Mengikis Rintangan Dengan Cinta Kasih

Jurnalis : Leo Rianto (Tzu Chi Medan), Fotografer : Leo Rianto (Tzu Chi Medan)

Relawan Tzu Chi Medan komunitas Titi Kuning mengunjungi Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) Nely dan anaknya Yenny yang menderita penyakit langka Takayasu Arteritis.

Relawan Tzu Chi Medan komunitas Titi Kuning, Aini Lidjaya dan Lindawati kembali mengunjungi kediaman salah seorang Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) yang bernama Nely (50) pada Sabtu, 4 Juni 2022. Nely pun menyambut kehadiran kedua relawan Tzu Chi Medan tersebut di depan rumahnya dengan baik.

"Ayo masuk! Yenny pasti senang bertemu dengan kalian lagi," tutur Nely.

Suami Nely sudah meninggal dunia 7 tahun yang lalu. Saat ini Nely hidup berdua dengan anak tunggalnya, Yenny (25). Nely tidak mempunyai penghasilan tetap dan selama ini hanya bergantung kepada anaknya. "Walau hidup sederhana, kami bahagia. Tidak disangka tiba-tiba hidup kami berubah setelah Yenny terserang penyakit langka, Takayasu Arteritis di pertengahan tahun 2019," cetita Nely.

Dalam kunjungan kasih ini, relawan memberikan semangat kepada Yenny yang terbaring di ranjang karena penyakit langka dan stroke.

Penyakit Takayasu Arteritis merupakan kondisi dimana pembuluh besar jantung gagal memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik. Akibat kondisi ini, akhirnya Yenny terkena stroke sampai sekarang. Kondisi ini pun membuat Nely risau dan putus asa saat itu. Akhirnya Nely pun mencoba mangajukan bantuan ke Tzu Chi.

Beragam bantuan sudah diupayakan untuk kelangsungan hidup ibu dan anak ini, termasuk bantuan pendampingan. "Walau pelan, kami suka cita dengan segala proses pemulihan yang ada. Relawan komunitas lainnya sering mengunjungi mereka juga selama ini,” kata Aini Lidjaya.

Saat ini Nely pun sudah lebih tegar dalam menerima keadaan. Yenny sendiri juga sudah bisa makan tanpa selang. Walau masih lemah, terkadang Yenny sudah bisa duduk dengan dibantu. “Kita tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, yang terpenting adalah batin harus tenang. Selain bantuan materi, kami curahkan juga perhatian kepada mereka selama ini," tambah Aini Lidjaya.

Berbeda dari sebelumnya, kondisi Yenny sekarang sudah bisa duduk walaupun harus dibantu.

Menyadari kehidupan manusia yang tidak kekal dan pasti, para relawan Tzu Chi pun hadir di tengah komunitas masing-masing untuk bersumbangsih bagi yang membutuhkan. Bantuan yang diberikan bias dalam bentuk materi maupun pendampingan.

"Kehidupan manusia ini tidak luput dari cobaan dan penderitaan. Ketika kita hadir di dalam kehidupan mereka yang membutuhkan, sesungguhnya kita telah membantu mengikis rintangan hidup mereka dengan memupuk benih cinta kasih yang ada di dalam hati kita sendiri," kata Aini Lidjaya mengakhiri kunjungn kasih.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Sepenuh Hati Merawat Kurniadi

Sepenuh Hati Merawat Kurniadi

10 April 2017

Pada 6 April 2017, dokter, perawat, staf Rumah Sakit Cinta Kasih (RSCK) Tzu Chi bersama relawan Tzu Chi Komunitas He Qi Pusat melakukan kunjungan kasih ke tempat pasien kasus Kurniadi di wilayah Bungur, Senen, Jakarta Pusat. 

Perhatian yang Membangun Semangat Juang Didi

Perhatian yang Membangun Semangat Juang Didi

21 Januari 2020
Relawan Tim  Medis Tzu Chi rutin melakukan kunjungan kasih ke rumah para penerima bantuan Tzu Chi yang memerlukan perhatian khusus. Kali ini kunjungan dilakukan di rumah Didi, yang mengalami kelumpuhan akibat peristiwa tabrak lari puluhan tahun silam. 
Perjuangan Heny Berdamai dengan Kanker Payudara

Perjuangan Heny Berdamai dengan Kanker Payudara

03 Oktober 2022

Heny didiagnosis menderita kanker payudara pada tahun 2021, saat itu usianya 39 tahun. Ada benjolan di kedua payudaranya dan di sisi kanan positif kanker. Dokter menyarankan Heny menjalani mastektomi (operasi).

Melatih diri adalah membina karakter serta memperbaiki perilaku.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -