Kunjungan Kasih ke Balai Penitipan Anak

Jurnalis : Christina Naibaho (Tzu Chi Cabang Sinar mas), Fotografer : Wahyuni (Tzu Chi Cabang Sinar mas)

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Xie Li Sumatera Selatan 2 (relawan Dharma Wanita) mengajarkan permainan kepada anak-anak di Balai Penitipan Anak (BPA).

Matahari yang bersinar terik tidak menyurutkan langkah kaki Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Xie Li Sumatera Selatan 2 (relawan Dharma Wanita) untuk menyambangi Balai Penitipan Anak (BPA) yang berada di Kebun Sungai Enim Estate, pada Selasa, 1 November 2022. Kunjungan ini merupakan kunjungan kasih yang pertama kalinya dilakukan relawan ke BPA.

Balai Penitipan Anak (BPA) di lokasi ini memiliki 6 anak yang terdaftar dan seorang ibu pengasuh. Namun pada saat kunjungan, hanya ada 3 orang anak dengan ibu pengasuh karena 3 anak yang lain sedang sakit sehingga tidak datang ke Balai Penitipan Anak. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat relawan untuk melaksanakan kegiatan ini.

Awalnya anak-anak di BPA malu-malu, tetapi dengan pendekatan yang baik oleh relawan anak-anak pun mau bermain dan menikmati bubur kacang hijau yang dibawakan relawan.

Relawan yang datang uga membawa buah tangan berupa bubur kacang hijau sebagai tambahan gizi untuk memperkuat daya tahan tubuh anak di BPA. Pada awalnya, anak-anak di BPA merasa malu-malu dengan kedatangan relawan. Namun hal ini tidak berlangsung lama. Berkat kreativitas relawan, suasana segera berubah. Relawan dan anak-anak pun sudah bisa bermain bersama.

Sambil menikmati bubur kacang hijau yang dibawa relawan, anak-anak di BPA satu per satu memperkenalkan diri dan menyampaikan cita-cita mereka. “Namaku Adam, jika besar nanti  mau jadi seperti Jokowi,” ujar Adam yang disambut tawa meriah seisi ruangan BPA.

Terdapat 6 anak yang terdaftar di Balai Penitipan Anak (BPA) dan satu ibu pengasuh di Kebun Sungai Enim Estate. Saat kunjungan relawan, hanya ada berapa anak saja karena sisanya sedang sakit.

Setelah itu, relawan juga membuat permainan sederhana. Anak-anak di BPA diajarkan memainkan permainan tiup kembang yang merupakan sebuah permaian sederhana namun sangat menghibur. Suasana di BPA pun menjadi sangat meriah penuh canda tawa karena permainan tersebut.

Anak-anak di BPA sangat antusias ingin mempelajari permainan tersebut sampai mereka mahir memainkannya dengan petunjuk dari relawan. Tidak hanya bermain, relawan juga mengajarkan anak-anak menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Di akhir kunjungan, relawan berfoto bersama dengan anak-anak dan ibu pengasuh di Balai Penitipan Anak (BPA) Kebun Sungai Enim Estate.

Kunjungan ini pun diakhiri dengan sesi foto bersama dan bersalaman penuh hangat antara relawan dengan anak-anak di BPA dan ibu pengasuh.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Berbagi Kasih di Senjarawi

Berbagi Kasih di Senjarawi

21 Desember 2016
Berbagi waktu untuk mengasihi terhadap sesama dituangkan setiap detiknya bersama oma dan opa, semoga apa yang telah dilakukan oleh relawan Tzu Chi dapat memberikan inspirasi untuk saling mengasihi terhadap sesama
Bahu Untuk Keluh Kesah Dan Suka Cita Mereka

Bahu Untuk Keluh Kesah Dan Suka Cita Mereka

31 Oktober 2014

Manusia adalah mahkluk sosial. Meskipun punya segalanya: sehat, memiliki keluarga, berkecukupan, kita tetap membutuhkan teman untuk berbagi cerita suka maupun duka. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki keluarga, yang sakit, tidak berdaya dan tidak berkecukupan?

Berjuang Menaklukkan Kanker Sembari Bersumbangsih

Berjuang Menaklukkan Kanker Sembari Bersumbangsih

30 September 2016
Di tengah perjuangannya untuk sembuh dari kanker usus, Aliong mulai bersumbangsih. Pada 9 Agustus 2016, untuk pertama kalinya ia menyetorkan sumbangannya ke Tzu Chi. Aliong mengaku merasakan kebahagiaan dari bersumbangsih.
Bertambahnya satu orang baik di dalam masyarakat, akan menambah sebuah karma kebajikan di dunia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -