Mengenal Pelestarian Lingkungan Tzu Chi

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar Tzu Chi Bandung)

Tzu Chi Bandung mengajak masayarakat umum untuk peduli terhadap lingkungungan dengan mengadakan sosialisasi Pelestarian Lingkungan.

Sosialisasi Misi Pelestarian Lingkungan yang digelar Tzu Chi Bandung pada Sabtu, 20 Agustus 2022 disambut antusias masyarakat sekitar. Acara yang digelar di Aula Tzu Chi Bandung ini diikuti oleh 23 masyarakat umum dan 19 relawan Tzu Chi.

Johnny Chandrina relawan Tzu Chi dari Jakarta yang aktif di Misi Pelestarian Lingkungan menjelaskan mengenai apa itu misi pelestarian Lingkungan Tzu Chi.

“Harapan saya mudah-mudahan dengan mereka sudah mendengar, mereka bisa memahami jadi bisa dimulai dari tindakan diri sendiri,” ucap Johnny.

Jonny Chandrina mengingatkan tentang pentinngya peduli terhadap lingkungan dan dampak yang akan datang jika kita tak sadar akan alam.

Selain pemaparan secara materi, Jhonny juga memperlihatkan sampah mana saja yang bisa didaur ulang.

Para peserta juga diajak untuk mengenal tentang barang-barang yang dapat didaur ulang seperti botol bekas air mineral, kaleng susu, kaleng bahan aluminium, barang elektronik yang rusak, kertas koran, majalah, kertas putih, dan lain-lain serta barang yang tidak bisa didaur ulang.

Kegiatan yang berlangsung dengan akrab ini diselingi dengan pemutaran beberapa video tentang pemanasan global dan bahaya limbah plastik. Mengenai 5R yaitu Rethink (memikirkan ulang) Reuse (menggunakan kembali), Reduce (menguragi), Repair (memperbaiki) dan Recycle (mengolah kembali) juga turut dijelaskan.

Suratmi, warga kelurahan Cibuntu Kota Bandung, sangat antusias menyimak penjelasan mengenai pelestarian lingkungan.

“Kami yang datang kesini mendapatkan banyak informasi terutama tentang sampah yang bisa berubah menjadi suatu hal yang berharga yang bisa menghasilkan uang di mana uang itu menjadi sebuah amal yang nanti diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan” tutur Suratmi salah satu peserta.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Anak-anak dan Pelestarian Lingkungan

Anak-anak dan Pelestarian Lingkungan

17 Juni 2011
Satu set tempat sampah sumbangsih relawan Tzu Chi langsung diletakkan di sekolah sehingga langsung dapat dimanfaatkan oleh anak-anak serta orang tua mereka juga akan menjadi lebih tahu pentingnya pemilahan sampah.
Sosialisasi Pelestarian lingkungan di Gita Bangsa School

Sosialisasi Pelestarian lingkungan di Gita Bangsa School

15 Desember 2023

Para relawan Tzu Chi dari He Qi Tangerang menggelar sosialisasi pelestarian lingkungan hidup di Gita Bangsa School. Johnny Chandrina menjadi narasumber dalam sosialisasi ini.

Mengajak Generasi Muda Cinta Lingkungan

Mengajak Generasi Muda Cinta Lingkungan

08 Mei 2024

Depo Pendidikan Pelestarian lingkungan Tzu Chi Medan di Cemara Asri dikunjungi siswa-siswi SMP Sekolah Bangun Insan Mandiri. Mereka ingin belajar tentang pelestarian lingkungan guna bisa diterapkan di lingkungan sekolah dan rumah.

Benih yang kita tebar sendiri, hasilnya pasti akan kita tuai sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -