Pembagian Beras di TPA Muara Fajar Pekanbaru

Jurnalis : Kho Ki Ho (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Kho Ki Ho (Tzu Chi Pekanbaru)

Para penerima bantuan beras berbaris rapih dengan menjaga jarak dan memakai masker ketika akan mengambil beras dengan menukarkan kupon beras yang sudah dibagikan sebelumnya. Relawan Tzu Chi Pekanbaru menyerahkan bantuan 218 paket beras (10 kg beras) untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kota Pekanbaru.


Tzu Chi Pekanbaru pada Kamis 16 September 2021 membagikan 218 karung beras kepada para pemulung dan pekerja TPA Muara Fajar. Relawan Tzu Chi berharap dengan dibagikannya beras ini bisa sedikit meringankan beban ekonomi keluarga para pekerja TPA dan pemulung yang sangat terdampak akibat pandemi Covid 19.

Pembagian beras ini disambut baik dengan sukacita para pemulung dan pekerja. Relawan dalam pembagian beras ini menjalankan protocol kesehatan agar pembagian beras ini tidak terjadi kerumunan dan berdesak-desakan.

Relawan Tzu Chi mensosialisasikan misi-misi Tzu Chi dalam kegiatan kemanusiaannya. Pada kesempatan ini relawan juga memberi arahan dalam pembagian beras agar tidak terjadi kerumunan.

Para penerima beras langsung mininggalkan lokasi pembagian beras agar tidak terjadi kerumunan warga di lokasi pembagian beras.


Relawan mengatur para penerima beras dengan berbaris berjarak satu setengah meter dengan rapi dan maju satu persatu dengan menyerahkan kupon yang sudah dibagikan sebelumnya untuk ditukarkan dengan 10 Kg beras.

Nurinda Simamora (48) salah satu penerima beras mengatakan merasa senang dan bersyukur mendapatkan beras dari Yayasan Tzu Chi Pekanbaru. “Senang, mulai dari diberitahukan ada bantuan, merasa senang, ditunggu-tunggu, terima kasih buat Yayasan Buddha Tzu Chi, semoga cepat berlalu covid-19”.

Para penerima beras mengambil sendiri beras yang sudah disiapkan relawan di atas kursi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak langsung antara relawan dan warga yang menerima paket beras.

Nurinda Simamora (48) dengan sukacita membawa 10 Kg beras melewati TPA Muara Fajar.


Kegiatan pembagian bantuan beras ini sangat di apresiasi oleh Sing Sia, Penanggung Jawab Kegiatan ini. “Melihat banyak yang terbantu, kami merasa bahagia”, ujar Sing Sia. Bantuan beras ini sangat diharapkan bagi wargaTPA Muara Fajar dan para pemulung ditengah pandemi Covid-19 yang kian hari semakin menyulitkan mereka terutama untuk kebutuhan pangan.

Pembagian beras ditengah PPKM Darurat ini diharapkan bisa sedikit meringankan beban masayarkat di masa pandemi Covid-19 khususnya di Kota Pekanbaru. Walaupun beras ini akan habis pada waktunya namun cinta kasih yang disebarkan oleh relawan Tzu Chi Pekanbaru akan terus tumbuh dan menjadi benih kebajikan antar manusia.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Beras Pengikat Tali Cinta Kasih

Beras Pengikat Tali Cinta Kasih

06 Februari 2017

Tzu Chi kembali membagikan Paket Cinta Kasih yang menjadi rangkaian perayaan Imlek sebagai wujud berbagi kasih dan kepedulian kepada warga di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng. Sebanyak 654 warga menerima paket cinta kasih ini pada Sabtu, 4 Februari 2017. 

Wihara Gendong dari Celengan Beras

Wihara Gendong dari Celengan Beras

12 Juni 2009 Puluhan warga baik tua dan muda telah ramai memadati Wihara Giri Santi Loka yang berada persis di atas Gunung Celering. Karena letaknya di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut membuat wihara ini menjadi wihara tertinggi di wilayah Jepara.
Bantuan Sosial Peduli Covid-19 di Kelurahan Ancol dan Kelurahan Pademangan Barat

Bantuan Sosial Peduli Covid-19 di Kelurahan Ancol dan Kelurahan Pademangan Barat

17 Mei 2021

Tzu Chi bersama Polsek Pademangan dan Artha Graha Peduli menyalurkan paket beras dan masker medis untuk warga Kp. Dao Kel. Ancol dan warga Pademangan Barat.

Cara untuk mengarahkan orang lain bukanlah dengan memberi perintah, namun bimbinglah dengan memberi teladan melalui perbuatan nyata.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -