Menciptakan Berkah Baru Melalui Donor Darah

Jurnalis : Lorenzo Setiawan, Wanda Pratama, Metta Sari (Heqi Tangerang), Fotografer : Wanda Pratama, Lorenzo Setiawan, Vivi Angel, Metta Sari (Heqi Tangerang)

Sielvi sangat bahagia bisa mendonorkan darahnya untuk pertama kali, bersama dengan sang suami, Sherwin.

Saat hidup penuh berkah, kita harus menyadari berkah, menghargai berkah, dan lebih banyak menciptakan berkah. Komunitas He Qi Tangerang, khususnya area Serpong kembali menciptakan berkah, dengan mengadakan donor darah bersama Relawan Summarecon Mall Serpong. Acara yang digelar di Flavor & Field Ground Floor Summarecon Mall Serpong, Sabtu 16 Maret 2024 ini disambut antusias masyarakat sekitar.

Donor darah ini merupakan kerjasama antara Mall Summarecon Serpong, He Qi Tangerang dan PMI UTD Kabupaten Tangerang. Selain donor darah, ada juga tuang celengan bersama untuk seluruh tenant Mall Summarecon Serpong yang berpartisipasi serta insan Tzu Chi dan pengunjung mall.

Cicha yang sudah rutin mendonorkan darahnya, sangat bersemangat untuk terus berdonor.

Wanda Pratama yang bertugas mendokumentasikan acara, tidak lupa menciptakan berkah dengan cara berdonor.

Selama acara berlangsung, para donor yang menunggu gilirannya, dapat mengenal Tzu Chi dari lagu serta video yang ditampilkan, juga menyaksikan penampilan isyarat tangan dan kerajinan tangan dengan bahan daur ulang. Relawan juga memperkenalkan produk-produk ramah lingkungan dan makanan vegetarian di pameran Jing Si.

Adalah Cicha, warga Tangerang, yang telah mendonorkan darahnya ke-18 kali. Ia sengaja mencari jadwal donor, dan kebetulan Tzu Chi yang mengadakan. Tanpa pikir panjang, Cicha langsung memutuskan untuk berangkat. Walau antrean sudah panjang, tidak mematahkan semangatnya untuk donor. Ia mengantri dengan sabar, sampai urutannya tiba. “Semoga bisa sering-sering dilakukan kegiatannya,” ujarnya sambil tersenyum.

Para donor menikmati pertunjukan isyarat tangan dan bisa belajar menjaga bumi dengan membuat kerajinan tangan dengan bahan daur ulang.

Pengunjung sangat antusias untuk donor darah dan mengunjungi pameran Jing Si.

Sama halnya dengan Sielvi dan Sherwin, pasangan suami istri yang mengetahui Tzu Chi akan mengadakan Donor Darah melalui Instagram. Keduanya sangat senang bisa mendonorkan darahnya untuk pertama kali. “Jujur aku baru pertama kali ya. Happy karena bisa berbagi sesuatu yang dari diri aku sendiri”, tutur Sielvi. “Semoga berguna untuk orang lain ke depannya”, sambung Sherwin. Mereka tampak semringah saat proses donor berlangsung, ditemani juga oleh anak tercinta. Sielvi berharap semoga apa yang diberikan bisa berdampak besar untuk orang lain dan dapat dipergunakan sebaik-baiknya.

Relawan yang hadirpun turut mendonorkan darahnya di antrean terakhir. Mereka sangat bersemangat untuk berbagi dengan sesama. Rudi Hartono, staff Summarecon Mall Serpong adalah seorang relawan Summarecon Peduli yang hampir tidak pernah absen dalam setiap kegiatan tuang celengan. Menurutnya integrasi kegiatan tuang celengan dengan donor darah ini adalah gagasan yang sangat tepat. Ia sangat senang dengan kesuksesan acara ini.

Relawan Summarecon Peduli membantu saat tuang celengan dan donor darah.

Sementara itu, Wanda Pratama, relawan Tzu Chi yang bertugas mendokumentasikan jalannya donor darah dan tuang celengan juga ikut berdonor.  “Saya sangat meyakini setiap perbuatan baik sekecil apapun akan membawa berkah, apalagi pada kegiatan donor darah ini saya melihat begitu banyak yang ikut bersumbangsih medonorkan darahnya. Donor darah selain berbuat kebaikan karena setiap kantung darah yang didonorkan dapat menyelamatkan jiwa,” kata Wanda.

Eva Wijaya Ng, Ketua Hu Ai Serpong, yang juga menjadi koordinator sangat senang melihat banyaknya donor yang hadir. Bahkan di luar ekspektasinya. “Kami berterimakasih kepada pihak Summarecon yang sudah mendukung kegiatan ini, melalui media sosial dan TV. Itu menjadi salah satu faktor pendukung kelancaran suatu acara, tuturnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menyelamatkan Kehidupan dengan Donor Darah

Menyelamatkan Kehidupan dengan Donor Darah

25 Februari 2015 Pada tanggal 2 Februari 2015, Tzu Chi Batam kembali melakukan kegiatan donor darah di Habourbay Mall (OG Home), Batam. Kegiatan yang memang rutin digelar ini ditujukan untuk menjaring para pendonor yang mau bersumbangsih menyumbangkan darahnya.
Menyambut Waisak dengan Berdonor Darah

Menyambut Waisak dengan Berdonor Darah

17 Mei 2022

Menyambut Hari Raya Waisak, relawan Tzu Chi dari komunitas Xie Li (PGC) mengadakan kegiatan donor darah pada Sabtu, 14 Mei 2022 di Aula Wihara Silaparamita, Cipinang Jaya, Jakarta Timur.

Aksi Donor Darah Mengawali Rangkaian Perayaan HUT DAAI TV ke-15

Aksi Donor Darah Mengawali Rangkaian Perayaan HUT DAAI TV ke-15

18 Mei 2022

Bersama PMI Jakarta Pusat, DAAI TV bersama Tzu Chi menggelar donor darah. Kegiatan ini adalah rangkaian HUT DAAI TV ke-15.

Tiga faktor utama untuk menyehatkan batin adalah: bersikap optimis, penuh pengertian, dan memiliki cinta kasih.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -