Menjadi Bagian Dari Momentum Bersejarah Tzu Chi Indonesia

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Hadiyanto Kurniawan, Suyanti Samad (He Qi Timur)

Kebahagiaan terpancar dari wajah para relawan Tzu Chi saat peresmian Kantor He Qi Timur, pada Sabtu, 18 Maret 2023.

Suasana homie begitu terasa saat memasuki Kantor Sekretariat He Qi Timur. Interior khas Tzu Chi berpadu dengan dinding warna putih dan abu-abu yang lembut menciptakan nuansa santai yang membuat siapapun betah berlama-lama. Belum lagi lokasinya di jantung Kelapa Gading Jakarta Utara, sangat strategis, sangat mudah dijangkau.

Kantor komunitas relawan Tzu Chi di He Qi Timur ini diresmikan pada Sabtu 18 Maret 2023 lalu oleh Ketua Tzu Chi Indonesia, Liu Su Mei. Peresmiannya berlangsung haru seolah mengenang sejarah 30 tahun yang lalu. Di Kelapa Gading lah Liu Su Mei memulai Tzu Chi Indonesia dari tidak ada menjadi hari ini 30 tahun kemudian, yang sudah banyak berkiprah membantu masyarakat di berbagai pelosok nusantara.

Para relawan Tzu Chi di komunitas He Qi Timur sendiri tak menyangka akhirnya memiliki kantor sendiri, di usia Tzu Chi Indonesia yang menginjak 30 tahun.

“Ini kan satu momen yang enggak pernah kami sangka. Dari yang tadinya kami dipinjamkan kantor sampai mengalami beberapa kali pindah tempat. Dan hari ini benar-benar punya satu tempat yang milik He Qi Timur sendiri yang ke depan kami berharap bisa berkarya, bersumbangsih, dan juga sama-sama di sini menjadi suatu keluarga yang solid dari komunitas relawan,” kata Wie Sioeng, relawan He Qi Timur yang juga He Xin Misi Amal Tzu Chi Indonesia.

He Xin Misi Amal Tzu Chi Indonesia yang juga relawan komunitas He Qi Timur, Wie Sioeng menerima potongan tumpeng dari Ketua Tzu Chi Indonesia, Liu Su Mei.

Dibanding kantor sebelumnya yang berada di area pusat perbelanjaan Mall of Indonesia, kantor yang sekarang jelas punya banyak kelebihan. Dengan jam operasional yang bisa ditentukan sendiri, para relawan dapat bergerak cepat, khususnya dalam kondisi emergency. Misalnya saja bila terjadi banjir di wilayah sekitar atau wilayah penyangga, relawan bisa menjadikan kantor ini sebagai dapur umum, dan dengan cepat menyiapkan paket bantuan.

Ladang berkah yang bisa digarap oleh para relawan Tzu Chi di komunitas He Qi Timur pun masih sangat banyak. Selama ini para pemohon bantuan tinggal di wilayah penyangga sekitar Kelapa Gading seperti Pulo Gadung, Duren Sawit, Klender, Cilincing, Semper, Sukapura, Marunda, hingga Harapan Indah di Bekasi.

“Di sisi-sisi Komplek Harapan Indah juga masih banyak masyarakat marjinal, yang kemarin saat kami baksos, kami punya kesempatan berbagi. Berharap ke depan mereka juga tahu bahwa tak jauh dari tempat tinggal mereka ada kantor Tzu Chi. Saat ada penderitaan yang mereka rasakan dan tak tahu harus berbuat apa, mereka tidak sendiri, ada insan Tzu Chi yang bisa berkontribusi meringankan penderitaan mereka melalui kegiatan sosial Tzu Chi,” tambah Wie Sioeng.

Para relawan Tzu Chi di He Qi Timur akan berupaya memanfaatkan kantor atau rumah yang baru ini semaksimal mungkin.

Selain masyarakat yang bisa dibantu semakin banyak dan semakin luas, dengan lokasi kantor yang strategis, pengembangan relawan diharapkan semakin meningkat.

He Qi Timur masih punya ruang untuk bertumbuh. Kita harus konsolidasi lagi relawan untuk mengakar di komunitas. Jadi kita beraktivitas yang dekat dengan tempat tinggal kita dulu. Dengan demikian baru kita bisa berakar di komunitas ini, lingkungan sekitar ini sehingga relawan juga makin bertambah, makin kuat,” pesan Ketua Tzu Chi Indonesia, Liu Su Mei.

Cikal bakal atau sejarah Tzu Chi Indonesia bermula di Kelapa Gading, karena itu peresmian Kantor Sekretariat He Qi Timur ini melahirkan harapan agar bibit- bibit relawan dapat terus tumbuh. Seperti sebersit niat Liu Su Mei dan teman-temannya kala itu sehingga Tzu Chi Indonesia terus berkembang hingga hari ini.

Para relawan dari jajaran He Xin memuji kreativitas tim relawan konsumsi relawan He Qi Timur dalam penyajian makanan vegetaris yang sehat dan menarik.

Potensi yang Dimiliki He Qi Timur
Setiap komunitas relawan memiliki kelebihannya sendiri, juga sisi-sisi yang masih harus terus dikembangkan. Bila berbicara tentang komunitas He Qi Timur, kelebihan yang dimiliki antara lain, punya tim relawan bidang konsumsi yang sangat solid dan kreatif. He Qi Timur juga memiliki relawan seperti Hendry Chayadi yang secara pemahaman filosofinya sangat mendalam. Lalu kegiatan di Misi Amal juga terus berkembang. Semua ini merupakan modal yang sangat kuat untuk memajukan He Qi Timur.

Sebagai Koordinator Misi Amal dari He Qi Timur, totalitas Johan Kohar sudah tak diragukan lagi. Adanya kantor yang baru ini dipastikan kesibukannya bakal bertambah. Untuk mengembangkan Misi Amal, Johan sudah punya program, semacam metode baru untuk mendampingi dan mewariskan semangat Tzu Chi kepada para generasi muda.

“Memang kalau di Tzu Chi kan harus mewariskan. Mereka yang masih muda yang mungkin tertarik dengan kantor kita, kasus pasien bisa diterima di sini. Mereka mungkin lebih semangat. Nanti yang survei itu ya mereka yang saya percayakan. Supaya mereka merasa, ‘oh saya diberi kepercayaan’,” katanya.

Para tamu undangan dari pengurus enam He Qi lainnya di Jakarta merasa betah saat bertandang ke Kantor He Qi Timur.

Tentu semua ini sangat bergantung pada komitmen para relawan. “Jadi kalau kita sudah dipersiapkan fasilitas yang begitu baik ini, ini kan seperti hardware-nya. Software-nya ya kita-kita ini yang bisa bergerak, yang bisa menuju seperti apa yang diharapkan untuk (membantu) orang-orang yang membutuhkan,” tambahnya.

Sementara itu pada peresmian Kantor Sekretariat He Qi Timur, hadir pula jajaran relawan dari pengurus pusat Tzu Chi Indonesia atau yang biasa disebut He Xin, juga para Ketua dan Wakil Ketua He Qi lainnya. Ketua He Qi Barat 1, Suherman, menyerap segenap energi positif pada peresmian rumah baru para relawan di He Qi Timur ini.

Suherman membawa pulang energi positif yang diserapnya pada peresmian Kantor He Qi Timur untuk semakin semangat dalam mengembangkan He Qi Barat 1.

“Dengan kantor baru, tentunya memiliki semangat yang baru, ladang berkah pun akan semakin besar. Semangat hari ini tentunya akan kami tanamkan di dalam diri sendiri dan tentunya kami kembangkan ke komunitas kami. Jadi kami memberi selamat, doa juga kepada (relawan) He Qi Timur semoga jalinan cinta kasih terus berkembang dan relawan pun terus bertumbuh,” ujarnya.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Meniti Asa dengan Kantor Penghubung Tzu Chi Tanjung Pinang

Meniti Asa dengan Kantor Penghubung Tzu Chi Tanjung Pinang

22 September 2014 Tanggal 11 September 2014 merupakan hari bersejarah bagi insan Tzu Chi Tanjung Pinang. Pasalnya, tanggal tersebut menandai peresmian Kantor Penghubung  Tzu Chi Tanjung Pinang yang beralamat di Jalan Ir. Sutami.
Menyambut Mi Instan DAAI, Mi Sehat dan Vegan

Menyambut Mi Instan DAAI, Mi Sehat dan Vegan

27 Oktober 2017

Setelah terjual lebih dari 15 ribu kardus hanya dalam waktu kurang dari dua bulan, Mi Instan DAAI yang berada di bawah manajemen PT. DAAI Boga akhirnya meresmikan kantor operasionalnya di lt. 5 Gedung DAAI, Kompleks Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Peresmian Kantor Perwakilan Tzu Chi Padang

Peresmian Kantor Perwakilan Tzu Chi Padang

17 Oktober 2013 Tanggal 10 Oktober 2013, juga merupakan hari bersejarah bagi Tzu Chi Indonesia karena pada hari itu, insan Tzu Chi di Padang, Sumatera Barat akan meresmikan gedung Kantor Perwakilan Tzu Chi Padang yang baru di jalan H.O.S Cokrominoto no 98 – 98 C, Padang.
Beramal bukanlah hak khusus orang kaya, melainkan wujud kasih sayang semua orang yang penuh ketulusan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -