Menambah Ilmu dari Pelatihan Relawan

Jurnalis : Ruth Putryani Saragih (Tzu Chi Sinar Mas), Fotografer : Anita S. Dradjat (Tzu Chi Sinarmas)

Farry Surya dari relawan Tzu Chi Sinar Mas saat memberikan materi pelatihan pada 103 peserta.

Bersyukur, saling menghargai, dan cinta kasih universal merupakan nilai-nilai yang selalu dipedomani seluruh insan Tzu Chi. Nilai-nilai tersebut tentu tidak untuk disimpan sendiri. Melainkan disebar ke semua orang sehingga melahirkan insan-insan Tzu Chi baru dan bersama-sama mewujudkan nilai-nilai tersebut.

Komunitas relawan Xie Li Semitau, Kalimantan Barat tak pernah patah semangat menyebarkan nilai-nilai tersebut terutama pada Relawan Abu Putih. Berbagai pelatihan telah digelar, seperti pada Sabtu, 23 April 2016 yang lalu. Beberapa relawan Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas memberikan materi pelatihan, antara lain Farry Surya, Haryo, Bambang Edi, dan Aulia. 

Para Relawan Abu Putih mengikuti serangkaian pelatihan tentang kerelawanan.

Meski kegiatan berlangsung sejak pukul 13.00 WIB hingga 18.00 WIB, para peserta yang berjumlah 103 orang ini tetap semangat.  Adi Wiyono, salah satunya. Adi mengaku senang mengikuti kegiatan ini karena menambah pemahaman tentang Tzu Chi termasuk berbagai kegiatan sosialnya.

“Senang bisa belajar dan belajar lagi. Melalui training ini saya jadi diingatkan kembali apa yang dahulu telah diajarkan oleh orangtua saya untuk berbuat baik kepada sesama,”ungkapnya  usai pelatihan.  

Adi menambahkan, sejak mempelajari tentang Tzu Chi, ia merasakan beberapa perubahan positif. Misalnya, ia kini tak lagi boros, malahan rutin menyisihkan uang untuk  disumbangkan kepada yang kurang mampu. 


Artikel Terkait

Pelatihan Relawan Tzu Chi Pekanbaru: Menggalang Barisan Bodhisatwa Dunia

Pelatihan Relawan Tzu Chi Pekanbaru: Menggalang Barisan Bodhisatwa Dunia

14 November 2017

Pelatihan relawan Tzu Chi Pekanbaru diadakan selama dua hari, 4-5 November 2017. Turut hadir dalam pelatihan ini,  beberapa relawan dari Jakarta yang memberikan sharing materi kepada para peserta.

Semangat Relawan Berjubah Putih

Semangat Relawan Berjubah Putih

18 Agustus 2015

Pada Minggu, 9 Agustus 2015, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengadakan Pelatihan Calon Anggota TIMA (Tzu Chi International Medical Association) Indonesia di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Mengenal Tzu Chi Lebih Dekat

Mengenal Tzu Chi Lebih Dekat

09 April 2015
He Qi  Pusat kembali mengadakan pelatihan relawan abu putih yang diikuti oleh 83 peserta dan dibantu oleh 29 relawan Tzu Chi pada penghujung April 2015.
Mampu melayani orang lain lebih beruntung daripada harus dilayani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -