Perhatian untuk Warga Lanjut Usia di Cibuntu, Bandung

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Sebanyak 388 warga lanjut usia di Kelurahaan Cibuntu mengikuti Baksos Kesehatan Degeneratif Tzu Chi di Sekolah Citra Cemara, Bandung, Jawa Barat.

Tzu Chi Bandung mengadakan baksos kesehatan degeneratif di Sekolah Citra Cemara yang pertama  bagi warga Kelurahan Cibuntu, Kota Bandung pada 14 agustus 2022. Kegiatan ini adalah layanan pengobatan gratis untuk mendeteksi penyakit degeneratif seperti asam urat, gula darah, dan kolesterol yang umumnya menyerang di usia 45 tahun ke atas atau penyakit yang umum diderita masyarakat disebabkan penurunan fungsi organ tubuh karena usia serta dipicu oleh pola hidup.

Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh warga. Sebanyak 338 warga yang berusia lanjut mengikuti layanan kesehatan ini. Sebelumnya relawan Tzu Chi telah  membagikan kupon kepada warga di 10 RW di wilayah Kelurahan Cibuntu yang ingin melakukan pengecekan kondisi kesehatannya.

“Pemeriksaan (kesehatan) yang dilakukan hari ini adalah cek kadar gula darah (diabetes), kolesterol, asam urat dan tekanan darah. Warga memeriksakan kesehatan itu tidak hanya satu kali, tapi 3 kali. Bulan ini, bulan depan, dan bulan berikutnya. Diharapkan kondisi kesehatan mereka semua baik hasilnya. Kita juga merangkul mereka untuk menjadi relawan agar bisa bersama-sama turut berbuat kebajikan,” kata Eny, relawan Tzu Chi Bandung.

Baksos kesehatan degeneratif ini menyasar masyarakat yang berusia 45 tahun ke atas, yang biasanya mulai mengalami berbagai gejala penyakit degeneratif, seperti gula darah, kolesterol, dan asam urat.

Baksos kesehatan degeneratif ini akan dilakukan sebanyak tiga kali (setiap bulan sekali). Hal ini bertujuan untuk memantau kesehatan warga selama 3 bulan ke depan.

Dengan penuh perhatian para relawan melayani warga yang datang, mulai dari pendaftaran, pengecekan tensi dan kondisi kesehatan sampai dengan penyerahan obat semua dilakukan dengan menerapkan budaya humanis Tzu Chi. Baksos kesehatan ini pun sangat diapresiasi oleh Teguh Furqoni Syahbana, Lurah Cibuntu karena secara langsung dapat meningkatkan kesadaran untuk menjaga kesehatan warga di wilayahnya.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada tim Yayasan Buddha Tzu Chi, ini merupakan baksos (kesehatan) yang kesekian kalinya di wilayah Kelurahan Cibuntu. Menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat sekali untuk warga, terutama untuk para Lansia. Apalagi kemarin Covid (selama dua tahun), jadi sekarang kita Check Up (pemeriksaan kesehatan), nah itu bagus sekali. Saya ucapkan terima kasih, saya apresiasi sekali,“ kata Furqoni, Lurah Cibuntu.

Dari kegiatan ini juga bisa menginspirasi lebih dari 30 orang warga untuk bergabung menjadi barisan insan Tzu Chi.

Eny (tengah), relawan Tzu Chi Bandung memdampingi relawan baru untuk melakukan pendataan warga yang hendak berobat.

Para peserta baksos kesehatan juga dibekali penjelasan mengenai penyakit degeneratif oleh Tim Medis Tzu Chi Tzu Chi. Diharapkan setelah mendapatkan penjelasan ini, para peserta dapat lebih peduli terhadap kesehatannya. Baksos kesehatan degeneratif ini rencanannya akan digelar dua kali pemeriksaan lagi di tiap bulannya sehingga perkembangan kesehatan warga yang berusia lanjut dapat terpantau.

Siti Nurjanah (48) salah satu warga Cibuntu mengaku sangat terbantu dengan adanya baksos kesehatan degeneratif ini. “Banyak sekali manfaatnya, terutama buat ibu-ibu yang jarang periksa darah, gula darah, dan kolesterol. Biasanya ibu ibu itu suka malas gitu, sekarang ada kegiatan ini jadi lumayanlah jadi terbantu. Adanya baksos kesehatan dari Buddha Tzu Chi ini sangat bermanfaat, karena gratis dan jadi saya tahu gula darah asam urat dan kolesterol saya berapa,” ungkap Siti Nurjanah.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Suka Cita Bersumbangsih di Baksos Degeneratif

Suka Cita Bersumbangsih di Baksos Degeneratif

12 Juli 2022

Setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, Tzu Chi Pekanbaru kembali menggelar baksos pengobatan degeneratif pada 26 Juli 2022 di Sekolah Dasar Negeri 73, Kota Pekanbaru.

Baksos Degeneratif Tzu Chi, Menjangkau yang Tak Terjangkau

Baksos Degeneratif Tzu Chi, Menjangkau yang Tak Terjangkau

31 Mei 2023

Pulau Jaloh merupakan salah satu pulau terluar Kota Batam. Di pulau yang jaringan telekomunikasinya terbatas ini, baik informasi maupun fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai tidak dapat dirasakan sepenuhnya oleh warga.  

Kemantapan Hati Akwet Menjadi Keluarga Tzu Chi Lampung

Kemantapan Hati Akwet Menjadi Keluarga Tzu Chi Lampung

27 November 2018
Djoni (Akwet), adalah salah satu relawan Abu Putih yang aktif mengikuti kegiatan Tzu Chi Lampung. Ia sangat antusias dalam mengajak orang lain untuk menjadi Bodhisatwa, semua dilakukan karena kemantapan hatinya untuk bergabung dengan Tzu Chi. 
Semua manusia berkeinginan untuk "memiliki", padahal "memiliki" adalah sumber dari kerisauan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -