orang lain lebih beruntung daripada harus dilayani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -