Menggalang hati untuk Cianjur

Jurnalis : Widodo (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Lanuma Dumek, Sulikowati, Gregorius Indra, Dok. Xie Li Kalimantan Tengah 4
Foto bersama setelah penggalangan donasi selesai di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 4.

Bersumbangsih tanpa pamrih yang membangkitkan rasa terima kasih dalam diri orang yang dibantu adalah menjalin jodoh baik”
-Kata Perenungan Master Cheng Yen-

Gempa bumi dengan Magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) mengakibatkan ratusan jiwa meninggal dunia dan ribuan rumah rusak. Kondisi ini menggerakkan hati relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas di beberapa wilayah untuk menggalang donasi. Seperti yang dilakukan relawan di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 1 pada Kamis (1/12/2022).

Simpati serupa juga dilakukan relawan di Xie Li Sumatera Selatan (Sumsel) 1. Penggalangan dana dilakukan relawan di kantor regional, Sawit Mas Estate, Pangkalan Panji Mill, dan juga TK Tenera Hijau. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari, yakni tanggal 29-30 November 2022. Penggalangan dana ini juga dilalukan relawan Xie Li Sumsel 1 di PT Djuandasawit Lestari. Di sela-sela pertemuan PKK, relawan Dharma Wanita memberikan donasi untuk meringankan warga Cianjur.

Selain itu, relawan juga mengajak anak-anak di TK dan SD Muara Kandis Estate untuk menyisihkan rezeki menolong warga Cianjur yang terdampak gempa bumi.

Siswa TK Tenera Hijau ikut menyisihkan uang jajannya untuk membantu warga Cianjur.

Penggalangan dana di Pangkalan Panji Mill.

”Kami ingin mengajak dan memotivasi anak-anak bahwa dengan memberi tidak membuat kita miskin dan tidak membuat kita kekurangan, justru membuat kita kaya. Kaya akan hati yang indah bertambah persaudaraan, empati kita dengan sendirinya juga berjalan bukan hanya sekedar simpati,” tutur Sulikowati, salah satu relawan Dharma Wanita Sumsel 1.

Relawan di Xie Li Lampung juga tak ketinggalan menggalang solidaritas untuk warga Cianjur. Tatok Gito Wibowo mendengar kabar gempa Cianjur dari status whatsapp salah satu karyawan yang dulu pernah bekerja di Kalimantan. ”Iya saya tahu dari karyawan yang dulu pernah bekerja di Kalimantan dan sekarang sudah kembali ke kampungnya di Cianjur. Saat itu langsung terpikir untuk segera membantu. Karena kami sudah memiliki kedekatan hati juga. Dan ternyata hal ini disambut baik Humala Sinaga, Ketua Xie Li Lampung. Jadi kami langsung bergerak. Semua unit kami gerakkan. Dan bersyukur semua staf juga merespon dengan sangat baik,” tuturnya.

Penggalangan dana juga melibatkan karyawan yang sebelum bertugas di kebun.

Penggalangan dana di Sungai Buaya Mill.

“Kami teringat salah satu Kata Perenungan Master Cheng Yen bahwa hal yang paling menenteramkan bagi manusia di dalam kehidupan adalah apabila ia memiliki kemampuan berapapun dengan segera bisa bersumbangsih memberikan manfaat bagi banyak orang dan menciptakan berkah bagi masyarakat. Tentu harapan kami terhadap donasi yang kami kirimkan kepada saudara-saudara kita di Cianjur memberikan manfaat, memberikan sedikit ketenangan, memberikan senyum kepada mereka. Kalaupun bukan dengan tangan kita sendiri memeluk mereka mungkin dari donasi yang kita kirimkan itu bisa membuat sedikit mereka tersenyum sedikit terbantu dan meringankan apa mereka rasakan saat ini. Mudah-mudahan itu menjadi kebaikan buat kita semua,” tambahnya.

Penggalangan donasi di Xie Li Lampung dilakukan sejak tanggal 22-29 November 2022 dengan melibatkan semua unit, seperti Sungai Buaya Estate (SBYE), Sungai Buaya Mill (SBYM), Sungai Merah Estate (SMRE), Sungai Merah Mill (SMRM), Gedong Aji Baru (GABA) KKPA, Gedong Aji Lama (GALA) KKPA, dan Mesuji KKPA (MSJA).

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Gempa Cianjur: Baksos Kesehatan Umum, Mata, dan Gigi

Gempa Cianjur: Baksos Kesehatan Umum, Mata, dan Gigi

29 Desember 2022
 Tzu Chi Indonesia terus membantu korban gempa di Cianjur. Kali ini, Tzu Chi bekerja sama dengan Pusat Kesehatan TNI menggadakan baksos kesehatan umum, gigi, dan mata.
Gempa Cianjur: Layanan Pengobatan untuk Warga Korban Gempa di Cianjur

Gempa Cianjur: Layanan Pengobatan untuk Warga Korban Gempa di Cianjur

25 November 2022

Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan Kemenhan RI mengadakan baksos kesehatan dan pembagian beras kepada warga korban gempa di Cianjur. 

Menggalang hati untuk Cianjur

Menggalang hati untuk Cianjur

15 Desember 2022

Gempa di Cianjur, Jawa Barat menggerakkan hati relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas di beberapa wilayah untuk menggalang donasi. Seperti yang dilakukan relawan di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 4, Sumatera Selatan (Sumsel) 1, dan Lampung.

Bila kita selalu berbaik hati, maka setiap hari adalah hari yang baik.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -