Menjalin Jodoh Lewat Pelatihan Relawan Abu Putih Ke-2 di Aceh

Jurnalis : Ronaldo (Tzu Chi Aceh), Fotografer : Ronaldo,Kevin Leonardy,Ilham,Milda (Tzu Chi Aceh)

Peserta mendaftarkan diri dalam Pelatihan Relawan Abu Putih Ke-2 Tzu Chi Aceh yang berlangsung di beberapa lokasi secara serentak.

Aceh merupakan provinsi yang terletak di ujung barat Indonesia. Provinsi ini terkenal akan pemandangan alam yang masih asri juga sumber daya alam yang melimpah pada berbagai sektor. Pada Tahun 2004 terjadi bencana alam yang sangat dahsyat menimpa provinsi Aceh. Gempa bumi dan tsunami menyapu bersih semua yang ada. Pada saat itu, insan Tzu Chi bermunculan untuk memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak bencana hingga membuat hunian tetap bagi para korban yang kehilangan tempat tinggal.

Dari jalinan jodoh tersebut, juga mulai terbentuk relawan Tzu Chi Aceh yang terus melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dan pelatihan relawan hingga saat ini. Pada Minggu, 30 Juni 2024 relawan Tzu Chi Aceh kembali melaksanakan kegiatan Pelatihan Relawan Abu Putih Ke-2 serentak di beberapa lokasi di Provinsi Aceh seperti Banda Aceh, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Tamiang, dan Aceh Barat (Meulaboh). Sejak pagi, para peserta dengan total 120 orang berkumpul di lokasi masing-masing.

Sebelum kegiatan, para peserta Pelatihan Relawan Abu Putih Ke-2 Tzu Chi Aceh dibagi kelompok dan berbaris untuk memasuki ruangan kelas.

Peserta Pelatihan Relawan Abu Putih Ke-2 Tzu Chi Aceh membaca 10 Sila Tzu Chi sebelum memulai materi.

Acara pelatihan ini di mulai dengan memberi penghormatan kepada Master Cheng Yen dan menyanyikan Mars Tzu Chi. Suara dari para relawan pun memenuhi tempat diadakannya pelatihan. Selanjutnya ada penyampaian materi dari berbagai narasumber di antaranya mengenai filosofi relawan Zhen Shan Mei yang bertujuan mendidik para relawan untuk memiliki semangat yang Benar, Bajik dan Indah. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan materi tata krama di Tzu Chi  yang menghimbau peserta agar memakai seragam relawan Tzu Chi dan menjaga kehormatan diri sendiri dengan penampilan yang rapi. Acara di lanjutkan dengan mendengarkan Ceramah Master Cheng Yen, para peserta juga menyimak dengan seksama pesan yang disampaikan oleh Master Cheng Yen.

Selanjutnya acara pelatihan ini di tutup dengan memberi penghormatan kepada Master Cheng Yen dan pembagian souvenir. “Acara ini berlangsung dengan baik, saya sangat terharu melihat terselenggaranya acara ini di beberapa kabupaten dan kota tanpa hambatan. Harapan saya semoga barisan Tzu Chi semakin panjang sehingga mampu untuk menjangkau masyarakat yang menderita di pelosok daerah dan kita bisa menjadi yang pertama untuk menolong mereka,” ungkap Toni selaku penanggung jawab kegiatan.

Para peserta berfoto bersama dan menyimak materi-materi dalam Pelatihan Relawan Abu Putih Ke-2 Tzu Chi Aceh yang dilakukan serentak di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Aceh.

Ronaldo salah satu relawan juga terharu melihat salah satu relawan Tzu Chi Aceh, Huicin Sukimin (Akien) yang ikut hadir meski sedang kurang sehat. Tekad dan semangatnya untuk ikut pelatihan ini karena sudah lama vakum dari kegiatan Tzu Chi. “Saya sangat terharu melihat Huicin Shijie sangat bersungguh hati untuk mengikuti Pelatihan Relawan Abu Putih Ke-2. Walaupun kondisi beliau tidak mendukung tetapi tetap berusaha hadir dalam kegiatan Tzu Chi,” kata Ronaldo.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Menyadari, Menghargai, dan Menciptakan Berkah

Menyadari, Menghargai, dan Menciptakan Berkah

10 Mei 2019

Minggu, 5 Mei 2019, di ruang Xi She Ting lantai 1 Tzu Chi Center, PIK berlangsung Pelatihan relawan Abu Putih ke-2 komunitas He Qi Utara 2. Pelatihan dihadiri sebanyak 178 peserta. Di sesi talkshow kali ini dikupas habis tema tentang Misi Amal.

Menggugah Semangat Awal Bersumbangsih

Menggugah Semangat Awal Bersumbangsih

11 November 2022

Tzu Chi Biak mengadakan Training Relawan Abu Putih yang bertempat di Swisbell Hotel, Biak, Papua. Kegiatan yang diadakan pada Sabtu 5 November 2022 ini diikuti 31 peserta.

Tangan Menengadah Itu Kini Berbalik Arah

Tangan Menengadah Itu Kini Berbalik Arah

13 Oktober 2015 Berawal dari penerima bantuan Tzu Chi, Hong Ju Jen bersama kedua putrinya bertekad menapaki jalan Bodhisatwa dunia untuk membantu sesama. Semakin terkukuhkan kala ketiganya mengikuti Pelatihan dan Pelantikan Relawan Biru Putih 2015 yang digelar pada 9-11 Oktober 2015 di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.
Menyayangi diri sendiri adalah wujud balas budi pada orang tua, bersumbangsih adalah wujud dari rasa syukur.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -