Pembagian Paket Kebakaran Sawah Lio

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat memberikan paket bantuan untuk para korban kebakaran di Sawah Lio.

Sebanyak 41 KK harus kehilangan tempat tinggalnya akibat kebakaran yang melanda daerah Sawah Lio, Minggu 27 Maret 2022 pukul 15.30 WIB. Merespon musibah tersebut, 30 Maret 2022, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat memberikan paket bantuan untuk para korban. Kegiatan pembagian bantuan diawali dengan pembagian kupon pada pagi harinya baru setelah semua kupon terbagi, relawan memulai menyerahkan bantuan kepada masing-masing warga.

Kondisi rumah-rumah warga yang telah habis akibat kebakaran.

Warga yang kehilangan tempat tinggal sementara mengungsi di masjid.

“Kejadiannya sangat cepat, Bu. Saat itu anginnya juga bertiup kencang. Para warga tidak sempat menyelamatkan harta benda ataupun surat berharga. Rumah saya juga habis terbakar. Di RT 02, ada 4 rumah yang terbakar, di RT 03 ada 12 rumah yang terbakar dan 5 rumah rusak. Sampai hari ini kami masih diberi tempat untuk tinggal di masjid dan untuk makan sehari-hari kami dibantu dari karang taruna. Sedih sekali rasanya melihat warga saya seperti ini, Bu,” ujar Eti, Ketua RT 03 sambil menahan air mata.

Seorang penerima bantuan, Nenek Popon (66) turut bersyukur dengan adanya paket yang dibagikan oleh relawan Tzu Chi. Paket kontainer berisikan: kotak nasi, selimut, sarung, handuk, baju layak pakai, peralatan mandi, air minum, sandal, dan ember tersebut dirasakan sangat bermanfaat.

Nenek Popon bersyukur telah menerima bantuan paket kebakaran yang bermanfaat untuknya.


“Sebenarnya pas kebakaran, Nenek lagi di jalan pulang. Baru masuk gang, orang pada teriak kebakaran. Anak Nenek coba masuk ambil surat-surat tapi nggak bisa, apinya udah besar,” cerita Nenek Popon. “Alhamdulillah ada yang kasih bantuan dan perhatian,” lanjutnya.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Bantuan Kebakaran: Bentuk Cinta Kasih dan Menjalin Tali Silahturahmi

Bantuan Kebakaran: Bentuk Cinta Kasih dan Menjalin Tali Silahturahmi

23 Maret 2016
Relawan Adi Wisastra selaku koordinator kegiatan ini mengungkapkan harapannya yaitu agar para warga yang tertimpa musibah dapat segera bangkit lagi semangatnya.
Meringankan Beban di Pinangsia

Meringankan Beban di Pinangsia

11 Januari 2017
Senin, 9 Januari 2017, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memberikan paket bantuan kebakaran kepada 182 kepala keluarga di RT 02/04 Kelurahan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat yang terkena dampak musibah kebakaran pada Kamis, 5 Januari 2017.
Perhatian untuk Korban Kebakaran di Deli Serdang

Perhatian untuk Korban Kebakaran di Deli Serdang

24 Juni 2022

Setelah melakukan survei dan mendata warga korban kebakaran, relawan Tzu Chi kemudian memberikan bantuan dalam bentuk pendampingan, santunan dana pemerhati, dan juga paket kebutuhan sehari-hari. 

Kerisauan dalam kehidupan manusia disebabkan dan bersumber pada tiga racun dunia, yaitu: keserakahan, kebencian, dan kegelapan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -