Pembagian Kupon Paket Idul Fitri di Kelurahan Mangga Dua Selatan

Jurnalis : Rosy Velly Salim (He Qi Pusat), Fotografer : Rosy Velly Salim, Foeng Jie Tju (He Qi Pusat)

Sebanyak 39 relawan bersama 9 kader PKK, 9 petugas PPSU sedang mengikuti pengarahan oleh PIC pembagian kupon Lani Muliana dan Tirta Budi Kusuma.

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Hu Ai Jakarta Pusat) menelusuri perkampungan warga di Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat dalam rangka pembagian 1.250 kupon paket Idul Fitri 2023. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 1 April 2023 ini diikuti 39 relawan yang dibantu 9 kader PKK dan 9 petugas PPSU Kelurahan Mangga Dua Selatan.

Sejak pagi, para peserta pembagian kupon ini telah berkumpul di Depo Pangeran Jayakarta untuk mengikuti pengarahan dari koordinator kegiatan Lani Muliana dan Tirta Budi Kusuma (relawan Tzu Chi). Kemudian dilanjutkan mendengarkan kata sambutan dari Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kelurahan Mangga Dua Selatan, Sadi yang juga ikut hadir.

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kelurahan Mangga Dua Selatan, Sadi sedang memberikan kata sambutan kepada peserta pembagian kupon.

Setelah briefing dan pembagian tugas, relawan kemudian dibagi menjadi 13 kelompok. Masing-masing kelompok relawan telah dilengkapi data warga prasejahtera dari kelurahan yang akan disurvei dan dibagikan kupon. Para relawan kemudian mulai menyusuri jalanan dengan berjalan kaki menuju rumah-rumah warga yang berada di RW. 001 sampai RW. 012.

Kelompok 3, yang terdiri dari Rosy Velly S, Sugikhs Siuling, Odelia (relawan Tzu Chi), Witri (kader PKK), dan Nugroho Widi S (PPSU) mendapatkan pembagian kupon untuk warga Kelurahan Mangga Besar di RW. 003 dengan cakupan RT. 001 sampai RT. 011. Tujuan kegiatan ini juga untuk menjalin jodoh baik dengan warga, memberikan perhatian dan kebahagiaan dengan pembagian kupon paket Idul Fitri 2023 untuk warga prasejahtera.

Selain berjalan kaki, relawan juga menggunakan sepeda motor untuk menuju ke lokasi rumah- rumah warga dari Depo Pangeran Jayakarta.

Kunjungan pertama relawan menuju rumah Suparmo (Ketua RT. 007/003). Ia tinggal bersama isteri, anak bungsunya, dan seorang cucu. Dalam rumah Suparmo dihuni oleh 4 orang. Saat relawan Tzu Chi memberikan kupon paket Idul Fitri, terlihat kebahagiaan dan rasa syukur di wajahnya. “Penghasilan saya tidak menentu, saya bekerja menerima perbaikan (service) barang. Terima kasih atas kupon sembakonya. Semoga semua sehat-sehat dan lancar. Sekali lagi terima kasih,”ujar Suparmo.

Langkah kaki para relawan terus berjalan dan tiba di rumah Didjah, warga RT. 008/003 yang terdaftar sebagai penerima kupon. Karena sedang tidak dirumah, kupon tersebut diserahkan kepada anaknya Maryati (36). “Saya mewakili ayah saya Wildan dan ibu saya Didjah mengucapkan terima kasih. Kami disini tinggal 2 keluarga (6 orang). Hanya saya yang menjadi tulang punggung untuk menafkahi 2 keluarga dengan berjualan karena suami belum bekerja. Kupon sembako ini setelah nanti diambil paketnya bisa buat lebaran,” ungkap Maryati dengan senyuman di wajahnya.

Suparmo (Ketua RT. 007/003) menerima kupon paket sembako Idul Fitri dari Tzu Chi yang diserahkan oleh relawan.

Walaupun ada relawan dan kader PKK, PPSU yang menjalankan ibadah puasa, tetapi mereka tetap bersemangat menuju rumah ke rumah warga. Selain membagikan kupon, para relawan juga menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika pengambilan paket sembako Idul Fitri 2023 pada Sabtu, 8 April 2023 nanti.

Rasa sukacita juga dirasakan Wasripa (66) warga RT. 010/003 yang tinggal bersama seorang cucunya. Untuk makan sehari-harinya Wasripa memasak mi untuk dirinya dan cucu. Keberadaan anak yang jauh dari rumah dan tidak mampu membantu menafkahinya membuat Wasripa memikirkan cara untuk dapat bertahan hidup. Maka setiap hari ia berkeliling menjadi pemulung botol-botol bekas untuk dijual kembali. “Bisa 2 minggu baru terkumpul botol-botolnya. Terima kasih telah diberikan kupon untuk sembakonya,” ujarnya sembari menahan air mata saat bertemu relawan.

Wasripa yang sehari-hari memulung barang-barang bekas tak luput dari perhatian Tzu Chi. Warga RW. 003/010 ini juga menerima kupon paket sembako Idul Fitri dari Tzu Chi.

Dede Yana (50), Ketua RW. 003 juga memberikan apresiasi kepada relawan Tzu Chi yang telah berkeliling untuk membagikan kupon paket sembako Idul Fitri dari Tzu Chi. “Saya mewakili RW. 003, mengucapkan banyak terima kasih atas pembagian kupon sembako dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Semoga bermanfaat buat warga kami,”kata Dede Yana. Pukul 12.30 kegiatan pembagian kupon ini berakhir. Berkat kerja sama dan bantuan dari kader PKK, Ketua RT, Kader Jumantik (RT. 008, 007, 006, 002) pembagian kupon berhasil selesai dibagikan dengan lancar dan tepat sasaran.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Pembagian Kupon Paket Lebaran di Kapuk Muara Jakarta

Pembagian Kupon Paket Lebaran di Kapuk Muara Jakarta

15 Juni 2017
Menyambut Lebaran, Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia kembali  membagikan kupon bingkisan kepada para lansia dan  anak  yatim yang  kurang  mampu, termasuk di wilayah  Kapuk Muara Jakarta. Bingkisan sendiri akan dibagikan pada Minggu, 18 Juni 2017.
Sosialisasi Pembagian Kupon Beras

Sosialisasi Pembagian Kupon Beras

29 Juli 2011
Suherman juga menjelaskan bahwa setelah hasil survei keluar, maka pembagian beras akan dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2011 pada hari Sabtu yang rencananya akan dilakukan di sekitar Ruko Taman Palem Lestari Jakarta Barat.
Mengintip Sisi Lain Wajah Tangerang di Desa Lemo

Mengintip Sisi Lain Wajah Tangerang di Desa Lemo

23 Maret 2017

Sabtu, 18 Maret 2016, Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat bersama relawan Tzu Chi Tangerang bergabung dalam kegiatan pembagian kupon beras di Desa Lemo dan Desa Muara, kecamatan Teluk Naga, Tangerang.

Benih yang kita tebar sendiri, hasilnya pasti akan kita tuai sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -