Rumah Nyaman untuk Tuah dan Sirah

Jurnalis : Dedy (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Dedy (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Perawang 2 dari PT. Arara Abadi menyerahkan rumah yang telah selesai dibedah kepada Tuah dan Sirah, warga Dusun Minas Asal, Desa Minas Barat, Kecamatan Minas, Siak, Riau.

Pada 22 Juli 2021 lalu, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Perawang 2 dari PT. Arara Abadi memberikan bantuan bahan pangan kepada warga Dusun Minas Asal, Desa Minas Barat, Kecamatan Minas, Siak, Riau. Dusun ini merupakan kampung tua Suku Sakai yang merupakan salah satu suku asli Riau.

Kegiatan pembagian bahan pangan ini sebagai bagian kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat di tengah pandemi yang masih tinggi saat itu. Salah satu penerima bantuan bahan pangan ini adalah Sirah, wanita paruh baya yang tinggal tak jauh dari rumah Lontai, Kepala Dusun Minas Asal. Lontai memberi informasi ke relawan jika kondisi rumah Sirah kurang layak huni. Tak lama setelah kegiatan pembagian bahan pangan selesai, relawan memutuskan untuk berkunjung ke rumah Sirah.

Kondisi rumah Tuah dan Sirah sebelum dibedah relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Perawang 2. Bangunannya hanya menggunakan papan-papan kayu dan terpal sebagai atap.

Kondisi di dalam rumah Tuah dan Sirah yang sangat sederhana sekali. Lantainya pun masih berupa tanah yang dialasi dengan tikar.

Papan kayu sederhana menyambut siapa saja yang datang ke rumah Sirah. Selain itu, kondisi rumah juga masih berlantai tanah. Bagian samping kiri dan kanan rumah memakai terpal biru dan plastik hitam. Demikian juga bagian belakang rumah. Untuk kebutuhan istirahat, Sirah dan suaminya Tuah menggelar alas seadanya di atas tanah.

Pada saat dikunjungi relawan, Tuah sedang dalam kondisi sakit. Tuah memiliki satu anak bernama Irpan yang sudah beranjak dewasa. Sehari-harinya, Tuah bekerja mencari damar dan menderes karet masyarakat. Sedangkan Irpan bekerja serabutan seperti mendodos sawit masyarakat.

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Perawang 2 berkunjung ke rumah Tuh dan Sirah untuk melakukan survei bedah rumah.

Sejak saat itu, perhatian relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Perawang 2 untuk keluarga Tuah terus mengalir. Setelah dilakukan survei dan koordinasi yang cukup panjang, proses bantuan bedah rumah Tuah dimulai. Relawan juga beberapa kali datang untuk memastikan semua tahapan bedah rumah berlangsung sesuai rencana. Kemudian pada 6 Juli 2022 lalu, rumah yang telah selesai dibedah kemudian diserahkan langsung kepada Tuah dan Sirah. Rumah ini juga dilengkapi instalasi listrik dengan pertimbangan apabila nantinya ada jalur listrik PLN, maka tidak perlu dilakukan pembongkaran plafon rumah untuk instalasi listriknya.  

Proses bedah rumah milik Tuah dan Sirah juga dipantau oleh relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Perawang 2.

Kebahagiaan juga dirasakan relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Perawang 2, Dedy, Masril, Budi Indra Putra, Efdison, dan Binton Sinaga. Kelima relawan tersebut bersukacita menyerahkan rumah baru kepada Tuah dan Sirah.

”Kami semua tentu sangat berbahagia hari ini karena bisa menyerahkan rumah ini kepada keluarga pak Tuah dan ibu Sirah. Kami berharap keluarga ini bisa lebih tenang karena ada hunian baru ini. Sudah bisa istirahat dengan lebih baik. Semoga kehidupan mereka pelan-pelan juga semakin membaik,” ujar Efdison.

Tuah pun juga merasakan serta ikut larut dalam kebahagiaan yang dirasakan relawan. ”Terima kasih kepada relawan dari Tzu Chi Sinar Mas yang telah membantu kami mendapatkan rumah yang layak ini,” kata Tuah didampingi Sirah yang berkaca-kaca matanya.

Tuah berdiri di depan rumahnya yang berajah baru. Kini ia dan keluarga dapat hidup dengan nyaman.

Sementara itu, Kepala Desa Minas Barat, Ayang Bahari berharap bantuan seperti ini dapat juga dilakukakan di dusun yang lain. ”Saya sudah lama menjadi Kepala Desa Minas Barat, baru kali ada bantuan pembangunan rumah seperti yang dilakukan Yayasan Buddha Tzu Chi. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Tzu Chi Sinar Mas yang telah membantu warga kami mendapatkan bantuan rumah yang layak,” ungkap Ayang Bahari.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Kisah Haru Sang Guru Ngaji

Kisah Haru Sang Guru Ngaji

09 Desember 2019

Rumah bukan semata tempat tinggal, tetapi rumah adalah hal utama yang memberikan ketenangan batin dan kenyamanan penghuninya. Seperti Julaesih (62) dan Turaeni (68), keduanya kini bisa merasakan hidup yang tenang dan nyaman di usia senja mereka.

Survei Program Bebenah Kampung Tzu Chi Tahap Dua

Survei Program Bebenah Kampung Tzu Chi Tahap Dua

04 Juni 2021
Kabar gembira bagi 5 warga wilayah Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara karena Tzu Chi telah memutuskan untuk membantu pembangunan kembali rumah mereka.
Penyerahan Kunci Bantuan Rumah Layak Huni, Sri Yatno: “Terima kasih Tzu Chi dan relawan Tzu Chi

Penyerahan Kunci Bantuan Rumah Layak Huni, Sri Yatno: “Terima kasih Tzu Chi dan relawan Tzu Chi

15 September 2023

Yayasan Buddha tzu Chi Indonesia kembali meresmikan dua unit rumah di Kelurahan Cempaka Baru, Kemayoran Jakarta Pusat. Program bedah kampung dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ini sedang berlangsung di lima wilayah Pemprov DKI Jakarta secara bertahap. 

Meski sebutir tetesan air nampak tidak berarti, lambat laun akan memenuhi tempat penampungan besar.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -