Mengembangkan Cinta Kasih Melalui Celengan Bambu Tzu Chi

Jurnalis : Paulina (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Calvin (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan kegiatan pengumpulan celengan bambu di jalan Meral dan Sungai Pasir, Tanjung Balai Karimun.

Pada Minggu, 30 April 2023, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali menggalang cinta kasih masyarakat melalui pengumpulan celengan bambu di wilayah Meral dan Sungai Pasir. Sejak pagi, para relawan sudah berkumpul di Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun untuk melaksanakan briefing pengumpulan celengan bambu.

Setelah tiba di lokasi, sebanyak 24 relawan yang dibagi menjadi 6 kelompok berpencar menelusuri setiap rumah dan toko di sepanjang jalan Meral dan Sungai Pasir. Seperti biasanya, relawan memperkenalkan diri terlebih dahulu, dan menyampaikan tujuan dari celengan bambu kepada warga yang didatangi oleh relawan. Warga pun menyambut baik kedatangan relawan dan segera mengambil celengan yang telah dikumpulkan selama 7 bulan untuk dituangkan ke dalam wadah yang dipegang oleh relawan.

Sebanyak 24 relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Cinta kasih masyarakat Tanjung Balai Karimun terus mengalir di pulau yang penuh berkah ini. Kegiatan celengan bambu juga bisa menumbuhkan jiwa sosial warga untuk berbuat kebajikan dalam membantu sesama. Setiyono (55) relawan yang berpartisipasi pada kegiatan ini sangat semangat mengumpulkan cinta kasih warga.

“Kegiatan hari ini kan kegiatan sosial, dan kita juga membantu melatih saudara-saudara kita (warga) untuk menyumbang cinta kasih yang akan kita salurkan ke orang-orang yang membutuhkan. Dan hal ini memang harus bersemangat,” ucap Setiyono.

Para relawan berjalan kaki dan berpencar mendatangi setiap rumah dan toko untuk mengumpulkan celengan bambu mereka.

Saat mengumpulkan koin cinta kasih warga, Setiyono juga terpukau melihat beberapa warga yang telah menuangkan koin cinta kasih tetap menambahkan dana dengan mengeluarkan uang dari dompet mereka.

“Para warga juga sangat antusias menyambut kita. Walaupun celengan bambu mereka sudah berisi uang, namum beberapa warga juga langsung mengambil dompet untuk menambahkan dana cinta kasih lagi. Oleh karena itu kita harus mengadakan lagi kegiatan ini untuk melatih mereka memberikan cinta kasih,” kata Sutiyono.

Aseng, salah satu warga yang memiliki usaha bengkel sangat antusias menyambut kedatangan relawan Tzu Chi. Ia pun dengan semangat mengambil tiga celengan yang dimiliki kedua anaknya dan tokonya. Melalui celengan bambu Tzu Chi, ia berharap kedua anaknya bisa belajar bersyukur.

“Saya ada 3 celengan, dua celengan punya anak. Mereka mendapatkan celengan bambu di sekolah Cahaya, satu celengan lagi punya usaha saya (toko). Saya harap dengan celengan ini anak-anak bisa tumbuh dengan sifat dan pribadi yang baik, yang terpenting mereka harus bersyukur karena ada yang hidupnya susah dan tidak memiliki orang tua,” ungkap Aseng.

Aseng, dengan penuh semangat menuangkan celengan bambu Tzu Chi. Ia berharap semangat celengan bambu bisa mengajarkan anak-anaknya untuk selalu bersyukur.

Bukan hanya bersumbangsih di celengan sendiri, Aseng juga sering bersumbangsih di celengan yang dititipkan relawan di market. Setiap ada kembalian belanja di market, ia pasti memasukan uang kembalian ke dalam celengan bambu Tzu Chi. “Saya sudah kenal betul sama Tzu Chi. Kalau saya belanja di market, sisa uang kembalian pasti saya masukin ke dalam celengan Tzu Chi yang ada di meja pembayaran market itu. Saya percaya sama Tzu Chi, kalau Tzu Chi butuh sumbangan, saya akan sumbang semampunya. Kemarin bencana gempa bumi di Turki, Tzu Chi juga ada memberikan bantuan. Saya lihat di DAAI TV, Tzu Chi luar biasa,” kata Aseng bersemangat.

Berbagai manfaat dapat dirasakan oleh relawan yang telah mengikuti kegiatan penuangan celengan bambu ini. Selain tubuh menjadi sehat karena banyak berjalan kaki, kegiatan ini juga menjalin silaturahmi dengan warga serta mengembangkan kebajikan kita dengan perbuatan positif.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Mengenal Tzu Chi Lebih Dekat

Mengenal Tzu Chi Lebih Dekat

06 Juni 2014 Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mulyono beserta 30 anggota dan petinggi Kodam Jaya berkunjung ke Tzu Chi Center, Jakarta Utara. Pukul 11.20 WIB tepat rombongan tiba di Tzu Chi Center dan langsung disambut dengan hangat Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma beserta relawan komite lainnya.
Mencipta Keindahan Kasih dari Kumpulan Koin

Mencipta Keindahan Kasih dari Kumpulan Koin

15 Juni 2016
Sebelumnya, pada  23 November 2015 lalu, rombongan pastor dan frater dari Wisma Xaverian berkunjung ke Aula Jing Si, PIK, Jakarta Utara. Mereka diperkenalkan dengan kegiatan Tzu Chi dan celengan bambu. Sejak saat itulah, cinta kasih terus  terjalin. Selasa, 14 Juni 2016, gemerincing koin pun terdengar dari Wisma Xaverian.
Membangun Cinta Kasih Universal

Membangun Cinta Kasih Universal

11 April 2019

Pada Minggu, 07 April 2019, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun melakukan kegiatan yang diadakan setiap 3 bulan sekali di setiap tahunnya yaitu pengumpulan celengan cinta kasih.

Apa yang kita lakukan hari ini adalah sejarah untuk hari esok.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -