Mendalami Ajaran Jing Si Melalui Celengan Bambu

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Sebanyak 64 celengan terhimpun dalam kegiatan penuangan Celengan Bambu Tzu Chi yang dilakukan oleh relawan Tzu Chi Bandung.

Pada Kamis, 28 Oktober 2021. Relawan Tzu Chi Bandung menggelar penuangan Celengan Bambu Tzu Chi. Selain untuk menggalang dana, kegiatan ini juga sekaligus untuk menggalang hati untuk menjadi barisan relawan Tzu Chi. Kegiatan ini pun selaras dengan salah satu Kata Perenungan Master Cheng Yen. "Beramal bukanlah hak khusus orang kaya melaikan perwujudtan cinta kasih yang tulus dari setiap orang”

Dalam kegiatan ini, sebanyak 64 celengan bambu yang terkumpul dan dituangkan langsung. “Hari ini kita melakukan penuangan celengan dan banyak sekali yang datang untuk berdana. Semoga hasil ini dapat menolong mereka yang membutuhkan dan ini sebagai bentuk dari Misi Amal Tzu Chi," ujar Pepeng Kuswati, salah satu relawan Tzu Chi Bandung.

Selain penuangan celengan, relawan Tzu Chi Bandung, Pepeng Kuswati tengah memaparkan filosofi dan sejarah tentang Celengan Bambu Tzu Chi.

Para peserta kegiatan penuangan Celengan Bambu Tzu Chi berfoto bersama setelah kegiatan.

Selain penuangan celengan, kegiatan ini juga mengajak para pserta untuk memahami filosofi dari Celengan Bambu Tzu Chi tersebut. Selain itu, para pesreta juga diajak untuk lebih memahami Ajaran Jing Si. Salah satu peserta mengaku senang dengan kegiatan ini. Selain untuk berdana, ia juga bisa memahami Misi Amal Tzu Chi.

“Ya saya senang sekali bisa berdana. Ternyata dari hal yang terkecil bisa menolong orang banyak (dana kecil amal besar), ini luar biasa sekali. Semoga apa yang kita lakukan hari ini bisa menolong orang banyak yang memang sangat membutuhkan,” ujar Monica Tania, salah satu peserta penuangan celengan dari PT. Gistex Textile Division

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Menjadi Langkah Pertama

Menjadi Langkah Pertama

22 Januari 2016

Pada Tanggal 11 Januari 2016, relawan Tzu Chi Pekanbaru mengadakan Sosialisasi Misi Amal Tzu Chi (SMAT). Kegiatan ini diadakan di sebuah perusahaan bernama Sejahtera General Houseware dan diikuti oleh 39 orang karyawannya.

Menabung untuk Membantu Orang yang Membutuhkan

Menabung untuk Membantu Orang yang Membutuhkan

19 November 2015

Pada Rabu,  18 November 2015, relawan Tzu Chi mengunjungi SMP dan SMK Pariwisata Citayam dan mengadakan acara tuang celengan bambu Tzu Chi untuk pertama kalinya di sekolah tersebut. Salah satu cara mendidik generasi yang peduli sesama.

Menumbuhkan Rasa Peduli Sesama

Menumbuhkan Rasa Peduli Sesama

31 Januari 2018
Yayasan Buddha Tzu Chi KP Tanjung Balai Karimun melakukan kegiatan rutin tiap tiga atau empat bulan sekali: pengumpulan koin cinta kasih. Kali ini dilakukan di sepanjang jalan Nusantara dan Trikora yang merupakan pusat Kota Karimun pada 28 Januari 2018 oleh 24 relawan Tzu Chi.
Cemberut dan tersenyum, keduanya adalah ekspresi. Mengapa tidak memilih tersenyum saja?
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -