Perhatian Tulus Dalam Nasi Bungkus

Jurnalis : Bambang M (Tzu Chi Singkawang), Fotografer : Veronica (Tzu Chi Singkawang)

Para relawan dan sukarelawan mengantar paket makanan siap santap kepada para korban banjir.

Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Bumi Khatulistiwa dalam beberapa hari ini. Akibatnya banjir menggenang di beberapa titik. Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Singkawang bersama TIMA Singkawang yang baru pulang dari Pelayanan Kesehatan di Dusun Kayu Ara Desa Caokng Kecamatan Mempawah Hulu Kabupaten Landak pada Minggu (5/3), begitu tiba di Kota Singkawang mendapati rumah dan lingkungan sekitarnya tergenang banjir.

Senin (6/3) Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Singkawang menggelar rapat bersama tim He Xin dari Jakarta yaitu Like dan Livia. Tim  lalu membuat persiapan untuk memberi bantuan bagi korban bencana banjir di Kota Singkawang.

Relawan dengan tulus dan sepenuh hati menyiapkan hidangan siap saji.

Tjhai Chui Mie, mantan Wali Kota Singkawang juga turut dalam penyaluran bantuan ini.

Disepakati pada Selasa (7/3), Tzu Chi Singkawang bakal memberi bantuan  berupa nasi bungkus menu vegetarian + air mineral + biskuit yang diantar langsung ke rumah-rumah yang masih tergenang banjir cukup dalam. Kemudian bagi yang berada di posko pengungsian diberi paket perlengkapan mandi yang terdiri deri ember, handuk, sabun, sikat dan pasta gigi.

Hingga larut malam, pada Senin itu relawan melakukan persiapan mengemas paket bantuan, serta belanja sayur mayur dan telur untuk dimasak esok hari. Sementara melalui komunikasi Whatsapp, digalang relawan dan donatur yang bersedia bersumbangsih nasi siap saji yang pada Selasa pagi diantar ke Posko Bencana Banjir di halaman Kantor Tzu Chi Singkawang.

Relawan menyalurkan bantuan nasi, air minel dan biskuit kepada warga terdampak banjir.

Bantuan paket perlengkapan mandi juga diberikan kepada warga yang berada di tempat mengungsi.

Pada Selasa pagi, sudah mulai berdatangan nasi hangat yang diantar oleh relawan dan donatur. Sementara relawan yang lainnya bersiap memasak sayur dan membuat lauk telur. Setelah sayur dan lauk selesai dimasak, langsung dibungkus bersama nasi yang dikemas bersama air mineral dan biskuit.

Pukul sebelas paket siap santap diantar oleh relawan Tim Pengantar yang dikoordinir oleh Ha Tjit Chiong ke beberapa lokasi banjir di wilayah Kelurahan Sekip Lama, Jalan Pasar Turi, Jalan Kalimantan Gang P4. Sedangkan paket perlengkapan mandi diantar ke para pengungsi yang berada di Kelurahan Condong dan di Ruang Serbaguna BLKI.

Ha Jit Chiong, Wakil Ketua Tzu Chi  Singkawang memberikan bantuan Tzu Chi langsung kepada warga korban banjir.

"Ada seribu lebih nasi bungkus beserta air mineral dan biskuit yang dibagikan. Serta 150 paket perlengkapan mandi. Itulah bentuk perhatian yang tulus dari insan Tzu Chi Singkawang terhadap bencana banjir kali ini yang terbilang merata di banyak tempat di Kota Singkawang ini." Tutur Ha Jit Chiong.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bantuan Bagi Korban Banjir di Desa Tua Abang, Kalbar

Bantuan Bagi Korban Banjir di Desa Tua Abang, Kalbar

31 Januari 2024

Relawan Tzu Chi dari Xie Li Semitau, Kalbar memberikan bantuan sembako kepada 120 keluarga di Desa Tua Abang yang mengalami musibah banjir akibat meluapnya Sungai Kapuas.

Paket Bantuan Bagi Korban Banjir di Sidrap

Paket Bantuan Bagi Korban Banjir di Sidrap

15 Juli 2019

Untuk mengurangi beban korban banjir, Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar melakukan survei langsung sekaligus memberikan bantuan. paket bantuan banjir yang diberikan disalurkan pada dua desa, masing-masing Desa Turungan Teteaji, Kecamatan Tellulimpoe: 123 kepala keluarga dan Desa Wattae, Kecamatan Pancalautan: 217 kepala keluarga.

Menghantarkan Kehangatan untuk Korban Banjir di Tebing Tinggi

Menghantarkan Kehangatan untuk Korban Banjir di Tebing Tinggi

08 Desember 2020

Meluapnya Sungai Bahilang dan Sungai Padang menyebabkan bencana banjir di Tebing Tinggi. Masyarakat yang tinggal di bantaran sungai dan sekitarnya tidak sempat mengungsi karena cepatnya luapan air yang membanjiri tempat tinggal mereka. Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Tebing Tinggi segera membuat dapur umum di Kantor Penghubung Tzu Chi Tebing Tinggi untuk menyediakan nasi hangat vegetaris untuk para korban banjir.

Seulas senyuman mampu menenteramkan hati yang cemas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -