Penuangan Celengan Bambu Cinta Kasih untuk Pengungsi Ukraina

Jurnalis : Arimami Suryo A., Fotografer : Arimami Suryo A.

Sebagai wujud solidaritas dan kepedulian bagi Ukraina, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan DAAI TV melakukan Penuangan Celengan Bambu Cinta Kasih Tzu Chi untuk warga yang terdampak konflik di negara tersebut.

Konflik yang terjadi di Ukraina membawa dampak kemanusiaan bagi warga disana. Berdasarkan data dari OHCHR (per 23 Maret 2022), sebanyak lebih dari 2.571 warga sipil Ukraina telah menjadi korban perang dan sekitar 660.000 orang mengungsi. Merespon peristiwa tersebut, Tzu Chi Taiwan bersama pemerintah Taiwan juga telah ikut membantu dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi para pengungsi Ukraina.

Dengan semangat cinta kasih dalam kemanusiaan, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan DAAI TV juga ikut ambil bagian dengan melakukan Penuangan Celengan Bambu Cinta Kasih Tzu Chi pada Selasa, 10 Mei 2022 di Tzu Chi Center, PIK, Penjaringan, Jakarta Utara. Kegiatan ini sebagai wujud solidaritas dan kepedulian bagi warga Ukraina.

Sebelum penuangan celengan, masing-masing Kepala Departemen di setiap unit Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan DAAI TV melakukan doa bersama agar dunia bebas dari bencana. Kegiatan dilanjutkan dengan penuangan celengan secara bergantian dari masing-masing divisi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19.

Para karyawan Tzu Chi Indonesia dan DAAI TV melakukan pendataan dengan scan barcode celengan bambu sebelum dituangkan.

Sebelum penuangan celengan bambu cinta kasih bagi Ukraina, para Kepala Departemen di setiap unit Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan DAAI TV melakukan doa bersama agar dunia terbebas dari bencana.


Dalam kegiatan ini Helena Himawan, HR Director Tzu Chi Indonesia mengapresiasi kepedulian para karyawan Tzu Chi Indonesia dan DAAI TV untuk warga yang terdampak peperangan di Ukraina. “Semoga doa dan dana cinta kasih yang kita kumpulkan ini dapat mengurangi penderitaan saudara-saudara kita yang terkena dampak perang di Ukraina,” jelasnya.

Setelah menuangkan celengan, para staf dan karyawan Tzu Chi Indonesia dan DAAI TV dari berbagai divisi pun mendapatkan kartu Kata Perenungan Master Cheng Yen. Salah satu yang berpartisipasi adalah Aron Arnaldo, staf Sekretariat (Eksternal) Tzu Chi Indonesia.

Helena Himawan, HR Director Tzu Chi Indonesia saat melakukan penuangan celengan bambu bagi Ukraina.


Begitu mendapat informasi akan ada penuangan celengan bambu untuk Ukraina, Aron sangat bersemangat dan senang. Koin-koin yang ia kumpulkan sedikit demi sedikit pun kemudian dituangkan untuk membantu warga yang terdampak perang.

“Dengan adanya kegiatan penuangan celengan bambu ini, tentunya saya merasa sangat senang. Harapannya dengan dana yang kita kumpulkan ini bisa membantu kepada saudara kita di Ukraina yang sedang mengalami konflik peperangan,” jelas Aron.

Senada dengan Aron, Andi salah satu karyawan DAAI TV bagian IT Enginering juga tampak senang dengan penuangan celengan ini. Suasana di tempat penuangan celengan bambu sudah tampak sepi, kembali ramai dengan suara gemerincing koin-koin yang Andi tuangkan.

“Perasaan saya senang, dengan berdana bisa membantu yang membutuhkan terutama bagi saudara-saudara kita di Ukraina. Semoga bantuan ini bisa meringankan penderitaan mereka dan perangnya segera berakhir,” ungkap Andi.

Aron Arnaldo, Andi, dan Setyo Wibowo saat menuangkan isi dari celengan bambu untuk didonasikan bagi pengungsi Ukraina.


Setyo Wibowo, dari bagian Building Management Tzu Chi Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan penuangan celengan bambu untuk Ukraina menyambut positif dengan adanya celengan bambu bagi karyawan. Semenjak bekerja di Tzu Chi Indonesia, ia pun sudah beberapa kali ikut berdonasi lewat celengan bambu. “Itu bagus, terutama untuk tolong menolong. Walaupun dengan dana sedikit, tapi bisa bermanfaat,” kata Setyo di sela-sela kegiatan.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

SMAT di Toko Bali Jaya

SMAT di Toko Bali Jaya

05 Juni 2014 relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mensosialisasikan celengan bambu. Kegiatan Sosialisasi Misi Amal Tzu Chi (SMAT) kali ini di adakan di toko Bali Jaya, bangunan baru berdiri beberapa bulan lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh para karyawan maupun karyawati dan warga sekitar toko Bali Jaya. Walaupun dengan kondisi yang demikian, tak menyurutkan niat para relawan untuk terus berjuang dengan semangat mensosialisasikan celengan bambu kepada seluruh karyawan toko Bali Jaya.
SMAT: Biar Kecil tapi Bisa buat Bantu Orang

SMAT: Biar Kecil tapi Bisa buat Bantu Orang

23 September 2013 Pada tanggal 12 Juli 2013 lalu, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia berkunjung ke Denintel Kodam Jaya, Jalan Kramat 7, Jakarta Pusat guna mengajak me
Penuangan Celengan Bambu di Tzu Chi Palu

Penuangan Celengan Bambu di Tzu Chi Palu

07 Februari 2023

Pekan terakhir di bulan Januari 2023 menjadi penutup yang penuh berkah bagi relawan Tzu Chi Palu. Tepatnya pada 24-31 Januari 2023, relawan Tzu Chi Palu melaksanakan penuangan celengan bambu bagi kantor-kantor dan sekolah sekitar. 

Bertuturlah dengan kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik, lakukanlah perbuatan yang baik.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -