Perhatian untuk Warga Lanjut Usia di Cibuntu, Bandung

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Sebanyak 388 warga lanjut usia di Kelurahaan Cibuntu mengikuti Baksos Kesehatan Degeneratif Tzu Chi di Sekolah Citra Cemara, Bandung, Jawa Barat.

Tzu Chi Bandung mengadakan baksos kesehatan degeneratif di Sekolah Citra Cemara yang pertama  bagi warga Kelurahan Cibuntu, Kota Bandung pada 14 agustus 2022. Kegiatan ini adalah layanan pengobatan gratis untuk mendeteksi penyakit degeneratif seperti asam urat, gula darah, dan kolesterol yang umumnya menyerang di usia 45 tahun ke atas atau penyakit yang umum diderita masyarakat disebabkan penurunan fungsi organ tubuh karena usia serta dipicu oleh pola hidup.

Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh warga. Sebanyak 338 warga yang berusia lanjut mengikuti layanan kesehatan ini. Sebelumnya relawan Tzu Chi telah  membagikan kupon kepada warga di 10 RW di wilayah Kelurahan Cibuntu yang ingin melakukan pengecekan kondisi kesehatannya.

“Pemeriksaan (kesehatan) yang dilakukan hari ini adalah cek kadar gula darah (diabetes), kolesterol, asam urat dan tekanan darah. Warga memeriksakan kesehatan itu tidak hanya satu kali, tapi 3 kali. Bulan ini, bulan depan, dan bulan berikutnya. Diharapkan kondisi kesehatan mereka semua baik hasilnya. Kita juga merangkul mereka untuk menjadi relawan agar bisa bersama-sama turut berbuat kebajikan,” kata Eny, relawan Tzu Chi Bandung.

Baksos kesehatan degeneratif ini menyasar masyarakat yang berusia 45 tahun ke atas, yang biasanya mulai mengalami berbagai gejala penyakit degeneratif, seperti gula darah, kolesterol, dan asam urat.

Baksos kesehatan degeneratif ini akan dilakukan sebanyak tiga kali (setiap bulan sekali). Hal ini bertujuan untuk memantau kesehatan warga selama 3 bulan ke depan.

Dengan penuh perhatian para relawan melayani warga yang datang, mulai dari pendaftaran, pengecekan tensi dan kondisi kesehatan sampai dengan penyerahan obat semua dilakukan dengan menerapkan budaya humanis Tzu Chi. Baksos kesehatan ini pun sangat diapresiasi oleh Teguh Furqoni Syahbana, Lurah Cibuntu karena secara langsung dapat meningkatkan kesadaran untuk menjaga kesehatan warga di wilayahnya.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada tim Yayasan Buddha Tzu Chi, ini merupakan baksos (kesehatan) yang kesekian kalinya di wilayah Kelurahan Cibuntu. Menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat sekali untuk warga, terutama untuk para Lansia. Apalagi kemarin Covid (selama dua tahun), jadi sekarang kita Check Up (pemeriksaan kesehatan), nah itu bagus sekali. Saya ucapkan terima kasih, saya apresiasi sekali,“ kata Furqoni, Lurah Cibuntu.

Dari kegiatan ini juga bisa menginspirasi lebih dari 30 orang warga untuk bergabung menjadi barisan insan Tzu Chi.

Eny (tengah), relawan Tzu Chi Bandung memdampingi relawan baru untuk melakukan pendataan warga yang hendak berobat.

Para peserta baksos kesehatan juga dibekali penjelasan mengenai penyakit degeneratif oleh Tim Medis Tzu Chi Tzu Chi. Diharapkan setelah mendapatkan penjelasan ini, para peserta dapat lebih peduli terhadap kesehatannya. Baksos kesehatan degeneratif ini rencanannya akan digelar dua kali pemeriksaan lagi di tiap bulannya sehingga perkembangan kesehatan warga yang berusia lanjut dapat terpantau.

Siti Nurjanah (48) salah satu warga Cibuntu mengaku sangat terbantu dengan adanya baksos kesehatan degeneratif ini. “Banyak sekali manfaatnya, terutama buat ibu-ibu yang jarang periksa darah, gula darah, dan kolesterol. Biasanya ibu ibu itu suka malas gitu, sekarang ada kegiatan ini jadi lumayanlah jadi terbantu. Adanya baksos kesehatan dari Buddha Tzu Chi ini sangat bermanfaat, karena gratis dan jadi saya tahu gula darah asam urat dan kolesterol saya berapa,” ungkap Siti Nurjanah.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Peduli Kesehatan Lansia di Kamal Muara

Peduli Kesehatan Lansia di Kamal Muara

25 Juli 2022

Relawan Tzu Chi di komunitas He Qi Utara 2 bersama tim medis TIMA Indonesia memberikan layanan kesehatan kepada 240 Lansia di Kamal Muara melalui baksos kesehatan degeneratif.

Sosialisasi Kesehatan dan Baksos Degeneratif di Lampung

Sosialisasi Kesehatan dan Baksos Degeneratif di Lampung

15 November 2016
Yayasan Buddha Tzu Chi Lampung menggelar Bakti Sosial Kesehatan Degeneratif pertama pada Minggu, 13 November 2016 untuk warga Gunung Sulah, Kelurahan Gunung Sulah, Kecamatan Way Halim, Bandar Lampung. Sebanyak 361 pasien datang mengikuti baksos.
Ketulusan Hati dalam Baksos Degeneratif di Cianjur

Ketulusan Hati dalam Baksos Degeneratif di Cianjur

05 September 2016
Cinta Kasih Tzu Chi untuk warga Cianjur kembali diwujudkan dalam bentuk Bakti Sosial Pengobatan Degeneratif yang kedua pada Minggu 28 Agustus 2016. Para relawan melihat, warga makin peduli soal kesehatannya.
The beauty of humanity lies in honesty. The value of humanity lies in faith.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -