Membantu Sesama Melalui Celengan Cinta Kasih

Jurnalis : Listania (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Calvin, Wiyzhien Lim, Tcering Zoma Chen

Minggu, 22 Mei 2022, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan pengumpulan celengan cinta kasih di sepanjang Jalan Nusantara.

Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan pengumpulan celengan cinta kasih di sepanjang Jalan Nusantara, Tanjung Balai Karimun, Minggu 22 Mei 2022. Sebelum kegiatan dimulai, Jurman selaku koordinator membagi relawan menjadi beberapa kelompok. Setelah itu para relawan berdoa bersama agar kegiatan berjalan lancar.

Sekitar pukul 09.00 WIB, sebanyak 32 relawan mulai bergerak dari Kantor Tzu Chi Karimun untuk menelusuri setiap rumah dan toko-toko di sepanjang Jalan Nusantara. Di sepanjang Jalan Nusantara, relawan melewati toko-toko, rumah, pelabuhan dan pasar.

Dalam kegiatan ini, Jurman membagi relawan menjadi beberapa kelompok.

Saat mengumpulkan celengan, relawan bertemu dengan salah satu pedagang baju bernama Samsunar (49) yang terlihat berbeda saat ia menuangkan koin cinta kasihnya. Relawan melihat celengan yang ia gunakan bukanlah celengan bambu Tzu Chi tetapi celengan infaq. Meskipun celengannya berbeda ia tetap mendanakan koin cinta kasihnya ke kotak celengan yang dibawa relawan. Ia tidak mempermasalahkan bahwa siapa yang mengumpulkan dananya tetapi uang yang disumbangkannya bisa bermanfaat bagi banyak orang.

“Salah satu tujuan saya menabung di celengan itu agar uangnya dapat digunakan untuk membantu masyarakat Karimun yang sedang mengalami kesulitan, kita tinggal di Indonesia, jadi untuk membantu orang kita juga tidak perlu melihat agama, itu pun ada di Pancasila ke 3 kita yaitu “Persatuan Indonesia.” Intinya selagi ada lebih sedikit uang dari penjualan akan saya sisihkan,” ungkapnya.

Samsunar berharap dana yang ia sumbangkan bermanfaat bagi banyak orang.

Tzu Chi sendiri merupakan tempat pelatihan diri atau wadah untuk menyebarkan kebajikan dan kewelasasihan. Salah satu Tzu Shao yang mengikuti kegiatan pengumpulan celengan bambu kali ini adalah Jesslyn (16). Baginya mengikuti kegiatan Tzu Chi adalah salah satu cara untuk membantu sesama.

"Menurut saya salah satu cara menolong orang ya mengikuti kegiatan Tzu Chi, contohnya kegiatan yang dilakukan hari ini yaitu mengumpulkan celengan cinta kasih. Setelah itu, nanti dananya kan untuk membantu orang yang membutuhkan," ucapnya.

Jesslyn senang dapat mengikuti kegiatan pengumpulan celengan cinta kasih.

Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen yang berbunyi, “Orang yang bersumbangsih dengan penuh cinta kasih tentu akan berbahagia selamanya dan menjalani kehidupan dengan penuh makna.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Membantu dengan Tulus Tanpa Pembeda

Membantu dengan Tulus Tanpa Pembeda

20 Oktober 2017

Delapan kali sudah karyawan Agung Sedayu Group (ASG) melakukan penuangan celengan bambu secara berkala. Untuk penuangan celengan ke-8 kalinya ini, mereka melakukannya di Gedung Harco Angung Sedayu Group (ASG) Mangga Dua, Jakarta Utara, Selasa, 17 Oktober 2017. Wajah-wajah bahagia, menyambut kedatangan relawan Tzu Chi di sana.

Penuangan Celengan Bambu di Tzu Chi Palu

Penuangan Celengan Bambu di Tzu Chi Palu

07 Februari 2023

Pekan terakhir di bulan Januari 2023 menjadi penutup yang penuh berkah bagi relawan Tzu Chi Palu. Tepatnya pada 24-31 Januari 2023, relawan Tzu Chi Palu melaksanakan penuangan celengan bambu bagi kantor-kantor dan sekolah sekitar. 

Penuangan Celengan Bambu dan Doa Bersama bagi Warga Ukraina

Penuangan Celengan Bambu dan Doa Bersama bagi Warga Ukraina

25 Mei 2022

Para staf Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi mewujudkan kepedulian mereka bagi warga Ukraina dengan menuangkan celengan Cinta Kasih dan doa bersama pada Jumat, 20 Mei 2022.

Apa yang kita lakukan hari ini adalah sejarah untuk hari esok.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -