Kunang-Kunang Menerangi Jalan Cinta Kasih Dunia

Jurnalis : Beti Nurbaeti (He Qi Tangerang), Fotografer : Wanda Pratama, Halim Ong (He Qi Tangerang), James Yip (He Qi Barat 2)

Laporan dan Sharing oleh Ketua dan Wakil Ketua He Qi Tangerang: Lili Santoso (Wakil Ketua), Johnny Chandrina (Ketua), dan Wey Alam (Wakil Ketua) pada Gathering He Qi Tangerang, Minggu 23 Januari 2022.

Sukacita tergambar jelas pada wajah para relawan Tzu Chi Tangerang yang hadir pada Gathering He Qi Tangerang Minggu, 23 Januari 2022, di Spring Club Gading Serpong Tangerang. Tema gathering tahun ini adalah “Menjadi Kunang-Kunang Menerangi Jalan Dunia.” Diharapkan para relawan Tzu Chi Tangerang dapat menyebarkan cinta kasih ke seluruh penjuru dunia bagai kunang-kunang dengan pelita yang dia bawa menerangi alam sekitarnya.

Gathering Relawan He Qi Tangerang dibuka dengan pemutaran video kilas balik kegiatan Tzu Chi di He Qi Tangerang. Video tersebut antara lain menayangkan kegiatan donor darah, pelestarian lingkungan, penuangan celengan, Catering vegetarian, pembangunan jalan di Simpak, kunjungan kasih, pembagian masker, pemberian bantuan pada korban banjir dan pandemi serta kegiatan lainnya.

Para pengurus lama Mendapat apresiasi cinta kasih berupa sertifikat.

Laporan dan sharing juga disampaikan oleh Ketua He Qi Tangerang, Johnny Chandrina. Di hadapan 115 peserta gathering, Jhonny mengungkapkan rasa terima kasihnya pada relawan He Qi Tangerang yang walau di masa pandemi tetap bersungguh hati mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan.

Mengutip perkataan Master Cheng Yen, “Sertakan saya dalam perbuatan baik, jangan libatkan saya dalam perbuatan jahat."  Johnny Candrina berharap relawan semakin bersemangat untuk bersumbangsih seperti kunang-kunang meskipun cahayanya kecil namun jika bersatu padu dapat menerangi dunia.

Para relawan di He Qi Tangerang siap menjadi kunang-kunang yang menerangi dunia.

Hal senada dikatakan Wakil Ketua He Qi Tangerang Wey Alam. Menurutnya, relawan Tzu Chi Tangerang berpotensi besar menjadi Bodhisattva Tangerang, yaitu orang-orang yang memperoleh kesempurnaan dalam kebijaksanaan. “Tak kenal kata mundur dalam menanam benih cinta kasih,” ujarnya.

Lili Santoso pun sebagai Wakil Ketua He Qi Tangerang berpesan agar para relawan tetap berpegang teguh pada visi dan misi Tzu Chi, tetap rendah hati dan selau berwelas asih pada sesama. “Kita harus selalu berpegang teguh pada ajaran Master, Setiap perbuatan baik selain mendatangkan berkah, juga menjauhkan kita dari bencana,” pungkas Lili Santoso.

Para relawan menyalakan pelita bagai kunang-kunang menyinari dunia dengan cinta kasih.

Selanjutnya adalah acara ucapan terima kasih kepada pengurus lama Heqi Tangerang sekaligus pengenalan para pengurus baru He Qi Tangerang. Para peserta dengan antusias melepas sambut pengurus lama dan pengurus baru dengan harapan He Qi Tangerang lebih baik di tahun mendatang.

Pada acara hiburan ditampilkan relawan yang mempunyai keahlian bermain sulap. Semua peserta bertepuk tangan riang gembira. Dilanjutkan dengan acara games, bernyanyi dengan penuh suka cita dan gelak tawa.

Foto bersama para Relawan He Qi Tangerang, Minggu 23 Januari 2022.

Penutupan dari rangkaian gathering ini adalah ceramah dari Master Cheng Yen yang selalu mengingatkan agar selalu berbuat baik pada sesama manusia, “Dengan memberi perhatian pada orang lain, sama artinya dengan memberi pada diri sendiri. Dengan membantu orang lain, sama artinya dengan membantu diri sendiri”.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menyambut Para Bodhisatwa Baru

Menyambut Para Bodhisatwa Baru

19 Juni 2014 Kehadiran Tzu Chi di tanah Papua sungguh merupakan jalinan jodoh yang sangat baik karena itu untuk merajut jalinan jodoh yang lebih baik lagi Tzu Chi Biak mengadakan sebuah kegiatan gethering relawan.
Tea Gathering dengan Tan Soon Hock

Tea Gathering dengan Tan Soon Hock

15 Agustus 2023

Tzu Chi Medan mengadakan acara jamuan minum teh bersama sambil mendengarkan ulasan tentang kehidupan yang penuh berkah dari Tan Soon Hock, relawan Tzu Chi Malaysia.

Kumpul Bersama dalam Kekeluargaan

Kumpul Bersama dalam Kekeluargaan

16 Februari 2017
Sebagai penyemangat untuk memulai tahun yang baru, relawan Hu Ai Medan Timur berkumpul dalam acara ramah tamah sekaligus silaturahmi bagi relawan yang telah bersumbangsih selama satu tahun di Tzu Chi Medan.
Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -