Menghimpun Cinta Kasih Lewat Donor Darah

Jurnalis : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang)

Relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Kemuning melakukan briefing sebelum melaksanakan kegiatan donor darah yang bertempat di Depo Pelestarian Lingkungan Soak, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang.

Pada Minggu, 05 Desember 2021 relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Kemuning mengadakan bakti sosial donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang. Kegiatan yang dilaksanakan di Depo Pelestarian Lingkungan Soak, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang ini juga tetap menjalankan protokol kesehatan ketat terkait Covid-19.

Sebelum kegiatan donor darah dimulai, para relawan Tzu Chi Palembang bersama dengan petugas PMI bergotong royong mempersiapkan dan menyusun semua kebutuhan donor darah. Pada saat kegiatan, para peserta juga diwajibkan untuk melakukan registrasi kemudian diteruskan dengan pengecekan golongan darah dan test hemoglobin.

Relawan juga mendampingi salah satu perserta yang sedang diambil darahnya.

Di semua bagian pada kegiatan donor darah ini terdapat beberapa relawan yang memandu peserta agar tetap teratur dan rapi. Setelah selesai mendonorkan darah, para peserta juga diberikan kesempatan mengecek kadar kolesterol, asam urat, dan gula darah secara gratis oleh tim Tzu Chi International Medical Association (TIMA) Palembang.

Selain itu, tujuan diadakannya donor darah adalah untuk membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah di masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga mengajak warga sekitar untuk mengenal Depo Pelestarian Lingkungan Soak kepada masyarakat khususnya yang berada di Kota Palembang. Sebanyak 49 peserta mendaftar dan melakukan screening kesehatan, namun hanya 42 peserta yang lolos dan bisa mendonorkan darahnya.

Selain mendonorkan darahnya, para peserta juga bisa mengecek kadar kolesterol, asam urat, dan gula darah secara gratis.

“Pesan saya semoga masih banyak orang yang perduli dan bersedia mendonorkan darahnya untuk membantu orang lain. Meskipun hanya dengan sekantong darah, kita tetap bisa bersumbangsih dengan suka cita untuk masyarakat,” ungkap Darma Saputra, koordinator kegiatan.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Semangat Bersumbangsih Saat Donor Darah

Semangat Bersumbangsih Saat Donor Darah

08 Juni 2018
Tzu Chi Batam menggelar donor darah di Kepri Mall, Kota Batam, Minggu, 3 Juni 2018. Berbeda dengan kegiatan donor darah pada umumnya, donor darah kali dikoordinir oleh Tzu Ching (komunitas mahasiswa-mahasiswi Tzu Chi). Sebanyak 55 relawan Tzu Chi pun turut bersumbangsih dalam kegiatan ini.
Antusias Pendonor Darah, Wujud Kepedulian Terhadap Sesama

Antusias Pendonor Darah, Wujud Kepedulian Terhadap Sesama

20 Maret 2017
Kegiatan donor darah yang diadakan relawan Tzu Chi Palembang terlaksana dengan baik dan berhasil mengumpulkan sebanyak 72 kantong darah. Antusias para pendonor menunjukkan kepedulian terhadap sesama sangat tinggi.
Baksos Donor Darah

Baksos Donor Darah

03 Juni 2013 Setelah para dermawan mendonorkan darah, mereka akan dilayani oleh sukarelawan yang akan membawakan makanan, minuman dan suplemen untuk memulihkan kondisi fisik para pendonor. Relawan Tzu Chi juga akan mendatangi mereka untuk menjelaskan misi yang dijalankan Tzu Chi.
Keindahan sifat manusia terletak pada ketulusan hatinya; kemuliaan sifat manusia terletak pada kejujurannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -