Menebar Bibit Cinta Kasih

Jurnalis : Veronika Usha, Fotografer : Veronika Usha
 

fotoSekitar 50 karyawan PT Glostar Indonesia mengikuti kegiatan sosialisasi Tzu Chi, yang diisi dengan sharing mengenai kegiatan yang telah dilakukan oleh Tzu Chi Indonesia.

 

Satu minggu setelah melakukan kunjungan di Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, David Lim, salah satu pengusaha dari Vietnam mengundang relawan Tzu Chi Indonesia untuk mulai  memperkenalkan cinta kasih kepada para karyawan PT Glostar Indonesia.

Bagi David, Tzu Chi memang bukan sebuah yayasan kemanusiaan yang baru saja dikenalnya. Sejak tahun 2003, David sudah resmi menjadi anggota komite Tzu Chi. “Sebenarnya saya sudah bergabung dengan Tzu Chi sejak tahun 1999. Di Vietnam, kami sudah sering melakukan kegiatan sosialisasi seperti ini kepada para karyawan,” tutur David. Ia menambahkan, karena kantor pemasaran PT Glostar di Indonesia sudah mulai berjalan dan memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak, maka David merasa sudah waktunya memperkenalkan cinta kasih Tzu Chi kepada para karyawan di Indonesia.

Gayung pun bersambut, setelah lebih kurang menempuh perjalanan selama tiga jam dari Jakarta, Jumat 30 Oktober 2009, 14 relawan Tzu Chi Jakarta dan 10 relawan Tzu Chi dari Sukabumi, tiba di kantor PT Glostar Indonesia, untuk melakukan sosialisasi kegiatan Tzu Chi.

Sharing dibuka oleh Liu Su Mei. Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ini menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh Tzu Chi Indonesia dalam menyikapi bencana alam gempa yang terjadi di Sumatera Barat. Selain bantuan kesehatan dan paket sembako, para relawan Tzu Chi juga memberikan perhatian dan pendampingan kepada para korban gempa.

foto  foto

Ket: - Liu Su Mei, selaku ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sharing mengenai kegiatan yang telah                       dilakukan oleh Tzu Chi Indonesia pada bencana alam gempa yang terjadi di Padang, beberapa pekan lalu.            (kiri)
       -Tidak hanya memberikan bantuan, cinta kasih yang diberikan oleh para relawan Tzu Chi telah memberikan           inspirasi kepada para karyawan Glostar.n.  (kanan)

Tidak hanya itu, budaya humanis yang menjadi ciri khas Tzu Chi juga dipaparkan dengan jelas oleh Chia Wen Yu, salah satu relawan Tzu Chi. “Dalam memberikan bantuan, insan Tzu Chi menyerahkannya dengan penuh cinta kasih. Sentuhan lembut, pelukan hangat, dan tutur kata yang lembut menjadi ciri khas para relawan Tzu Chi. Sikap inilah yang menyentuh hati para korban penerima bantuan. Mereka merasa para relawan Tzu Chi adalah keluarga baru untuk mereka,” jelas Wen Yu.

Ditanya apakah di Vietnam David juga sudah mulai menerapkan visi misi Tzu Chi di kantornya, ia menjawab, “Di Vietnam, para karyawan juga sudah menerapkan amal dan sikap ren wen. Oleh sebab itu kami berharap, para karyawan di Indonsia juga bisa menjalankan hal serupa agar bumi ini bebas dari bencana.”

Namun David menyadari bahwa hal ini tidak bisa dipaksakan. “Kita harus harus pelan-pelan memperkenalkan Tzu Chi kepada para karyawan agar mereka mengerti tentang Tzu Chi dari dasar hati mereka,” tegasnya.

foto  foto

Ket: - Setelah menerapkan visi misi Tzu Chi di Vietnam, David Li kini mulai mengenalkan cinta kasih Tzu Chi                   kepada para karyawan PT Glostar di Indonesia. (kiri)
       - Kegiatan sosialisasi ini akan dilakukan secara rutin dengan harapan agar para karyawan bisa menerapkan           semangat cinta kasih dalam kehidupan mereka nantinya. (kanan)

Sepanjang sosialisasi berlangsung, salah satu peserta terlihat sangat terharu setelah mendengarkan sharing dari para relawan. “Saya belum pernah mengenal Tzu Chi, tapi setelah acara ini saya ingin sekali bergabung dengan Tzu Chi,” ucap Coco Ho, peserta tersebut.

Coco mengaku sangat terharu ketika mendengar kisah seorang anak kecil di atas sungai yang tidak punya rumah untuk tinggal, dan tentang seorang kakek tua yang bercerita bahwa sudah lama tidak pernah digandeng tangannya oleh anaknya, namun merasakan kehangatan tersebut dari para relawan Tzu Chi. “Saya ingin bergabung karena saya melihat di Tzu Chi bahwa kasih sayang itu tidak terbatas dan tidak memandang siapapun,” tegasnya sambil tersenyum mantap.

Di akhir sosialisasi, tidak lupa para relawan membagikan suvenir celengan bambu kepada karyawan. Semoga saja kegiatan yang rencananya akan rutin dilakukan ini dapat menumbuhkan bibit cinta kasih di hati hati para karyawan untuk mulai peduli terhadap penderitaan orang lain.  

 
 

Artikel Terkait

Menyambut Tahun Baru Imlek Bersama Opa Oma

Menyambut Tahun Baru Imlek Bersama Opa Oma

12 Februari 2018

Minggu, 4 Februari 2018 pukul 8.00 WIB relawan telah sampai di panti. Kali ini topiknya adalah menyambut tahun baru Imlek.

Gathering Relawan Bersama dan Perencanaan Pembangunan

Gathering Relawan Bersama dan Perencanaan Pembangunan

05 Januari 2022

Minggu, 19 Desember 2021, tujuh orang relawan He Qi Batam datang ke Tanjung Balai Karimun untuk membahas pembangunan kantor relawan Tzu Chi Tj. Balai Karimun.

Banjir Jakarta: Bantuan Medis Sesuai Kebutuhan

Banjir Jakarta: Bantuan Medis Sesuai Kebutuhan

23 Januari 2014 Selain memberikan bantuan berupa bahan makanan, Tzu Chi juga memberikan bantuan berupa pengobatan di posko banjir SDN 01 & 02, Kapuk, Jakarta Barat. Sebanyak 106 warga diobati dalam pengobatan ini.
Menyayangi dan melindungi benda di sekitar kita, berarti menghargai berkah dan mengenal rasa puas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -