Peduli Warga Panunggangan Barat, Tzu Chi Salurkan 300 Paket Sembako

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya


Mayor Armed TNI Bambang, Danramil 06/Jatiuwung didampingi relawan Tzu Chi Tangerang memberikan langsung paket sembako kepada Rasian, Lansia disabilitas yang terdampak pandemi Covid-19.

Relawan Tzu Chi Tangerang bersama Kodim 0506/Tangerang dan Pemkot Tangerang membagikan 300 paket sembako untuk warga Kelurahan Panunggangan Barat yang terdampak dengan pandemi Covid-19. Paket sembako ini diberikan langsung oleh relawan Tzu Chi ke rumah-rumah warga di Kampung Panunggangan Barat dan Kampung Dahung, Kota Tangerang.

Tepatnya di RT 001/01, relawan Tzu Chi bersama TNI yang membagikan paket sembako bertemu seorang lansia tengah tertidur di rumahnya. Lansia tersebut kaki kanannya juga sudah diamputasi sebatas lutut. Nama dari lansia tersebut Rasian (82). Sudah dua tahun kaki kanan Rasian diamputasi karena penyakit diabetes. Kini Rasian dirawat oleh anak bungsunya Siti Ulfa (27) di rumahnya.

“Selamat pagi, pak. Apa kabar? Sehat yaaa, pak,” sapa Mayor Armed TNI Bambang Herianto, Danramil 06/Jatiuwung. “Alhamdulillah, baik. Ada apa ini rame bener?” tanya Rasian yang kebingungan melihat anggota TNI dan relawan Tzu Chi mendatangi rumahnya. Sambil dibantu anak laki-lakinya, Rasian kemudian diangkat dari kasur lalu ditempatkan di atas kursi roda.

“Ini ada paket sembako yang diberikan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk bapak,” jawab Mayor Bambang Herianto. “Alhamdulillah hirobbil alamin, saya banyak-banyak terima kasih kepada bapak yang bantu saya. Saya sudah gak bisa apa-apa, jajan dari anak, makan dari anak, segala-galanya dari anak. Mudah-mudahan ini menyambung nyawa saya,” ucap Rasian dengan suara terbata-bata.


Relawan Tzu Chi Tangerang dan TNI dari Koramil 06/Jatiuwung secara simbolis memberikan paket sembako kepada lima orang warga. Acara pemberian paket sembako berlangsung di sebuah taman yang letaknya samping sungai Cisadane.

Siti Ulfa, anak Rasian yang mengurusnya setiap juga mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19. Suaminya yang bekerja sebagai petugas kebersihan Gedung Lippo jam kerjanya pun sudah dikurangi. Dalam satu minggu suaminya hanya empat hari masuk kerja. Tentu saja pendapatannya juga berkurang.

“Sudah 4 bulan ini suami saya masuk kerja udah gak full, seminggu empat hari masuk kerja selebihnya libur,” ungkap Siti. Dengan adanya bantuan sembako dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ini Siti sangat bersyukur kebutuhan untuk makan sehari-hari keluarga dan bapaknya terbantu.

Siti sangat dekat dengan Rasian, mereka tinggal bersama dalam satu rumah. Siti dengan sepenuh hati mengurus Rasian 2 tahun setelah sang ibu wafat. Ia merawat Rasian setelah kaki kanannya diamputasi pada tahun 2018.


Edi Sheen, Koordinator Tzu Chi Tangerang, Agus Nurcahyo Lurah Panunggangan Barat Kota Tangerang, dan Mayor Armed TNI Bambang Herianto, Danramil 06/Jatiuwung berterima kasih kepada salah satu penerima bantuan karena sudah diberi kesempatan untuk berbagi.

Siti juga dibantu secara ekonomi oleh kakak-kakaknya jika biaya untuk sehari-hari tidak cukup. Selama ini Siti dan Rasian untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari mengandalkan penghasilan suami yang bekerja sebagai petugas kebersiahan di Gedung Lippo.

“Ini sudah tanggung jawab saya. Karena waktu kecil bapak ngurusin saya dengan kasih sayang. Saat ini saya gak bisa kasih apa-apa, cuma bisa ngurusin bapak,” tegas Siti sambil menangis.

Siti mengaku sejak kecil, hingga dewasa dan menikah selalu tinggal dengan Rasian. Kasih sayang Rasian sangat melekat di hati Siti hingga kini ia pun berbalik memberikan kasih sayangnya kepada sang ayah di hari tuanya.     

Sebelumnya, Mayor TNI Bambang Herianto bersama relawan Tzu Chi dan Perwakilan Pemkot Tangerang secara simbolis memberikan paket sembako kepada lima orang warga. Dalam sambutannya Mayor Bambang Herianto mengatakan warga Panunggangan Barat termasuk warga yang sangat terdampak akibat pandemi Covid-19.

 

Rasian di atas kursi roda bersama Siti Ulfa dan anak laki-lakinya sesaat sebelum menerima sembako dari Tzu Chi.

“Hampir 50% warga yang bekerja dan tempat kerjanya terdampak Covid-19. Ada yang dirumahkan, ada yang dikurangi jam kerjanya sehingga berpengaruh terhadap penghasilannya. Dengan adanya bantuan ini mudah-mudahan sedikit meringankan beban mereka,” ungkap Mayor Bambang Herianto.

Agus Nurcahyo, Lurah Panunggangan Barat, Kota Tangerang yang ikut langsung memberikan paket sembako mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Tzu Chi atas bantuan kepada warganya yang bekerja sebagai buruh pabrik, wiraswasta, pedagang-pedagang kecil.

“Memang pandemi Covid-19 ini sangat berdampak luar biasa khususnya warga Panunggangan Barat yang mengalami kesulitan secara finansial, ekonomi, maupun usahanya. Dengan bantuan rekan-rekan relawan Tzu Chi Indonesia ini sangat bermanfaat dan membantu warga kami. Dan kita juga terus berdoa agar pandemi segera berakhir,” kata Agus Nurcahyo.


Sejak pagi relawan Tzu Chi Tangerang berkoordinasi dengan Kelurahan Panunggangan Barat Kota Tangerang dan Koramil 06/Jatiuwung untuk membagikan 300 paket sembako kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19 di Kelurahan Panunggangan Barat Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Banten.  

Edi Sheen, Koordinator relawan Tzu Chi Tangerang berharap dengan bantuan sembako ini minimal bisa mengurangi penderitaan masyarakat yang terdampak Covid-19. “Minimal bisa mengurangi penderitaan. Walaupun sedikit kita harus menyalurkan cinta kasih di hati para penerima bantuan,” jelas Edi yang hadir bersama 8 relawan Tzu Chi Tangerang lainnya.

Agar tidak terjadi kerumunan, relawan yang hadir juga diminimalisir. Protokol kesehatan terkait Covid-19 juga menjadi prioritas dalam penyaluran 300 paket sembako kepada warga Panunggangan Barat, Kota Tangerang. Tiap paket sembako yang diberikan kepada warga berisi beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kg, dan mi instan 10 bungkus.

Acara pemberian paket sembako ini berlangsung di sebuah taman yang letaknya disamping sungai Cisadane pada Selasa, 1 Desember 2020. Paket sembako ini segera didistribusikan ke warga yang terdampak pandemi Covid-19. Setiap anggota TNI dari Koramil 06 Jatiuwung membawakan paket sembako masuk ke lorong-lorong perumahan padat di wilayah Kampung Panunggangan Barat, Kota Tangerang.

Editor: Arimami Suryo A.


Artikel Terkait

Peduli Warga Panunggangan Barat, Tzu Chi Salurkan 300 Paket Sembako

Peduli Warga Panunggangan Barat, Tzu Chi Salurkan 300 Paket Sembako

02 Desember 2020

Relawan Tzu Chi Tangerang bersama Kodim 0506/Tangerang dan Pemkot Tangerang memberikan 300 paket sembako kepada warga Kampung Panunggangan Barat dan Kampung Dahung, Kota Tangerang.

Polda Riau Salurkan 120 Ton Beras Dari Tzu Chi

Polda Riau Salurkan 120 Ton Beras Dari Tzu Chi

23 Desember 2020

Polda Riau melalui Polres yang tersebar di 12 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau masing-masing menyalurkan 10 ton beras bagi masyarakat Riau terdampak Covid-19. Bantuan ini termasuk dalam 5.000 ton beras yang dibagikan oleh Tzu Chi Indonesia bekerja sama berbagai instansi, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat.

Tzu Chi Salurkan Beras untuk Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Tzu Chi Salurkan Beras untuk Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

10 Desember 2020
Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia melalui Polres Metro Jakarta Utara memberikan 500 paket beras @5 Kg kepada warga Sunter Agung Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara.
Menghadapi kata-kata buruk yang ditujukan pada diri kita, juga merupakan pelatihan diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -