Menjalin Cinta Kasih dengan Peduli dan Berbagi

Jurnalis : Diyang Yoga W. (Tzu Chi Surabaya), Fotografer : Diyang, Sheila, Sofie, Santoso, Reza (Tzu Chi Surabaya)

Relawan Tzu Chi Surabaya membagikan nasi kotak vegetaris dari Warung Bu Yuni dalam program Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi (Gerakan Membantu Pedagang Kecil).


Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun menyulitkan banyak pihak, salah satunya para pedagang kecil. Berkurangnya aktivitas warga berdampak pada penghasilan mereka. Hal tersebut juga menjadi perhatian Tzu Chi Surabaya untuk ikut berpartisipasi dalam program Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi (Gerakan Membantu Pedagang Kecil) pada 20 September - 1 Oktober 2021.

Dalam kegiatan ini, Tzu Chi Surabaya memesan 2.000 kotak makanan vegetaris untuk membantu 3 warung makan (warteg) yang terdampak pandemi Covid-19 di jl. Jagir Wonokromo, Surabaya yaitu Warung Bu Yuni, Warung Tombo Lue, dan Warung Maju Mapan. Dengan adanya Program Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi ini, Tzu Chi Surabaya berharap dapat membantu pedagang kecil bertahan dan memutar roda perekonomian mereka ditengah pandemi.

Selain itu, Tzu Chi Surabaya juga menggandeng ibu-ibu PKK dan kader RT dari kelurahan setempat untuk membagikan kupon dan makanan vegetarian yang telah dipesan dari 3 warung makan tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar jl. Jagir Wonokromo, Surabaya.

Selain membagikan makanan, relawan Tzu Chi Surabaya juga memberikan informasi manfaat bervegetarian ditemani pemilik warung dan kader RT setempat..


Salah satu pemilik warung makan yang merasa terbantu dengan adanya program ini adalah Febri, pemilik Warteg Tombo Luwe. Awalnya, ia mempunyai 4 karyawan untuk membantu berjualan dan memasak. Sampai pada tahun 2020, pandemi Covid-19 yang mulai menyebar ke berbagai wilayah Indonesia membuat usaha Febri mulai mengalami penurunan. “Pendapatan pada saat PSBB bukan hanya turun tapi terjun bebas,” cerita Febri.

Karena mengalami penurunan pendapatan itulah Febri mengurangi karyawan dan tersisa satu orang bersama sang istri yang kerap membantunya.

Dengan pendapatan seadanya, febri pun tetap menjalankan usahanya ini hingga sekarang. Kemudian pada awal September 2021, Febri menerima telepon dari pemilik kontrakan yang ia pakai berjualan untuk melunasi biaya sewa yang jatuh tempo pada awal Oktober 2021, sedangkan Febri sanggup membayarnya di akhir bulan Oktober 2021.

Relawan Tzu Chi Surabaya membagikan nasi kotak vegetaris dari Warung Tombo Luwe di jl. Jagir Wonokromo, Surabaya.


Jodoh baik pun menghampiri Febri lewat program Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi. Shopie, koordinator program Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi di Tzu Chi Surabaya mendengar curahan hati pemilik Warung Tombo Luwe tersebut. Tak butuh waktu lama, Shopie pun segera berkoordinasi dengan para relawan Tzu Chi Surabaya.

Kemudian Selasa sore, 21 September 2021, relawan Tzu Chi Surabaya memutuskan membantu Febri dengan memesan makanan vegetaris di warungnya. Uang pembayaran pemesanan pun langsung Febri gunakan untuk menyelesaikan masalah uang sewa. “Wah, ini sangat tepat waktu. Uang itu langsung saya berikan ke pemilik kontrakan. Itu sangat membantu sekali, doa saya terkabul dengan adanya program dari Tzu Chi ini,” ujar Febri bersukacita.

 

Nasi kotak vegetaris dalam program Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi dibagikan oleh relawan Tzu Chi Surabaya kepada petugas kebersihan yang sedang menyapu jalan.


Hal serupa juga dirasakan oleh Isha, pemilik Warteg Maju Mapan. Sejak pandemi, pendapatannya merosot dari 800 ribu menjadi 100-80 ribu perhari. Saat dihubungi relawan untuk memesan makanan vegetaris bagi Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi, Isha pun memberikan diskon untuk relawan Tzu Chi supaya bisa ikut bersumbangsih.

“Seneng saya ketika ada bantuan dari Tzu Chi, sampai kepikiran gak bisa tidur saya. Bener apa enggak ya? Soalnya keadaan pandemi kayak gini ada yang memberikan pekerjaan, apalagi untuk membantu orang lain. Bahagianya itu menular seperti saya dapat pesanan dari Tzu Chi,” ujarnya Isha bahagia.

Tak hanya para pemilik warung makan, ibu-ibu PKK dan kader RT yang turut membantu program Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi dari awal hingga akhir juga merasakan kebahagian karena bisa sama-sama menbantu masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Tzu Chi Peduli Pahlawan Lingkungan

Tzu Chi Peduli Pahlawan Lingkungan

22 Desember 2021

Menyambut Natal dan tahun baru, Tzu Chi Pekanbaru membagikan paket sembako kepada 328 pemulung dan pekerja yang berada di Tempat Pembuangan Akhir Muara Fajar Pekanbaru pada Sabtu, 18 Desember 2021.

Tzu Chi Lampung Terus Gencar Berbagi Makanan

Tzu Chi Lampung Terus Gencar Berbagi Makanan

02 November 2021

Sabtu, 31 Oktober 2021 merupakan kegiatan Tzu Chi Peduli, Tzu Chi Berbagi (Gerakan Membantu Pedagang Kecil) yang ke-12 di Tzu Chi Lampung.

Dukungan Terus Mengalir untuk Pelaku UMKM

Dukungan Terus Mengalir untuk Pelaku UMKM

11 November 2021

Angka jumlah pasien Covid-19 saat ini sudah menurun jauh. Tetapi kondisi perekonomian masih belum kembali normal. Kondisi ini menjadi pertimbangan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk melanjutkan kegiatan Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi.

Orang yang berjiwa besar akan merasakan luasnya dunia dan ia dapat diterima oleh siapa saja!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -