Rekreasi Sambil Berbuat Kebajikan

Jurnalis : Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan), Fotografer : Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan)

Liem A De memberikan perhatian kepada para donor supaya tidak takut saat mendonorkan darah.

Berdana tak melulu mesti berupa materi tetapi juga dalam bentuk darah. Dengan mendonorkan darah, seseorang sudah membantu sesama yang membutuhkan. Selain dapat membantu sesama, donor darah juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh donor. Menyadari hal itu Tzu Chi Medan, komunitas Hu Ai Petisah kembali mengadakan kegiatan donor darah di Central Park Zoo, Sugau, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Minggu 8 Oktober 2023.

Kali ini acara donor darah dibarengi dengan Mini Bazar untuk mengenalkan makanan vegetaris kepada para pengunjung yang mengunjungi Central Park Zoo. Sebelum pukul 09.00 pagi, relawan sudah terlebih dahulu sampai di lokasi dengan tujuan untuk menyiapkan makanan yang akan dijual di Mini Bazar. Makanan yang akan dijual seperti mi gomak, spagheti, aneka gorengan seperti risol, pastel, bakwan, tahu isi, aneka kue seperti kue sakura, bugis, kue lapis, kue lapis surabaya, bolu gulung, dadar inti, lemet ubi, bolu chiffon, lemper, donat, agar-agar buah, dan emping manis.

Acara donor darah dan kegiatan Mini Bazar dimulai pukul 09.00, sebelum pukul 09.00 sudah terlihat antusias masyarakat yang datang untuk melakukan donor darah. Para donor yang datang disambut hangat oleh relawan Tzu Chi. Pelaksanaan donor darah kali ini bekerja sama dengan PMI Kota Medan. Tampak pula Tim Medis Tzu Chi atau TIMA juga berada di lokasi kegiatan donor darah. Mereka memberikan pelayanan gratis seperti cek gula darah dan konsultasi Kesehatan secara gratis.

TIMA atau Tim Medis Tzu Chi menyediakan cek gula gratis dan konsulatsi Kesehatan kepada para pendonor.

Hotmeda Tambunan yang pertama kali donor darah ditemani relawan Tzu Chi pada saat ia donor darah.

Kesadaran masyarakat akan manfaat donor darah tampaknya sudah mulai terbuka. Seperti Hotmeda Tambunan (48 tahun) yang sehari-hari bekerja sebagai pengelola rumah makan. Hotmeda menyadari manfaat akan donor darah, walau ini merupakan pertama kalinya donor darah, Hotmeda sangat antusias dalam mendonorkan darah. Setelah mendaftarkan diri, ia langsung diarahkan untuk melakukan pengecekan kondisi badan. Saat donor, ia juga ditemanin oleh relawan Tzu Chi agar Hotmeda merasa tenang saat ia mendonorkan darahnya.

“Donor darah di sini beda ya. Di ruang donor tadi ada relawan yang mengetahui saya pertama kali donor darah, ketika saya mau mendonorkan darah mereka menyelimuti kita, kita diajak mengobrol dan rasa takut saya pun menjadi hilang,” ucap Hotmeda Tambunan. “Kegiatan donor darah ini sangat bagus ya. Inilah merupakan kegiatan kemanusiaan yang membantu orang membutuhkan darah. Kepada masyarakat lainnya, ayo kita mendonorkan darah kita untuk membantu sesama,” lanjutnya.

Relawan memperkenalkan makanan vegetaris bagi pengunjung di Central Park Zoo.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Tzu Chi Medan, ada sekitar 88 kantong darah yang berhasil dikumpulkan dan 75 gagal karena alasan Kesehatan. Para relawan menilai aksi ini berbagai bentuk ajakan bagi masyarakat Medan untuk bersumbangsih menolong sesama yang membutuhkan. Liem A De selaku koordinator acara menilai acara ini bukan hanya sebagi bentuk peduli, tapi juga sabagai ajang mengenalkan Tzu Chi kepada masyarakat sekitar.

“Kegiatan donor darah di sini sudah lama kita rencanakan ya, karena kita bisa sekalian mengajak masyarakat untuk bersumbangsih melalui donor darah serta mengenalkan Tzu Chi dan pelestarian lingkungan melalui Mini Bazar yang menjual makanan vegetaris. Tujuannya supaya masyarakat lebih paham cara menjaga bumi,” ujar Liem A De.

Khoo You Min (kiri) memperkenalkan Tzu Chi kepada para pengunjung dan pendonor serta mengajak mereka ikut menjadi relawan Tzu Chi.

Setelah donor darah para relawan juga mengajak beberapa pendonor berkunjung ke stand Mini Bazar di Central Park Zoo. Tujuan adanya Mini Bazar ini adalah mengenalkan masakan vegetaris kepada para pengunjung, serta mengajak masayarakat bersama-sama menjaga bumi melalui bervegetaris,” ujar Khoo You Min, koordinator Mini Bazar.

Khoo You Min pun berharap, donor darah dan mini bazar ini bisa menjadi wadah para relawan Tzu Chi untuk dapat terus menyebarkan kebaikan dan memperpanjang jalinan cinta kasih.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Berbagi Tidak Selalu Berupa Materi

Berbagi Tidak Selalu Berupa Materi

30 Agustus 2016

Melakukan kebajikan tidak harus dengan berdana materi tetapi bisa dilakukan dengan cara lain, salah satunya donor darah. Kegiatan rutin per tiga bulan yang diadakan Tzu Chi bekerjasama dengan PMI.

Donor Darah, Menyelamatkan Nyawa Sesama

Donor Darah, Menyelamatkan Nyawa Sesama

23 Juni 2023

Relawan Tzu Chi di Xie Li Kemuning dengan semangat mempersiapkan donor darah di Kampus Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech. Jl. Jend. Basuki Rachmat, Kota Palembang, Sumatera Selatan. 

Berbagi Berkah dengan Donor Darah

Berbagi Berkah dengan Donor Darah

21 April 2022

Momentum bulan puasa digunakan Tzu Chi Cabang Sinar Mas untuk berbagi cinta kasih melalui kegiatan donor darah. Kegiatan ini juga untuk menyemarakkan #100thPakEka #pantangmenyerah dalam rangka mengenang Pendiri Sinar Mas, Bapak Eka Tjipta Widjaja.

Hanya orang yang menghargai dirinya sendiri, yang mempunyai keberanian untuk bersikap rendah hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -