Pelestarian Lingkungan dan Bedah Buku Xie Li Selatan

Jurnalis : Ruth Falina (He Qi Pusat), Fotografer : Yuly, Liany (He Qi Pusat)

Sim Joeng Tjhen menerima barang-barang dari donatur berupa botol-botol plastik yang diantar langsung oleh donotur ke Sekolah Surya Dharma, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Relawan komunitas Xie Li Selatan mengadakan kegiatan pelestarian lingkungan dengan memilah barang-barang yang bisa di daur ulang dan bedah buku yang diadakan rutin pada Minggu ke-3 setiap bulannya. Kegiatan komunitas Xie Li Selatan ini berlangsung di Sekolah Surya Dharma, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada 18 Desember 2022.

Di awal kegiatan relawan diajak untuk memilah barang-barang daur ulang, barang-barang dipilah-pilah sesuai dengan jenisnya. Relawan dengan sabar dan semangat memilah dan memisahkan botol-botol plastik, kardus, karton, buku, dan barang lain yang dapat didaur ulang.

Barang-barang dari para donotur akan di pilah oleh relawan sesuai jenis dan warna. Pemilahan barang-barang daur ulang kali ini Xie Li Selatan mendapatkan banyak ladang berkah.

Etty, salah satu relawan yang ikut berpartisipasi menyempatkan waktu untuk melakukan memilah barang-barang sebelum melakukan kegiatan pelayanan di gerejanya. Etty dengan semangat memisahkan tutup botol dan label botol.

Barang-barang ini berasal dari para donatur, yang diantarkan langsung oleh donatur atau yang dijemput oleh Sim Joeng Tjhen relawan Xie Li Selatan. Etty, salah satu relawan yang ikut berpartisipasi menyempatkan waktu untuk melakukan memilah barang-barang sebelum melakukan kegiatan pelayanan di gerejanya.

“Saya tertarik bergabung menjadi relawan Tzu Chi karena kerapihan dan keramahan para relawan ketika pertama kali diajak baksos dan saya baru tahu kalau menjadi relawan itu ilmunya juga selalu bertambah setiap ada pertemuan,” ungkap Etty yang pada kegiatan Tzu Chi.

Para relawan relawan Xie Li Selatan berfoto bersama setelah melakukan kegiatan Pelestarian lingkungan.

Pemilahan barang-barang daur ulang kali ini Xie Li Selatan mendapatkan banyak ladang berkah. Banyaknya ladang berkah dapat diartikan sudah mulai banyak kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pelestarian lingkungan dengan cara memisahkan botol plastik (anorganik) dengan sampah umum (organik).

Relawan Tzu Chi mengajak masyarakat untuk menerapkan 3 R, yaitu Reduce (Mengurangi), Reuse (Menggunakan ulang), Recycle (Mendaur ulang) sampah. Menerapkan 3 R kita dapat mengurangi produksi plastik yang artinya mengurangi gas emisi karbon dan mengurangi pencemaran lingkungan. Adapun sampah organik yang juga bisa didaur ulang seperti kertas, buku, dan karton.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Belajar Memilah Sampah Daur Ulang

Belajar Memilah Sampah Daur Ulang

08 November 2016
Sebanyak 56 siswa siswi ditambah 6 guru Sekolah Pelita Harapan ikut dalam kegiatan pengenalan pelestarian lingkungan di Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Tangerang.
Kenali dan Waspadai Gejala Stroke

Kenali dan Waspadai Gejala Stroke

08 November 2022

Kegiatan pelestarian lingkungan yang biasa diadakan oleh relawan komunitas Hu Ai Pluit 1 di Kantor Sekretariat RW 016 Pantai Mutiara, menghadirkan dr. Melya Arianti, Sp.S -dokter spesialis saraf Tzu Chi Hospital- untuk memberikan pengetahuan mengenai penyakit stroke yang mulai menyerang kelompok usia muda.

Menerapkan Program Pelestarian Lingkungan di Sekolah

Menerapkan Program Pelestarian Lingkungan di Sekolah

21 Februari 2019
Setelah dua kali berkunjung ke Depo pelestarian lingkungan Mandala, Sekolah Batari akhirnya memutuskan untuk menerapkan program pelestarian lingkungan dengan menyediakan titik kumpul daur ulang di lingkungan sekolah.
Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -