Perhatian yang Tulus bagi Para Lansia di Kampung Besiq

Jurnalis : Nova Triana Tarigan (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Mahardika (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan membantu seorang nenek saat proses pengecekan kesehatan.

Bila sewaktu menyumbangkan tenaga kita memperoleh kegembiraan, inilah disebut “rela memberi dengan sukacita.”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Selasa (30/1/24) pagi, Sebanyak 28 relawan Tzu Chi di Xie Li Kutai Barat sudah bersiap. Kali ini relawan akan menuju Kampung Besiq, Kecamatan Damai. Bersama dengan dr. Elyas Sentosa dan dua perawat, relawan akan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi lansia. Selain memeriksa kesehatan, relawan juga menyerahkan bantuan sembako untuk para lansia.

Dengan berkendara, relawan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam. Lamanya perjalanan tidak membuat relawan kehilangan semangat dan menjadi penghalang untuk berbagi kebaikan. Cuaca juga sangat bersahabat. Kampung Besiq tidak terlalu asing bagi relawan. Beberapa kali relawan berkunjung dan memberikan perhatian bagi warga di kampung ini.

Pengecekan gula darah, asam urat dan kolestrol yang dibantu oleh relawan.

Seorang lansia sedang berkonsultasi dengan dokter.

Kedatangan relawan disambut petinggi dan perangkat Kampung Besiq. “Terima kasih atas  perhatian untuk warga lansia kami. Apalagi ini bantuannya sangat lengkap, bukan hanya pemeriksaan kesehatan tapi juga lansia kami diberikan bantuan sembako. Tentu ini sangat bermanfaat untuk mereka,” ungkap Hendrianus, petinggi Kampung Besiq.

Imran, salah satu relawan juga berterima kasih dengan petinggi Kampung Besiq yang sudah mau menerima kehadiran relawan. “Hari ini hari yang berbahagia, kita boleh bersama-sama hadir di kegiatan baksos kesehatan pada hari ini. Kegiatan ini adalah bentuk kasih sayang dan kami yakin dengan niat tulus  kegiatan ini akan bermanfaat dan kami berharap untuk semua orang tua kami sehat selalu,” ujarnya.

Pemeriksaan kesehatan pun dimulai. Tenaga kesehatan, perangkat kampung dan seluruh relawan mengambil posisi masing-masing seperti, pencatatan administrasi dan cek kesehatan. Pertama-tama lansia yang hadir ditanyakan nama dan usianya, kemudian pengecekan berat badan, pengecekan kesehatan seperti gula darah, asam urat dan kolesterol. Selanjutnya konsultasi dengan dokter dan terakhir penyerahan obat untuk setiap keluhan yang dimiliki. Semua berjalan baik dan tentunya semua lansia yang hadir sangat sabar mengikut alur tes kesehatannya. Selesai diperiksa kesehatannya, para lansia juga diberikan bantuan sembako.

Penyerahan obat kepada para lansia yang dibantu oleh relawan.

Kunjungan tenaga medis, relawan dan perangkat desa untuk pengecekan kesehatan orangtua lansia yang tidak bisa hadir karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan.

Salah satu lansia yang bernama Sorai mengungkapkan rasa bahagianya. ”Saya senang sekali ada kegiatan ini, saya bisa cek kesehatan saya, saya juga bisa konsultasi dengan dokter juga, juga sudah diberi sembako. Terima kasih atas semua bantuan ini,” tuturnya.

Bagi para lansia yang tidak bisa datang ke lokasi kegiatan karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan, tetap diberikan pelayanan kesehatan dan sembako. Tenaga kesehatan, para relawan yang dan perangkat desa bersama-sama  mendatangi rumah lansia. Para relawan diliputi kebahagiaan karena kegiatan hari itu berjalan dengan sukacita. Keringat yang tercucur dan rasa lelah yang ada tergantikan dengan senyum tawa para lansia. Melihat mereka diperhatikan, disayangi, sekalipun tidak sedarah merupakan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Para relawan pun akan terus konsisten dan setulus hati untuk selalu berbuat kebaikan di mana saja.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Baksos Degeneratif Tzu Chi, Menjangkau yang Tak Terjangkau

Baksos Degeneratif Tzu Chi, Menjangkau yang Tak Terjangkau

31 Mei 2023

Pulau Jaloh merupakan salah satu pulau terluar Kota Batam. Di pulau yang jaringan telekomunikasinya terbatas ini, baik informasi maupun fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai tidak dapat dirasakan sepenuhnya oleh warga.  

Menyemai Bibit-Bibit Berkah di Kampung Kebhinnekaan Sukajadi

Menyemai Bibit-Bibit Berkah di Kampung Kebhinnekaan Sukajadi

22 Februari 2019
Kelurahan Sukajadi menjadi lokasi baksos kesehatan yang digelar relawan Tzu Chi Hu Ai Tangerang, pada Minggu pagi, 17 Februari 2019. Selain pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, dalam baksos degeneratif ini juga diadakan penyuluhan tentang pengenalan berbagai penyakit degeneratif dan kiat sehat di usia emas (di atas umur 50 tahun).
Pelayanan Medis yang Humanis

Pelayanan Medis yang Humanis

18 Februari 2014 Secara umum penyakit degenerative adalah penyakit penurunan fungsi tubuh yang disebabkan oleh faktor usia (karena proses penuaan), 4 faktor utama penyebabnya adalah pola makan yang tidak sehat, jarang berolah raga, stress dan istirahat yang tidak cukup.
Mampu melayani orang lain lebih beruntung daripada harus dilayani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -