Membentangkan Harapan Operasi Bagi Warga Di Pulau Terpencil

Jurnalis : Supardi (Tzu Chi Batam), Fotografer : Supardi (Tzu Chi Batam)
Relawan tiba satu hari sebelum screening untuk menyiapkan kegiatan.

“Yang Menderita Tidak Dapat Keluar, Yang Diberkahi Perlu Menghampiri”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Agar Baksos Kesehatan Tzu Chi Indonesia yang mencakup operasi katarak, bibir sumbing, hernia dan benjolan dapat diikuti oleh warga yang benar-benar membutuhkan, Tzu Chi Batam memperluas jangkauan ke dearah yang minim sarana medis. Salah satu daerah tersebut ialah Dabo Singkep, Kab. Lingga, Prov. Kepulauan Riau.

Jumat, 16 September 2022, sebanyak enam relawan Tzu Chi berangkat dari Pulau Batam menuju Pulau Singkep yang berjarak 180 Km. Berbeda dengan kunjungan sebelumnya yang mana relawan menempuh perjalanan laut selama 4,5 jam, kunjungan kedua ini relawan menumpangi pesawat baling-baling kecil dengan kapasitas 12 orang. Ini merupakan pengalaman pertama relawan tersebut sehingga tidak heran hati mereka diwarnai dengan rasa cemas serta penasaran.

Anggota PSMTI mendistribusikan roti dan air botol mineral bagi pasien yang mayoritas lanjut usia.

Seorang anggota Polres Lingga menggandeng pasien yang kehilangan penglihatan dari area parkir hingga pintu masuk.

Setelah menempuh perjalanan udara selama 45 menit, relawan pun tiba di Bandara Udara Dabo Singkep. Relawan disambut oleh perwakilan dari organisasi sosial setempat, PSMTI Kab. Lingga. Tidak hanya menyediakan tempat bagi Tzu Chi untuk melaksanakan screening pasien, pihak PSMTI juga berperan dalam mensosalisasikan kegiatan screening awal yang akan diselenggarakan keesokan harinya, 17 September 2022.

“Lingga ini kan banyak pulaunya, kami bergerak dari pulau ke pulau, jadi kami selalu bawa spanduk dan brosur ke mana-mana untuk dibagikan. Karena kami anggap ini sebuah kegiatan yang sangat peduli dengan masyarat yangg kurang mampu, kami harus all out bantu Tzu Chi menyukseskan acara ini,” tutur JJ. Apeth, SH – Ketua PSMTI Kab. Lingga.

Kegiatan screening awal baksos kesehatan di Dabo Singkep diikuti oleh sebanyak 99 pasien.

Belasan petugas dari Dinkes dan Puskesmas melaksanakan pengecekan fisik, kondisi katarak, tekanan darah dan gula darah pasien.

Screening awal peserta Baksos Kesehatan Tzu Chi di Dabo Singkep berlangsung dari pukul 08.00 - 12.00 WIB. Walau demikian, para pasien sudah mulai berdatangan sejak pukul 07.20 WIB. Dua sukarelawan menyamput kedatangan para pasien dan mengecek apakah pasien tersebut sudah terdaftar atau merupakan pendaftar baru. Setelah menggantungkan nomor antrean, relawan kemudian membawa pasien dan pendamping mereka ke area pengisian formulir. Di bagian pengisian formulir, tiga relawan menyampaikan proses yang perlu dilalui pasien hingga nantinya dapat dioperasi pada tanggal 1 & 2 Oktober 2022 di RS. Budi Kemuliaan, Kota Batam.

Selain diikuti oleh sukarelawan setempat berjumlah 9 orang, screening kali ini juga didukung oleh 16 tenaga medis dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Dabo Lama. Pihak kepolisian juga dilibatkan dalam mengarahkan lalu lintas dan membantu pasien yang kesulitan turun dan naik motor. Berkat dukungan sukarelawan dan pemerintahan setempat, screening awal baksos Tzu Chi ini dapat berlangsung dengan lancar. Total ada sebanyak 66 dari 99 pasien yang berhasil melewati screening awal pada kegiatan kali ini.

Relawan mendampingi pasien menuju meja pengisian formulir.

“Sangat berterima kasih saya ucapkan dan menyambut dengan sungguh-sungguh niat dari Tzu Chi Batam yang dipimpin Bapak Rudi Tan. Beliau ke sini dengan membawa berita yang bagus dan niat yang bagus untuk mengadakan baksos kesehatan. Dalam bidang kesehatan di Kabupaten kami Lingga memang perlu bantuan seperti ini, sehingga kami sangat antusias dan hadir bersama masyarat”, ujar Sekda Lingga, Syamsudi, S.Pd.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Screening Baksos Kesehatan Tzu Chi Ke-111: Doa Pipih untuk Nasrul

Screening Baksos Kesehatan Tzu Chi Ke-111: Doa Pipih untuk Nasrul

14 Maret 2016

Pipih, semringah kala dokter menyatakan anaknya, Muhammad Nasrul Fatah dapat mengikuti operasi hernia dalam screening Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-111 pada 13 Maret 2016 di Kodim 0608/ Cianjur, Jawa Barat.

Screening Baksos Kesehatan Tzu Chi Ke-111: Wujud Kepedulian Terhadap Sesama

Screening Baksos Kesehatan Tzu Chi Ke-111: Wujud Kepedulian Terhadap Sesama

28 Maret 2016
Cakupan wilayah Kabupaten Cianjur yang luas, menyulitkan dalam penyampaian informasi tentang baksos yang akan diadakan. Oleh karena itu, relawan mendapat dukungan dari para Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang menyampaikan informasi mengenai baksos ini langsung kepada masyarakat, sehingga peserta yang mendaftarkan diri pun cukup banyak yaitu 876, di luar dari target yang telah ditentukan sebelumnya sekitar 400 peserta.
Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-134: Setelah Absen Tiga Tahun, Baksos Operasi Kembali Hadir di Kota Batam

Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-134: Setelah Absen Tiga Tahun, Baksos Operasi Kembali Hadir di Kota Batam

04 Oktober 2022

Sejak pukul 7 pagi, calon pasien mulai berdatangan di Aula Jing Si Batam untuk mengikuti screening baksos kesehatan yang akan mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.

Luangkan sedikit ruang bagi diri sendiri dan orang lain, jangan selalu bersikukuh pada pendapat diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -