Mendalami Ajaran Jing Si Melalui Celengan Bambu

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Sebanyak 64 celengan terhimpun dalam kegiatan penuangan Celengan Bambu Tzu Chi yang dilakukan oleh relawan Tzu Chi Bandung.

Pada Kamis, 28 Oktober 2021. Relawan Tzu Chi Bandung menggelar penuangan Celengan Bambu Tzu Chi. Selain untuk menggalang dana, kegiatan ini juga sekaligus untuk menggalang hati untuk menjadi barisan relawan Tzu Chi. Kegiatan ini pun selaras dengan salah satu Kata Perenungan Master Cheng Yen. "Beramal bukanlah hak khusus orang kaya melaikan perwujudtan cinta kasih yang tulus dari setiap orang”

Dalam kegiatan ini, sebanyak 64 celengan bambu yang terkumpul dan dituangkan langsung. “Hari ini kita melakukan penuangan celengan dan banyak sekali yang datang untuk berdana. Semoga hasil ini dapat menolong mereka yang membutuhkan dan ini sebagai bentuk dari Misi Amal Tzu Chi," ujar Pepeng Kuswati, salah satu relawan Tzu Chi Bandung.

Selain penuangan celengan, relawan Tzu Chi Bandung, Pepeng Kuswati tengah memaparkan filosofi dan sejarah tentang Celengan Bambu Tzu Chi.

Para peserta kegiatan penuangan Celengan Bambu Tzu Chi berfoto bersama setelah kegiatan.

Selain penuangan celengan, kegiatan ini juga mengajak para pserta untuk memahami filosofi dari Celengan Bambu Tzu Chi tersebut. Selain itu, para pesreta juga diajak untuk lebih memahami Ajaran Jing Si. Salah satu peserta mengaku senang dengan kegiatan ini. Selain untuk berdana, ia juga bisa memahami Misi Amal Tzu Chi.

“Ya saya senang sekali bisa berdana. Ternyata dari hal yang terkecil bisa menolong orang banyak (dana kecil amal besar), ini luar biasa sekali. Semoga apa yang kita lakukan hari ini bisa menolong orang banyak yang memang sangat membutuhkan,” ujar Monica Tania, salah satu peserta penuangan celengan dari PT. Gistex Textile Division

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Niat Tulus Membantu Sesama

Niat Tulus Membantu Sesama

16 Juni 2014
Tanggal 13 juni 2014, Tzu Chi bersama dengan sekolah St. Marie Joseph mengadakan penuangan celengan bambu bagi siswa-siswi tingkat SMP. Sebanyak 6 relawan Tzu Chi hadir di Sekolah Menengah Pertama St. Marie Joseph, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Kesuksesan Bisa Berawal dari Amal

Kesuksesan Bisa Berawal dari Amal

05 Maret 2018
Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengisi seminar dan menggelar Sosialisasi Misi Amal Tzu Chi (SMAT) kepada 250 karyawan Bank BCA KCU Asemka. Para karyawan tampak menyimak dengan sangat baik isi materi yang disampaikan.
SMAT: Menggalang Hati di PulauIntan

SMAT: Menggalang Hati di PulauIntan

18 Juli 2013 Ini merupakan salah satu rangkaian program SMAT (Sosialisasi Misi Amal Tzu Chi) yang tengah digalakkan insan Tzu Chi Indonesia guna menggalang hati banyak orang untuk berbuat kebajikan.
Giat menanam kebajikan akan menghapus malapetaka. Menyucikan hati sendiri akan mendatangkan keselamatan dan kesejahteraan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -