Mengenal Pelestarian Lingkungan Tzu Chi

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar Tzu Chi Bandung)

Tzu Chi Bandung mengajak masayarakat umum untuk peduli terhadap lingkungungan dengan mengadakan sosialisasi Pelestarian Lingkungan.

Sosialisasi Misi Pelestarian Lingkungan yang digelar Tzu Chi Bandung pada Sabtu, 20 Agustus 2022 disambut antusias masyarakat sekitar. Acara yang digelar di Aula Tzu Chi Bandung ini diikuti oleh 23 masyarakat umum dan 19 relawan Tzu Chi.

Johnny Chandrina relawan Tzu Chi dari Jakarta yang aktif di Misi Pelestarian Lingkungan menjelaskan mengenai apa itu misi pelestarian Lingkungan Tzu Chi.

“Harapan saya mudah-mudahan dengan mereka sudah mendengar, mereka bisa memahami jadi bisa dimulai dari tindakan diri sendiri,” ucap Johnny.

Jonny Chandrina mengingatkan tentang pentinngya peduli terhadap lingkungan dan dampak yang akan datang jika kita tak sadar akan alam.

Selain pemaparan secara materi, Jhonny juga memperlihatkan sampah mana saja yang bisa didaur ulang.

Para peserta juga diajak untuk mengenal tentang barang-barang yang dapat didaur ulang seperti botol bekas air mineral, kaleng susu, kaleng bahan aluminium, barang elektronik yang rusak, kertas koran, majalah, kertas putih, dan lain-lain serta barang yang tidak bisa didaur ulang.

Kegiatan yang berlangsung dengan akrab ini diselingi dengan pemutaran beberapa video tentang pemanasan global dan bahaya limbah plastik. Mengenai 5R yaitu Rethink (memikirkan ulang) Reuse (menggunakan kembali), Reduce (menguragi), Repair (memperbaiki) dan Recycle (mengolah kembali) juga turut dijelaskan.

Suratmi, warga kelurahan Cibuntu Kota Bandung, sangat antusias menyimak penjelasan mengenai pelestarian lingkungan.

“Kami yang datang kesini mendapatkan banyak informasi terutama tentang sampah yang bisa berubah menjadi suatu hal yang berharga yang bisa menghasilkan uang di mana uang itu menjadi sebuah amal yang nanti diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan” tutur Suratmi salah satu peserta.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Pelestarian Lingkungan dimulai dari kita sendiri

Pelestarian Lingkungan dimulai dari kita sendiri

20 Mei 2022

Tzu Chi Medan meresmikan Titik Green Point yang ke 30 pada Minggu, 15 Mei 2022. Titik green point ini berada di Komplek River View di Kota Medan.

Yuk, Ikut Serta Menjaga Bumi!

Yuk, Ikut Serta Menjaga Bumi!

19 Maret 2015 "Ayo, para warga Teluk Intan, yuk, ikut serta turun dan bergabung dengan kami di food court. Boleh sambil dibawa barang-barang yang sudah tidak dipakai dan juga ada stan prakarya. Daripada barangnya dibuang begitu aja ke tempat sampah, lebih baik dikumpulkan dan bisa disumbangkan ke Tzu Chi untuk membantu orang lain," suara relawan Tzu Chi yang mengajak para warga terdengar dari pengeras suara.
Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Medan Bertambah Satu Lagi

Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Medan Bertambah Satu Lagi

17 Desember 2021

Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Medan bertambah satu lagi, yang berarti bertambahnya masyarakat yang peduli lingkungan. 

Cinta kasih tidak akan berkurang karena dibagikan, malah sebaliknya akan semakin tumbuh berkembang karena diteruskan kepada orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -