Mengenal Pelestarian Lingkungan Tzu Chi

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar Tzu Chi Bandung)

Tzu Chi Bandung mengajak masayarakat umum untuk peduli terhadap lingkungungan dengan mengadakan sosialisasi Pelestarian Lingkungan.

Sosialisasi Misi Pelestarian Lingkungan yang digelar Tzu Chi Bandung pada Sabtu, 20 Agustus 2022 disambut antusias masyarakat sekitar. Acara yang digelar di Aula Tzu Chi Bandung ini diikuti oleh 23 masyarakat umum dan 19 relawan Tzu Chi.

Johnny Chandrina relawan Tzu Chi dari Jakarta yang aktif di Misi Pelestarian Lingkungan menjelaskan mengenai apa itu misi pelestarian Lingkungan Tzu Chi.

“Harapan saya mudah-mudahan dengan mereka sudah mendengar, mereka bisa memahami jadi bisa dimulai dari tindakan diri sendiri,” ucap Johnny.

Jonny Chandrina mengingatkan tentang pentinngya peduli terhadap lingkungan dan dampak yang akan datang jika kita tak sadar akan alam.

Selain pemaparan secara materi, Jhonny juga memperlihatkan sampah mana saja yang bisa didaur ulang.

Para peserta juga diajak untuk mengenal tentang barang-barang yang dapat didaur ulang seperti botol bekas air mineral, kaleng susu, kaleng bahan aluminium, barang elektronik yang rusak, kertas koran, majalah, kertas putih, dan lain-lain serta barang yang tidak bisa didaur ulang.

Kegiatan yang berlangsung dengan akrab ini diselingi dengan pemutaran beberapa video tentang pemanasan global dan bahaya limbah plastik. Mengenai 5R yaitu Rethink (memikirkan ulang) Reuse (menggunakan kembali), Reduce (menguragi), Repair (memperbaiki) dan Recycle (mengolah kembali) juga turut dijelaskan.

Suratmi, warga kelurahan Cibuntu Kota Bandung, sangat antusias menyimak penjelasan mengenai pelestarian lingkungan.

“Kami yang datang kesini mendapatkan banyak informasi terutama tentang sampah yang bisa berubah menjadi suatu hal yang berharga yang bisa menghasilkan uang di mana uang itu menjadi sebuah amal yang nanti diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan” tutur Suratmi salah satu peserta.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bersumbangsih Untuk Bumi

Bersumbangsih Untuk Bumi

17 Juni 2014

Hari libur nasional, dimanfaatkan oleh insan Tzu Chi He Qi Pusat, Xie Li Sunter untuk mengemban dan melaksanakan misi pelestarian lingkungan demi menyelamatkan bumi.

Menggaungkan Pelestarian Lingkungan

Menggaungkan Pelestarian Lingkungan

25 November 2015
Hal inilah yang dilakukan insan Tzu Chi yang secara rutin mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan. Bagi relawan Tzu Chi, kegiatan pelestarian lingkungan memberikan banyak manfaat positif baik untuk diri sendiri maupun lingkungan.
Kebersamaan Menjalankan Pelestarian Lingkungan

Kebersamaan Menjalankan Pelestarian Lingkungan

15 September 2016

Sebanyak 34 relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat melakukan kegiatan pemilahan barang-barang bekas dan gathering di Perumahan Taman Ratu Blok WW, Kepa Duri, Jakarta Barat pada hari Minggu, 04 September 2016.

Cara untuk mengarahkan orang lain bukanlah dengan memberi perintah, namun bimbinglah dengan memberi teladan melalui perbuatan nyata.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -