Menjaga Kebersihan Pantai

Jurnalis : Viny Alvina (Tzu Chi Sorong), Fotografer : Ricky Tenery (Tzu Chi Sorong)


Relawan Tzu Chi Sorong penuh semangat membersihkan sampah-sampah di Pantai Pulau Doom dalam rangka memperingati The Triangle Coral Day atau Hari Terumbu Karang pada 5 Juli 2015.

Dalam rangka untuk nemperingati The Triangle Coral Day atau Hari Terumbu Karang yang jatuh pada tanggal 9 juni 2015, relawan Tzu Chi Sorong melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai Pulau Doom yang diprakarsai oleh The Nature Conservaty (TNC) pada Minggu, 5 Juli 2015. Pulau Doom secara administratif berada di kawasan Distrik Sorong Kepulauan, Kota Sorong, Papua Barat. Kegiatan ini melibatkan 15 orang relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Sorong dan relawan dari Gerakan Cinta Pulau Doom, The Nature Conservaty (TNC), Papua Institute, Scheeptvaard Doom, Tim Kotak-kotak, dan Bank Sampah dengan perkiraan total relawan mencapai 100 orang.

Tujuan dari relawan Tzu Chi Sorong dalam melaksanakan  kegiatan bersih pantai ini adalah untuk menjalankan misi pelestarian lingkungan Pantai Pulau Doom. Kegiatan ini sangat disambut baik oleh masyarakat sekitar Pantai Pulau Doom yang secara spontan ikut membantu membersihkan dan mengumpulkan sampah-sampah yang ada di bibir Pantai. Harapan ke depannya, dengan melakukan kegiatan ini pastinya bisa melihat pantai yang bersih dan masyarakat tergugah agar peduli dan menjaga kebersihan Pantai. “Kegiatan ini adalah wujud dari kepedulian warga masyarakat Pulau Doom untuk menjaga kebersihan lingkungan dari sampah. Kegiatan seperti ini harus dilakukan agar Pulau Doom bersih dan sehat,” ungkap Derek Fredrik Wamena, Ketua Komisi A DPRD Kota Sorong sekaligus relawan Tzu Chi yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Dengan mengadakan kegiatan bersih-bersih di Pantai Pulau Doom ini, masyarakat Sorong bisa menjalin jodoh dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan bisa menjadi jembatan cinta kasih antara sesama masyakat sekitar Pantai Pulau Doom. Usai kegiatan bersih-bersih Pantai dilanjutkan dengan buka puasa bersama antara para relawan Tzu Chi Sorong dengan masyarakat sekitar Pantai Pulau Doom.

Selain Tzu Chi, juga ada relawan dari organisasi lain yang terlibat dalam kegiatan ini dengan total lebih kurang 100 relawan.

Ketua Komisi A DPRD Kota Sorong yang juga relawan Tzu Chi Sorong, Derek Fredrik Wamena (kanan) mengatakan bahwa kegiatan pembersihan pantai merupakan wujud kepedulian masyarakat setempat.


Artikel Terkait

Keindahan sifat manusia terletak pada ketulusan hatinya; kemuliaan sifat manusia terletak pada kejujurannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -