Kelas Anak Asuh Teratai : Teratai Got Talent

Jurnalis : Rosy Velly Salim (He Qi Pusat), Fotografer : Efendi, Deddy (He Qi Pusat)
Delapan anak dari kelompok 1 (Natalia Patricia Santoso, Fransisca, Gantari aryasantra, Ardel Manuela, Angelina, Faith Grace, Gisela Varelia, Stevany Valencia)  sedang beraksi magic fashion show.

Relawan komunitas dari He Qi Pusat mengundang 72 orang anak asuh teratai Tzu Chi  mulai dari tingkat SD hingga SMU dan SMK dalam ajang Got Talent (pencarian bakat) pada Minggu, 2 Juli 2023 di gedung ITC Mangga Dua. Kegiatan Got Talent ini sebagai wadah dan membangkitkan pencarian bakat di dalam diri anak-anak asuh teratai.

Selain membangkitkan bakat juga bisa diterapkan dalam nilai-nilai kebaikan seperti keuletan, keberanian, percaya diri, kekompakan, kesatuan hati, kreativitas, dan kesungguhan hati. “Jadi kami terinspirasi dengan kata perenungan Master Cheng Yen; “Setiap orang memiliki potensinya masing-masing. Tinggal bagaimana bakat mereka dibangkitkan, diasah, dikembangkan dengan minat, hobi, dan bagaimana mengenal diri mereka sendiri,” ujar Ria M. Pribadi, koordinator kelas anak asuh Teratai.

Para anak asuh teratai ini memiliki latar belakang dari keluarga prasejahtera. Para orang tuanya bekerja sebagai buruh buruh harian lepas. Adanya kelas anak asuh Teratai, memberi pendampingan untuk pembentukan karakter anak yang baik agar menjadi generasi muda yang berprestasi, dan bisa bersumbangsih di masyarakat.

“Saya berharap mereka tumbuh menjadi anak-anak yang berpotensi setelah lulus SMA/SMK. Mereka dapat bersumbangsih membimbing adik-adiknya yang lain dan melanjutkan jalinan jodoh baik ini dengan bergabung dalam barisan Tzu Ching”ucap Like Hermansyah, pendiri anak asuh Teratai.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan memberi penghormatan kepada Master Cheng Yen. “It’s Time To Shine” pemandu acara mempersilakan tiap grup untuk maju sesuai urutan untuk menampilkan bakatnya. Delapan orang anak tingkat sekolah dasar menampilkan karyanya dengan menampilkan Fasion show dari barang-barang daur ulang yang diiringi lagu “Wariskan Dunia yang Bersih”.

“Ya, tadi kami jalan (fashion show) dengan aksesori barang daur ulang seperti topi, jam tangan, selempang bertulis nama mereka yang terbuat dari koran,”ujar Ardel Manuela (12).

Selain itu, Ardel cukup senang mendapatkan hadiah voucher Rp.50.000 dan bisa menang dalam kategori favorite. Selama mengikuti kelas anak asuh dan ajang Got Talent, mereka mendapatkan pembelajaran untuk saling gotong royong, percaya diri, peduli, dan menghargai satu sama lainnya.

Cindy Aulia Sungkar (17), melalui menyanyi ia dapat menghibur banyak orang dan menyampaikan isi pesan hatinya.

Cindy Aulia Sungkar (17) dari kelompok 10 adalah seorang remaja yang tumbuh dari keluarga single parent. Keadaan ini takmembuat dirinya terus tengelam dalam kesedihan. Kini Cindy menjadi anak yang optimis dalam melihat masa depan. 

“Seiring waktu berlalu saya juga pikir hidup harus tetap dilalui, dan mau membuktikan anak yang single parent bisa bahagia dan sukses.  Di kelas Teratai Cindy mendapat banyak sekali manfaat. “Belajar banyak mengenai motivasi diri,”ungkap Cindy yang bercita-cita ingin menjadi dokter.

Cindy memilih untuk bernyayi solo dalam ajang Got Talent ini. Cindy memilih lagu berjudul tutur batinku, yang menceritakan pesan untuk menerima ihklas dan menjadi diri sendiri yang bahagia “Ada liriknya berbunyi tutur batinku, silakan pergi Ku takkan kalah. Menjadi bagian pengungkapan hatinya yang diutarakan dalam lagu tersebut.

“Saya sungguh bersyukur bisa menang, hadiah ini bisa untuk beli keperluan saya sehari-hari,” ujar Cindy. Bagi Cindy yang menjadi pemenang dalam ajang pencarin bakat ini, berbakti kepada orang tua saat ini adalah dengan belajar menuntut ilmu jurusan keperawatan, menjadi anak yang patuh.

Empat juri (Like Hermansyah, Johan, Hun-Hun, Mega) dalam kegiatan acara Teratai Got Talent, pada Minggu 2 Juli 2023.

Kegiatan ajang pencarian bakat ini turut menghadirkan empat orang  juri dua orang dari relawan komite Tzu Chi dan satu orang dari calon komite dan satu orang relawan abu-abu. Para juri itu ialah Like Hermansyah, Johan Tando, Hun-Hun, dan Mega.

Kegiatan lomba pencarian bakat ini menjalin kedekatan antara anak asuh teratai dengan para pengasuhnya. Pada ajang pencarian bakat ini ada yang membawakan drama drama, fashion show, menyanyi solo, menyanyi kelompok, lipsing, menggambar, membacakan puisi, acting, dan design grafis.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Perhatian Untuk Anak Asuh Tzu Chi di Lubuk Pakam

Perhatian Untuk Anak Asuh Tzu Chi di Lubuk Pakam

15 Mei 2020

Wabah Covid-19 berdampak pada perekonomian, sehingga banyak tenaga kerja yang dirumahkan atau kehilangan pekerjaan, apalagi buruh harian. Untuk itu Tzu Chi Medan memberikan perhatian kepada 85 keluarga anak asuh yang ada di Lubuk Pakam dengan menyalurkan bantuan sembako.

Menambah Semangat Anak Asuh Meraih Mimpi

Menambah Semangat Anak Asuh Meraih Mimpi

26 Mei 2017

Team Teratai He Qi Pusat kembali mengadakan acara bulanan di ITC Mangga Dua. Sebanyak 58 anak asuh yang hadir dan mengikuti rangkaian acara yang menambah ilmu dan wawasan.

Memotivasi Anak Asuh Meraih Sukses

Memotivasi Anak Asuh Meraih Sukses

21 September 2016

Sebanyak 85 anak asuh dan 90 orang tua anak asuh mengikuti gathering di Kantor Tzu Chi He Qi Pusat yang berada di Gedung ITC Lantai 6, Minggu 21 Agustus 2016. Relawan yang tergabung dalam Tim Teratai serta beberapa staf Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia meminta orang tua asuh lebih semangat mendukung anaknya meraih sukses.

Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -