Mendalami Ajaran Jing Si Melalui Celengan Bambu

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Sebanyak 64 celengan terhimpun dalam kegiatan penuangan Celengan Bambu Tzu Chi yang dilakukan oleh relawan Tzu Chi Bandung.

Pada Kamis, 28 Oktober 2021. Relawan Tzu Chi Bandung menggelar penuangan Celengan Bambu Tzu Chi. Selain untuk menggalang dana, kegiatan ini juga sekaligus untuk menggalang hati untuk menjadi barisan relawan Tzu Chi. Kegiatan ini pun selaras dengan salah satu Kata Perenungan Master Cheng Yen. "Beramal bukanlah hak khusus orang kaya melaikan perwujudtan cinta kasih yang tulus dari setiap orang”

Dalam kegiatan ini, sebanyak 64 celengan bambu yang terkumpul dan dituangkan langsung. “Hari ini kita melakukan penuangan celengan dan banyak sekali yang datang untuk berdana. Semoga hasil ini dapat menolong mereka yang membutuhkan dan ini sebagai bentuk dari Misi Amal Tzu Chi," ujar Pepeng Kuswati, salah satu relawan Tzu Chi Bandung.

Selain penuangan celengan, relawan Tzu Chi Bandung, Pepeng Kuswati tengah memaparkan filosofi dan sejarah tentang Celengan Bambu Tzu Chi.

Para peserta kegiatan penuangan Celengan Bambu Tzu Chi berfoto bersama setelah kegiatan.

Selain penuangan celengan, kegiatan ini juga mengajak para pserta untuk memahami filosofi dari Celengan Bambu Tzu Chi tersebut. Selain itu, para pesreta juga diajak untuk lebih memahami Ajaran Jing Si. Salah satu peserta mengaku senang dengan kegiatan ini. Selain untuk berdana, ia juga bisa memahami Misi Amal Tzu Chi.

“Ya saya senang sekali bisa berdana. Ternyata dari hal yang terkecil bisa menolong orang banyak (dana kecil amal besar), ini luar biasa sekali. Semoga apa yang kita lakukan hari ini bisa menolong orang banyak yang memang sangat membutuhkan,” ujar Monica Tania, salah satu peserta penuangan celengan dari PT. Gistex Textile Division

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Menanam Bibit Perbuatan Baik Sejak Usia Dini

Menanam Bibit Perbuatan Baik Sejak Usia Dini

10 November 2022

Relawan Tzu Chi pada Minggu, 6 November 2022, mengadakan pengumpulan celengan bambu Tzu Chi yang berlangsung di Gedung Vihara Dharma Shanti. Kegiatan celengan bambu Tzu Chi ini bari kali pertama di Sekolah Minggu Buddhis. 

Tetesan Cinta Kasih dari Celengan Bambu

Tetesan Cinta Kasih dari Celengan Bambu

15 Desember 2020

Hari Sabtu, 12 Desember 2020, sebanyak 27 relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 2 bersama 3 staf dari Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia membagikan celengan cinta kasih kepada 250 tenant yang ada di Pluit Village Mal. Relawan Tzu Chi juga menceritakan tujuan dari pembagian celengan ini agar pegawai dan pengunjung toko dapat mencurahkan cinta kasihnya untuk membantu sesama.

SMAT:  Menabung Cinta Kasih di Celengan Bambu

SMAT: Menabung Cinta Kasih di Celengan Bambu

02 Oktober 2013 Menyaksikan anak-anak begitu antusias meminta celengan bambu, memperlihatkan tingkah laku yang menarik hati memeluk celengan bambu dengan gembira, membuat orang merasa senang dan terhibur.
Apa yang kita lakukan hari ini adalah sejarah untuk hari esok.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -