Menjalin Jodoh Baik Melalui Sosialisasi Relawan Tzu Chi

Jurnalis : Surya Metal (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Syanny Wijaya (Tzu Chi Makassar)

Pembukaan sosialisasi relawan baru oleh Henny Laurence.

Tzu Chi Makassar mengadakan sosialisasi calon relawan, Sabtu 4 Juni 2022. Sosialisasi ini berlangsung sejak pukul 10.21 hingga 12.30 WITA. Satu demi satu calon relawan Tzu Chi memasuki ruangan sosialisasi. Sambil menunggu acara dimulai, calon relawan menikmati tayangan video tentang Tzu Chi. Henny Laurence, sebagai MC membuka acara dan memaparkan materi tentang logo Tzu Chi, visi dan misi Tzu Chi.

Henny menerangkan bahwa Tzu Chi bertujuan mengajak orang untuk peduli dan melakukan kebaikan. Tzu Chi juga merupakan wadah untuk pembinaan diri. Salah satu dari empat misi utama Tzu Chi adalah amal sosial. Di sini insan Tzu Chi menggalang dana untuk menggalang hati.

“Niat baik harus diwujudkan dengan berbuat baik pada sesama,” jelasnya.

Para calon relawan ini mendengarkan sharing dari relawan Tzu Chi, tentang awal bergabung dan pengalaman mereka selama menjadi relawan.

Pada kesempatan ini, Nuraisyah, relawan yang bergabung sejak 2011 menceritakan bahwa Tzu Chi merupakan wadah untuk berbagi cinta kasih. Awalnya Nuraisyah ragu untuk bergabung dengan Yayasan Buddha Tzu Chi karena takut diajarkan mengenai ajaran Buddha tetapi setelah mengikuti beberapa kegiatan, ternyata kekhawatirannya tersebut tak benar. Ia akhirnya tertarik menjadi relawan.

Para relawan juga memperkenalkan isyarat tangan lagu “Satu Keluarga”. Gerakan isyarat tangan bukan hanya sebagai sarana komunikasi, melainkan juga dikembangkan dan dikemas menjadi pertunjukan yang menarik serta menjadi budaya yang sering ditampilkan dalam acara-acara Tzu Chi. Dalam berbagai kegiatan, isyarat tangan sering kali menjadi aktivitas bersama yang dapat mempererat interaksi antara relawan dan masyarakat, luas. Melalui lagu dan isyarat tangan ini, suasana menjadi lebih hangat, dan semuanya bersatu menjadi satu keluarga dalam keluarga besar Tzu Chi.

Para relawan dan calon relawan bersama-sama memperagakan isyarat tangan Satu Keluarga.

Para calon relawan juga diajak mendengarkan video ceramah Master Cheng Yen mengenai Membina Kebajikan dan Kembali pada Hakikat Sejati. Acara kemduian ditutup dengan menyanyikan lagu Jalan Tzu Chi.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Memulai Jodoh Menjadi Satu Keluarga

Memulai Jodoh Menjadi Satu Keluarga

13 Agustus 2015 Pada Minggu, 26 Juli 2015, insan Tzu Chi Batam melakukan sosialisasi relawan baru di Kantor Tzu Chi Batam kepada 48 calon relawan baru.
Sosialisasi Relawan Tzu Chi di Selatpanjang

Sosialisasi Relawan Tzu Chi di Selatpanjang

19 April 2024

Tzu Chi Selatpanjang mengadakan sosialisasi tentang Tzu Chi, dengan mengusung tema Kita Satu KeluargaKegiatan ini dihadiri oleh 27 orang peserta dan relawan Tzu Chi Selatpanjang. 

Semangat Tunas Baru Bodhisatwa Dunia

Semangat Tunas Baru Bodhisatwa Dunia

24 Februari 2023

Hujan rintik mengiringi langkah para relawan Tzu Chi yang hendak menggelar sosialisasi tentang Tzu Chi. Sosialisasi yang digelar di Kantor He Qi Tangerang ini diikuti oleh calon relawan baru di wilayah Xie Li Cipondoh, Cibodas, Lippo Karawaci serta Serang.

Bekerja untuk hidup sangatlah menderita; hidup untuk bekerja amatlah menyenangkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -