Penerima Bantuan Bahagia, Relawan pun Bersukacita

Jurnalis : Beti Nurbaeti (He Qi Tangerang), Fotografer : Beti Nurbaeti (He Qi Tangerang)
Lina Supriyati dan penerima bantuan lainnya mendapatkan bantuan rutin dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Mentari di Sabtu pagi, 4 maret 2023 masih enggan muncul, namun 11 relawan Tzu Chi Tangerang dengan penuh semangat menyusun bangku-bangku dan peralatan lainnya untuk menyambut para Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) untuk menerima bantuan biaya hidup bulanan di Kantor Tzu Chi Tangerang.

Walau cuaca terasa dingin karena gerimis, namun suasana penuh kehangatan ada di dalam ruang kegiatan. Dengan penuh sukacita para relawan menyambut para Gan En Hu dengan senyuman terindahnya, pun demikian halnya dengan tegur sapa ramah dari para Gan En Hu membuat suasana pagi itu ceria. Setelah duduk dengan tertib para para penerima bantuan Tzu Chi ini mengikuti kegiatan rutin sebulan sekali ini.

Sebelum acara dimulai para penerima bantuan Tzu Chi mendapatkan sosialisasi tentang bahaya merokok.

Lina Supriyati dan Abyan, salah satu penerima bantuan yang sangat bersyukur karena mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari para relawan

Suasana makin khidmat ketika para penerima bantuan Tzu Chi ini menyaksikan tayangan video tentang bahaya merokok dan lainnya, diselingi sharing dari para peserta tentang pengalaman mereka. Suasana menjadi semakin ramai oleh celotehan riang anak-anak yang datang bersama orang tua mereka. Salah satunya adalah Lina Supriyanti (34) yang datang bersama anaknya Abyan Nanda Ramadhan (6). Ibu berputra satu ini datang dari daerah Bitung yang berjarak 25 kilometer dari Kantor Tzu Chi Tangerang. Dengan penuh rasa syukur Lina mengungkapkan jika bantuan (dari Tzu Chi) ini sangat berguna untuk putranya. “Kami sangat terbantu dengan kondisi putra saya yang menderita down syndrome. Penghasilan suami sebagai seorang pengojek hanya cukup untuk (memenuhi) kehidupan kami. Alhamdulillah bantuan susu bubuk ini dapat meringankan kami, karena untuk sakitnya Abyan perlu susu yang khusus,” ungkap Lina.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Ariylisman (32) yang tinggal di daerah Gajah mada Tangerang, Banten. Ariylisman mendapat bantuan diapers (popok sekali pakai) untuk putrinya yang berusia 8 bulan. “Saya seorang pekerja pabrik yang sangat terbantu dengan bantuan ini. Anak kami sangat membutuhkan bantuan ini karena kebutuhan rumah tangga kami sangat tidak memadai, terima kasih Tzu Chi,” ungkap Arlysman haru.

Ariylisman, seorang pekerja pabrik yang merasa sanga terbantu dengan bantuan rutin dari Tzu Chi ini untuk anaknya.

Rita Malia, relawan Tzu Chi Tangerang yang juga koordinator kegiatan ini tengah memberikan informasi dan pengarahan kepada anak asuh dan penerima bantuan yang hadir.

Rita Malia (55) relawan Tzu Chi Tangerang yang pada kesempatan ini menjadi koordinator kegiatan pemberian bantuan bulanan ini mengatakan bahwa selain para penerima bantuan yang merasakan kebahagiaan, para relawan pun merasakan sukacita yang sama. “Kami selalu teringat perkataan Master Cheng Yen yang mengatakan jika kita mampu merasakan kebahagiaan orang lain seperti kebahagiaan sendiri itu adalah kehidupan yang penuh makna. Nah hal ini kami resapi dalam memberikan bantuan ini,” kata Rita, “Kami juga mendorong agar para penerima bantuan ini juga terinspirasi untuk turut melestarikan lingkungan, melalui daur ulang dan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya.”

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Gathering Gan En Hu : Perayaan Natal dan Toleransi Beragama

Gathering Gan En Hu : Perayaan Natal dan Toleransi Beragama

16 Desember 2016

Selain membagikan bantuan biaya hidup dan pendidikan kepada penerima bantuan, relawan juga merayakan Hari Natal dengan membagikan bingkisan Natal kepada umat Nasrani dalam kegiatan gathering Gan En Hu pada 11 Desember 2016.

Mewariskan Dharma melalui Penggalangan Hati dan Donasi

Mewariskan Dharma melalui Penggalangan Hati dan Donasi

19 Mei 2023

Komunitas He Qi Utara 2 pada 7 Mei 2023 mengadakan Gathering Gan En Hu yang dihadiri oleh 47 Gan En Hu yang berkumpul di Basement Tower 2 Gedung DaAi TV. 

Semua Bisa Menginspirasi dan Terinspirasi

Semua Bisa Menginspirasi dan Terinspirasi

06 Juli 2022

Para penerima bantuan (Gan En Hu) Tzu Chi selain rutin mendapatkan bantuan, mereka juga mendapatkan perhatian secara batin dari para relawan. Salah satunya melalui kegiatan Gathering Gan En Hu.

Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -