PAT 2022: Menjadi Murid yang Master Inginkan

Jurnalis : Jesy, Agus (Tzu Chi Batam), Fotografer : Supardi, Andy, Yao Cheng, Marina, Roberto (Tzu Chi Batam)

Relawan komite Tzu Chi menampilkan Persamuan Dharma Adaptasi Sutra berjudul Persamuhan Dharma di Puncak Burung Nasar Tidak Pernah Berakhir. Kegiatan Pemberkahan Akhir Tahun 2022 Tzu Chi Batam dihadiri 922 orang peserta.

Sejak Pandemi Covid 19 melanda Indonesia tahun 2020, khususnya Tzu Chi Batam acara pemberkahan akhir tahun hanya bisa dilakukan secara terbatas. Tahun ini di awal tahun 2023, relawan Tzu Chi sudah dapat mengajak para donatur, penerima bantuan khusus Tzu Chi (Gan En Hu) dan masyarakat umum untuk datang menghadiri acara pemberkahan akhir tahun 2022.

Acara pemberkahan akhir tahun ini diadakan pada Minggu, 8 Januari 2023. Pemberkahan Akhir Tahun merupakan acara syukuran dan ungkapan terima kasih kepada relawan, donatur, dan masyarakat umum yang telah mendukung kegiatan misi amal kemanusiaan Yayasan Tzu Chi di Batam.


Di awal tahun 2023, relawan Tzu Chi sudah dapat mengundang para donatur dan penerima bantuan khusus Tzu Chi untuk menghadiri acara tahunan ini. Relawan Tzu Chi Batam juga turut mengundang warga Pulau Lingka (sebuah pulau kecil di sisi barat Pulau Batam) untuk menghadiri acara pemberkahan akhir tahuan. Ada 57 orang warga  pulau Lingka yang diundang ke Batam untuk mengikuti acara Pemberkahan Akhir Tahun.

Pementasan Genderang dan Lonceng ‘Crayon Kehidupan’ yang dibawakan oleh murid-murid Tzu Shao (kelas budi pekerti) dan Tzu Ching (muda-mudi Tzu Chi).

Sejak tahun lalu 2022 Tzu Chi Batam memberikan bantuan subsidi untuk biaya transportasi kepada 17 murid sekolah agar mereka dapat melanjutkan pendidikan. Tinggal di pulau kecil memaksa anak-anak di harus naik kapal ke Pulau Kasu, pulau di mana anak Lingka bersekolah.

Beratnya biaya transportasi memutuskan impian anak-anak untuk terus menimba ilmu untuk masa depan mereka. Mendapat informasi dari kesulitan anak-anak bersekolah relawan Tzu Chi Batam sejak tahuun 2022 memberikan bantuan biaya transportasi untuk 17 orang murid sekolah agar dapat melanjutkan pendidikan di Pulau Kasu.

Lusi warga Pulau Lingka yang menghadiri acara pemberkahan akhir tahun ini mengaku mendapatkan wawasan dan banyak belajar ketika menghadiri dan berkunjung ke Gedung Aula Jing Si Tzu Chi Batam.

Warga Pulau Lingka yang menghadiri acara Pemberkahan Akhir Tahun sangat terkesima dalam mengikuti rangkaian acara khususnya saat menyaksikan tayangan video kilas balik kegiatan relawan Tzu Chi di Indonesia dan Internasional.

Lusi warga Pulau Lingka yang menghadiri acara pemberkahan akhir tahun ini mengaku mendapatkan wawasan dan banyak belajar ketika menghadiri dan berkunjung ke Gedung Aula Jing Si Tzu Chi Batam.

Panitia pemberkahan juga sudah menyiapkan wadah untuk warga, donatur, dan relawan Tzu Chi yang ingin menuangkan celengan bambu.

"Tadi menyaksikan tayangan  video kilas balik membuat saya merasa sedih, selama ini saya kurang bersyukur. Tayangan kilas balik tadi mengajarkan saya harus lebih banyak bersyukur dan harus saling membantu apalagi ketika kita masih sehat.  Tadi juga ada celengan bambu, kita juga dapat, itu berguna banget bagi orang banyak,” ungkap Lusi murid kelas 3 SMA yang bersekolah setiap hari menggunakan kapal ke Pulau Kasu.

Pelantikan Komite Pertama Di Aula Jing si Batam

Pemberkahan Akhir Tahun 2022 ini ada yang berbeda dengan pemberkahan akhir tahun sebelumnya. Pemberkahan Akhir Tahun 2022 ini untuk kali pertama diadakan pelantikan relawan Komite di Kota Batam.

Mengutip dalam ceramah Master Cheng Yen, “Benih yang kita tebar sendiri, hasilnya pasti akan kita tuai sendiri”. Kalimat kutipan ini yang mendeskripsikan mereka (pelantikan relawan Komite) sehingga relawan dapat memanen benih kebajikan yang telah mereka tabur selama ini.

Mery saat pelantikan komite yang berlangsng di Gedung Aula Jing Si Kota Batam. Kantor Perwakilan Batam melantik  17 orang relawan komite ada yang dari Kota Batam, Tanjung Pinang dan Selat Panjang. Pelantikan Komite Mery disaksikan oleh suami kedua orang anaknya.

Ada 17 orang relawan komite yang dilantik, mereka ada yang dari Kota Batam, Tanjung Pinang dan Selat Panjang. Pada masa Pandemi Covid-19 sejak 2020 memaksa pelantikan komite di Taiwan harus ditunda. Para relawan calon Komite yang seharusnya dilantik pada tahun 2020 dan 2021 mereka dilantik pada acara pemberkahan ini.

Mery salah satu relawan komite Selat Panjang yang baru dilantik mengungkapkan dirinya bertekad untuk bergabung dalam barisan Tzu Chi karena sering menyaksikan tayangan DAAI TV. Pada 2014 relawan Batam mengadakan baksos di Selat Panjang.

"Dahulu punya impian kalau Tzu Chi datang ke Selat Panjang, saya pasti ikut. Jadi, saat relawan Tzu Chi mengadakan baksos, saya sangat gembira rasanya, tanpa pikir apa-apa saya langsung ikut aja", ungkap Mery dengan wajah gembira.

Persiapan untuk calon relawan komite yang akan di lantik menjadi komite, relawan Batam mengadakan pelatihan untuk relawan yang akan di lantik menjadi relawan komite. Selama dua hari, 7 dan 8 Januari 2023, tim pelatihan mengadakan Pembekalan Komite kepada relawan Komite yang akan dilantik. Mulai dari tata krama Tzu Chi hingga pemahaman harapan Master Cheng Yen terhadap relawan Komite.

Panitia pelatihan mengadakan Pembekalan Komite kepada relawan Komite yang akan dilantik. Mulai dari tata krama Tzu Chi hingga pemahaman harapan Master Cheng Yen terhadap relawan Komite. Para relawan Komite yang akan dilantik mengikuti Kegiatan Pembekalan dan Sharing Pengalaman.

Para relawan yang akan dilantik harus menginap di Aula Jing Si Batam untuk merasakan pelatihan seperti di Taiwan. "Kami sangat Gan En, sangat terharu. Shi Xiong Shi Jie membuat acara ini, mereka sangat bersungguh hati. Walaupun kami belum bisa pulang ke Hualien, Taiwan, tetapi mereka memberikan pengalaman yang takterlupakan", tutur Mery.

"Mungkin dahulu tidak berpikir seperti itu, tetapi mulai semalam ada berpikir, saya mau jia you, saya mau membantu Master Cheng Yen, mau membantu orang yang menderita. Sebenarnya Master Cheng Yen mau kita melatih diri kita sendiri", ujar Mery mengungkapkan kegiatan pembekalansebelum acara pelantikan komite.

Mery seharusnya sudah bisa dilantik tahun 2020 karena pandemi Covid-19 acara pelantikan tertunda hingga awal tahun 2023 ini. Namun, tidak ada kerisauan dalam diri Mery. "Sudah dilantik, sudah sangat senang, sangat sukacita. Mungkin jodohnya kita dilantik di Kota Batam, tidak ada penyesalan, yang penting Master Cheng Yen selalu ada di hati kita,"ujar Mery bangga.

Pemberkahan akhir tahun 2022 yang dihadiri oleh 922 orang ditutup dengan doa bersama dan pemberian  angpau Berkah Kebijaksanaan dari Master Cheng Yen untuk seluruh peserta undangan yang menghadiri acara pemberkahan akhir tahun 2022.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Menumbuhkan Semangat Baru

Menumbuhkan Semangat Baru

02 Februari 2024

Sepanjang tahun 2023 insan Tzu Chi Biak telah banyak melakukan kegiatan, mulai dari misi amal, misi kesehatan, misi pendidikan, misi budaya humanis dan misi pelestarian lingkungan. Kali ini, para relawan berkumpul dalam Pemberkahan Akhir Tahun 2023.

Pemberkahan Akhir Tahun 2023 di Medan: Inspirasi Datang dari Berbagai Kisah

Pemberkahan Akhir Tahun 2023 di Medan: Inspirasi Datang dari Berbagai Kisah

06 Februari 2024

Tzu Chi Medan mengadakan Pemberkahan Akhir Tahun 2023 dengan para donatur, simpatisan, masyarakat umum, dan relawan.

Sukacita dan Rasa Syukur dalam Kemeriahan PAT di Tzu Chi Palembang

Sukacita dan Rasa Syukur dalam Kemeriahan PAT di Tzu Chi Palembang

07 Februari 2024

Semarak relawan diiringi lagu selamat datang menyambut kedatangan 361 tamu undangan saat menghadiri Pemberkahan Akhir Tahun di Tzu Chi Palembang.

Kita sendiri harus bersumbangsih terlebih dahulu, baru dapat menggerakkan orang lain untuk berperan serta.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -