Perbuatan Baik yang Paling Mudah Dilakukan

Jurnalis : Darmawan (Tzu Chi Medan), Fotografer : Effendy Leman (Tzu Chi Medan)
 
foto

* Kegiatan donor darah mendapatkan animo sangat besar dari seluruh lapisan masyarakat.

Pada saat ini kebutuhan masyarakat di kota Medan akan darah cukup tinggi, setiap harinya rumah sakit membutuhkan 100 kantong darah dengan ukuran 300 cc, sedangkan pasokan darah yang mampu disediakan Palang Merah Indonesia Kota Medan hanya bersikar 10-25 persen saja.

Minggu 16 November 2008, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Perwakilan Medan bekerja sama dengan Deli Plaza dan Unit Transfusi Darah RS Haji Adam Malik kembali mengadakan kegiatan donor darah untuk kali ketiga dalam tahun 2008.

Kegiatan yang semula direncanakan dari jam 08.00 WIB - 12.00 WIB, karena mendapat animo sangat besar dari seluruh lapisan masyarakat Medan, diperpanjang sampai pukul 14.00 WIB. Dari 246 orang calon donor yang mendaftarkan diri, terkumpul 237 kantong darah yang akan dipergunakan untuk membantu anak-anak penderita thalasemia, leukemia, dan hemofilia, juga untuk membantu pasien-pasien kurang mampu yang menjalani cuci darah di RS Haji Adam Malik Medan.

foto  

Ket : - Darah yang kita donorkan sangat berarti bagi pasien yang membutuhkan tranfusi atau menderita sakit
           thalasemia, hemofilia, dan leukemia

Salah satu pendonor, Handi (29 tahun) mengatakan sudah mengenal Tzu Chi sejak bekerja sebagai sukarelawan Palang Merah Turki di Aceh pasca bencana tsunami dulu, “Saya tahu ada kegiatan donor darah ini dari spanduk yang terpasang di gerbang Deli Plaza,” tambahnya.

Donor darah merupakan perbuatan baik yang paling mudah untuk dilakukan, sekantung darah dapat membantu orang lain melewati masa kritis yang membahayakan jiwa, lagipula donor darah juga membawa kebaikan bagi kesehatan tubuh sendiri. Dalam tubuh orang dewasa yang sehat, setiap hari akan diproduksi 50 – 70 cc darah baru. Di saat bersamaan sejumlah sama dari darah lama akan menghilang di dalam tubuh. Kalau darah didonorkan, organ produksi darah dalam tubuh akan mempercepat proses pembentukan darah baru. Sebanyak 250 cc darah yang didonorkan akan dapat diproduksi kembali seluruhnya dalam jangka waktu dua hari saja, bukan saja tidak akan ada gejala kekurangan darah, malah dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat proses metabolisme yang menguntungkan kesehatan tubuh.

 

Artikel Terkait

Menjadi Bagian dari Humanisme Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi

Menjadi Bagian dari Humanisme Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi

10 Desember 2019

Sebanyak 55 karyawan dan calon karyawan Rumah Sakit Cinta Kasih (RSCK) Tzu Chi mengikuti Tzu Chi Camp di Tzu Chi Center, PIK. Kegiatan ini bertujuan agar peserta camp bisa mengenal Tzu Chi sekaligus visi misinya sehingga bisa diterapkan di lingkungan rumah sakit, sekaligus dalam setiap pelayanan terhadap pasien.

Buku Baru untuk Murid Budhidaya

Buku Baru untuk Murid Budhidaya

27 November 2017

PT. Jing Si bersama relawan Tzu Chi mendonasikan dua paket buku yang berisi Jing Si Aphorism anak dan buku-buku komik di Perguruan Budhidaya, Jakarta Utara pada Jumat, 24 November 2017.

Memperkokoh Tekad Awal

Memperkokoh Tekad Awal

03 Desember 2014

Minggu pagi 30 November 2014, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengawali kegiatan Gong Xiu (kebaktian) yang secara rutin dilaksanakan sebulan sekali. Kali ini kegiatan Gong Xiu dikemas berbeda dengan bulan yang lalu agar relawan tidak merasa bosan dan jenuh seperti kegiatan sebelumnya. 

Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -