Meringankan Duka Korban Kebakaran di Kampung Pulo

Jurnalis : Susilawati (He Qi Pusat), Fotografer : Susilawati, Ivan, Sempurnawati (He Qi Pusat)

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li PGC) memberikan paket bantuan kebakaran kepada warga korban kebakaran di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li PGC) memberikan perhatian kepada warga korban kebakaran di Kampung Pulo, RW 02 dan RW 03, Kampung Melayu, Jakarta Timur pada 28 Desember 2022. Dalam kegiatan ini relawan yang berjumlah 9 orang membagikan paket bantuan kebakaran dan terpal bagi warga yang berada di lokasi pengungsian sementara.

Musibah kebakaran yang terjadi pada Minggu, 25 Desember 2022 pada pukul 11.30 siang ini diduga akibat dari korsleting listrik di salah satu rumah warga. Lokasi kebakaran merupakan wilayah padat penduduk dan terletak di pinggir Sungai Ciliwung. Api yang lama-lama membesar kemudian langsung merembet dan menghanguskan rumah warga yang rata-rata semi permanen.

Didampingi Ketua-ketua RT yang wilayahnya terdampak kebakaran, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li PGC) melakukan survei dan merekap data warga yang rumahnya terkena musibah kebakaran.

Sehari pascakebakaran pada 26 Desember 2022, sebanyak 4 orang relawan Xie Li PGC dengan didampingi Ketua-ketua RT yang wilayahnya terdampak kebakaran melakukan survei dan merekap  data warga yang rumahnya terkena musibah kebakaran. Kemudian pada Rabu, 28 Desember 2022, sebanyak 59 paket bantuan kebakaran yang terdiri dari alat-alat mandi, baju layak pakai, boks untuk makan, selimut, dan air mineral dan 15 terpal plastik dibagikan kepada korban kebakaran di posko penampungan sementara.

Pemukiman warga di Kampung Pulo, RW 02 dan RW 03 yang terdampak musibah kebakaran.

“Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang selalu hadir di saat orang-orang sedang membutuhkan.Tetap semangat dan jaya selalu buat Buddha Tzu Chi,” kata Maulana selaku Ketua RT 12/RW 02. Setelah pembagian paket bantuan kebakaran berakhir, para relawan pulang dengan hati yang bersyukur karena telah bersumbangsih serta meringankan beban warga Kampung Pulo yang terdampak kebakaran.

Editor: Arimami Suryo A.
 

Artikel Terkait

Uluran Tangan kepada Para Penyintas Bencana Kebakaran di Kota Medan

Uluran Tangan kepada Para Penyintas Bencana Kebakaran di Kota Medan

09 Mei 2022

Tzu Chi Medan menyalurkan bantuan uang tunai kepada 36 Kepala Keluarga (KK) korban bencana Kebakaran di Jalan Wahidin Gang Lurah, Kotamadya Medan.

Memulihkan Semangat Warga Korban Kebakaran

Memulihkan Semangat Warga Korban Kebakaran

30 Desember 2017

Relawan Tzu Chi Bogor memberikan bantuan bagi korban kebakaran.. di Jl Kampung Gudang RT.05/01, Kelurahan Empang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat kemarin, Jumat, 29 Desember 2017.  Kebakaran terjadi pada Senin, 25 Desember 2017 lalu dan menghanguskan 33 rumah. Ada 63 Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban.

Meringankan Duka Korban Kebakaran di Kampung Pulo

Meringankan Duka Korban Kebakaran di Kampung Pulo

04 Januari 2023

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li PGC) memberikan perhatian kepada warga korban kebakaran di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Orang yang berjiwa besar akan merasakan luasnya dunia dan ia dapat diterima oleh siapa saja!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -