Peresmian Ruang Paliatif Tzu Chi Hospital

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya, Dok. Tzu Chi Hospital
(Kiri ke kanan) Dr. Gunawan Susanto, Sp.BS, Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp.BS (K), DR. Dr. Maria Astheria Nunik Listyani,  M.Pall.C, Rebecca Halim, Sugianto Kusuma, Liu Su Mei, dan dr. Sunarto. M.Kes, menggunting pita di poliklinik paliatif di lantai 5 yang dikhususkan bagi pasien paliatif yang menjalani rawat jalan.


Tzu Chi Hospital terus mengembangkan layanan kesehatan untuk masyarakat secara profesional dengan membuka Layanan Perawatan Paliatif. Perawatan Paliatif ini terdiri dari Rawat Jalan, Rawat Inap, dan Kunjungan Rumah (homecare Visit). Layanan ini memberikan dukungan dan pendampingan kepada pasien beserta keluarga secara holistik dan terpadu, dengan tujuan agar pasien dan keluarganya mendapatkan kualitas hidup yang prima dan kenyamanan hidup yang optimal.

Dr. Gunawan Susanto Sp.BS, Direktur Utama Tzu Chi Hospital dalam sambutannya mengatakan bahwa layanan paliatif ini merupakan salah satu layanan unggulan di Tzu Chi Hospital.

Dr. Sunarto. M.Kes, Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI berterima kasih kepada Tzu Chi Hospital yang sudah menyediakan klaster perawatan paliatif.  Pihak Kemenkes RI juga berharap semakin banyak rumah sakit yang bisa menyediakan perawatan paliatif , termasuk pelayanan di rumah (home care) seperti yang telah dilakukan Tzu Chi Hospital.    

Pembukaan layanan paliatif ini dilakukan pada Sabtu, 15 Oktober 2022, di Lt. 12, Tzu Chi Hospital, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei dan Sugianto Kusuma, Direktur Senior Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp.BS, Direktur Utama Tzu Chi Hospital dr. Gunawan Susanto, Sp.BS,  dan jajaran manajemen Tzu Chi Hospital lainnya. Hadir pula  Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI dr. Sunarto. M.Kes, perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Yayasan Kanker Indonesia (YKI), dan yayasan lainnya.

Ketua Yayasan Buddha TzuChi Indonesia Liu Su Mei menerima secara simbolis kunci mobil layanan home care layanan paliatif Tzu Chi Hospital dari dr. Yasavati, relawan pemerhati Tzu Chi Hospital. (Dari Kiri)  Direktur Senior Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp.BS, Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Sugianto Kusuma, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei, Direktur Utama Tzu Chi Hospital dr. Gunawan Susanto Sp.BS, relawan pendamping Tzu Chi Hospital, dan Kepala Pelayanan Paliatif Tzu Chi Hospital DR. Dr. Maria Astheria Nunik Listyani.

Dokter Gunawan Susanto, Sp.BS, Direktur Utama Tzu Chi Hospital memotong tumpeng untuk diberikan kepada DR. Dr. Maria Astheria Nunik Listyani , M.Pall.C sebagai ucapan selamat atas dibukanya Poliklinik Layanan Paliatif di lantai 5 Tzu Chi Hospital.

DR. Dr. Maria Astheria Nunik Listyani , M.Pall.C, Kepala Pelayanan Paliatif Tzu Chi Hospital menjelaskan bahwa perawatan paliatif adalah perawatan pada pasien dan keluarganya yang memiliki penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan cara memaksimalkan kualitas hidup pasien serta mengurangi gejala yang mengganggu, selain itu juga melalui pengurangan nyeri, dengan memperhatikan aspek psikologis dan spiritual pasien maupun keluarga. Termasuk dukungan bagi keluarga pasien pada masa kedukaan. “Pelayanan ini bertujuan agar penderitaan pasien bisa dikurangi, dan juga keluarga menjadi sangat terbantu,” ujar dr. Maria.

Salah satu ruang rawat inap layanan paliatif Tzu Chi Hospital. Total ada 16 tempat tidur yang tersedia untuk pasien rawat inap.

Para tamu undangan berkeliling melihat kamar-kamar perawatan paliatif yang berada di lantai 12 Tzu Chi Hospital.

Ruang perawatan paliatif Tzu Chi Hospital memiliki 16 tempat tidur untuk pasien rawat inap, 2 klinik, 1 ruang terapi, dan 1 ruang konseling keluarga. Selain itu, ruang perawatan paliatif ini juga dilengkapi dengan ruang konsultasi keluarga, ruang tindakan, ruang tunggu keluarga, ruang aktivitas dan diskusi (pasien dan keluarga), ruang doa dan meditasi, dan konsultasi online 24 jam sehari, serta ditunjang dengan layanan medis seperti radiologi, farmasi, dan laboratorium.

Keberadaan taman di area ruang perawatan paliatif Tzu Chi Hospital juga dapat mempengaruhi efek psikologis dan medis para pasien menjadi lebih baik. Keberadaan sinar matahari dan penghijauan meningkatkan hormon senang dan bahagia di dalam tubuh sehingga mengurangi efek sakit dan depresi karena penyakit yang dideritanya.

Para tim medis mulai dari dokter dan perawat serta relawan Tzu Chi siap melayani pasien paliatif dan keluarganya dengan pendekatan multidisiplin yang terintegrasi antara dokter, perawat, fisioterapis, psikolog, ahli gizi, rohaniawan, relawan Tzu Chi, serta profesi lain yang diperlukan.

Dr. Gunawan Susanto, Sp.BS, Direktur Utama Tzu Chi Hospital dalam sambutannya mengatakan layanan paliatif ini merupakan layanan unggulan di Tzu Chi Hospital. “Mengingat banyaknya penyakit-penyakit kronis yang tidak dapat diterapi lagi sehingga kita berikan pendampingan psikologi dan spiritualnya,” ujar dr. Gunawan.

Di penghujung acara peresmian pelayanan paliatif relawan Tzu Chi bersama perawat Tzu Chi Hospital memperagakan bahasa isyarat tangan dengan anggun dan indah. Para tamu undangan juga diajak untuk memperagakan bahasa isyarat tangan bersama-sama.

Senada dengan Dr. Gunawan, Dr. Sunarto. M.Kes, mewakili Kemenkes RI berterima kasih dan mengapresiasi kepada Tzu Chi Hospital dan Tzu Chi yang sudah menyediakan fasilitas perawatan paliatif. “Kasus-kasus seperti kanker, stroke kini semakin tinggi, bukan hanya menyerang pada usia tua , namun usia muda juga banyak yang terkena,” ujarnya. Dr. Sunarto berharap semakin banyak rumah sakit yang bisa menyediakan perawatan paliatif,  termasuk pelayanan di rumah (home care).

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Syifa, Pasien Talasemia Akhirnya Melakukan Transplantasi Sel Punca di Tzu Chi Hospital

Syifa, Pasien Talasemia Akhirnya Melakukan Transplantasi Sel Punca di Tzu Chi Hospital

23 November 2023

Assyifa Salsabila Balqis (11), pasien Talasemia Beta Mayor kini sudah menerima sel punca darah dari adiknya, Sultan Muhammad Alfatih (6). Setelah melalui proses yang tidak sederhana, transplantasi sel punca darah ini akhirnya berlangsung pada 20 dan 21 November 2023.

Prabowo Subianto: Tzu Chi Hospital Inovatif dan Teknologinya Kaliber Dunia

Prabowo Subianto: Tzu Chi Hospital Inovatif dan Teknologinya Kaliber Dunia

01 Maret 2023

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto beserta rombongan mengunjungi Tzu Chi Hospital di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kunjungan ini dalam rangka menjalin hubungan dalam bidang pelayanan masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

Bersinergi Bersama, Mewujudkan Impian yang Mulia

Bersinergi Bersama, Mewujudkan Impian yang Mulia

30 Agustus 2019

Rabu, 28 Agustus 2019, 17 murid dengan didampingi guru beserta Direktur Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi dan relawan pendamping mengunjungi Tzu Chi Center untuk menyerahkan hasil donasi dari para murid dan guru untuk pembangunan Tzu Chi Hospital.

Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -