Rumah Nyaman untuk Tuah dan Sirah

Jurnalis : Dedy (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Dedy (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Perawang 2 dari PT. Arara Abadi menyerahkan rumah yang telah selesai dibedah kepada Tuah dan Sirah, warga Dusun Minas Asal, Desa Minas Barat, Kecamatan Minas, Siak, Riau.

Pada 22 Juli 2021 lalu, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Perawang 2 dari PT. Arara Abadi memberikan bantuan bahan pangan kepada warga Dusun Minas Asal, Desa Minas Barat, Kecamatan Minas, Siak, Riau. Dusun ini merupakan kampung tua Suku Sakai yang merupakan salah satu suku asli Riau.

Kegiatan pembagian bahan pangan ini sebagai bagian kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat di tengah pandemi yang masih tinggi saat itu. Salah satu penerima bantuan bahan pangan ini adalah Sirah, wanita paruh baya yang tinggal tak jauh dari rumah Lontai, Kepala Dusun Minas Asal. Lontai memberi informasi ke relawan jika kondisi rumah Sirah kurang layak huni. Tak lama setelah kegiatan pembagian bahan pangan selesai, relawan memutuskan untuk berkunjung ke rumah Sirah.

Kondisi rumah Tuah dan Sirah sebelum dibedah relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Perawang 2. Bangunannya hanya menggunakan papan-papan kayu dan terpal sebagai atap.

Kondisi di dalam rumah Tuah dan Sirah yang sangat sederhana sekali. Lantainya pun masih berupa tanah yang dialasi dengan tikar.

Papan kayu sederhana menyambut siapa saja yang datang ke rumah Sirah. Selain itu, kondisi rumah juga masih berlantai tanah. Bagian samping kiri dan kanan rumah memakai terpal biru dan plastik hitam. Demikian juga bagian belakang rumah. Untuk kebutuhan istirahat, Sirah dan suaminya Tuah menggelar alas seadanya di atas tanah.

Pada saat dikunjungi relawan, Tuah sedang dalam kondisi sakit. Tuah memiliki satu anak bernama Irpan yang sudah beranjak dewasa. Sehari-harinya, Tuah bekerja mencari damar dan menderes karet masyarakat. Sedangkan Irpan bekerja serabutan seperti mendodos sawit masyarakat.

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Perawang 2 berkunjung ke rumah Tuh dan Sirah untuk melakukan survei bedah rumah.

Sejak saat itu, perhatian relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Perawang 2 untuk keluarga Tuah terus mengalir. Setelah dilakukan survei dan koordinasi yang cukup panjang, proses bantuan bedah rumah Tuah dimulai. Relawan juga beberapa kali datang untuk memastikan semua tahapan bedah rumah berlangsung sesuai rencana. Kemudian pada 6 Juli 2022 lalu, rumah yang telah selesai dibedah kemudian diserahkan langsung kepada Tuah dan Sirah. Rumah ini juga dilengkapi instalasi listrik dengan pertimbangan apabila nantinya ada jalur listrik PLN, maka tidak perlu dilakukan pembongkaran plafon rumah untuk instalasi listriknya.  

Proses bedah rumah milik Tuah dan Sirah juga dipantau oleh relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Perawang 2.

Kebahagiaan juga dirasakan relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Perawang 2, Dedy, Masril, Budi Indra Putra, Efdison, dan Binton Sinaga. Kelima relawan tersebut bersukacita menyerahkan rumah baru kepada Tuah dan Sirah.

”Kami semua tentu sangat berbahagia hari ini karena bisa menyerahkan rumah ini kepada keluarga pak Tuah dan ibu Sirah. Kami berharap keluarga ini bisa lebih tenang karena ada hunian baru ini. Sudah bisa istirahat dengan lebih baik. Semoga kehidupan mereka pelan-pelan juga semakin membaik,” ujar Efdison.

Tuah pun juga merasakan serta ikut larut dalam kebahagiaan yang dirasakan relawan. ”Terima kasih kepada relawan dari Tzu Chi Sinar Mas yang telah membantu kami mendapatkan rumah yang layak ini,” kata Tuah didampingi Sirah yang berkaca-kaca matanya.

Tuah berdiri di depan rumahnya yang berajah baru. Kini ia dan keluarga dapat hidup dengan nyaman.

Sementara itu, Kepala Desa Minas Barat, Ayang Bahari berharap bantuan seperti ini dapat juga dilakukakan di dusun yang lain. ”Saya sudah lama menjadi Kepala Desa Minas Barat, baru kali ada bantuan pembangunan rumah seperti yang dilakukan Yayasan Buddha Tzu Chi. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Tzu Chi Sinar Mas yang telah membantu warga kami mendapatkan bantuan rumah yang layak,” ungkap Ayang Bahari.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Bedah Rumah di Kamal Muara: Komariah Memulai Hidup Nyaman di Rumah Baru

Bedah Rumah di Kamal Muara: Komariah Memulai Hidup Nyaman di Rumah Baru

03 April 2024

Sejak pagi perasaan Komariah sangat rumit diungkapkan: ya senang, ya sedih, ya bahagia, ya haru juga. Air matanya menetes saat ditanya tentang rumah lamanya. “Banyak kenangannya,” katanya lirih. 

Rumahnya Direnovasi, Oma Vonny Kini Tak Khawatir Lagi

Rumahnya Direnovasi, Oma Vonny Kini Tak Khawatir Lagi

23 Desember 2020

Melalui program Bedah Rumah, Tzu Chi Bandung memberikan bantuan renovasi rumah kepada Vonny (79), warga Kelurahan Kebun Jeruk, Andir, Kota Bandung. Rumah Oma Vonny kini terlihat indah dan sehat. Ia pun tak perlu khawatir ketika hujan tiba, atap yang kokoh berlapis baja ringan siap menangkal air hujan masuk ke dalam rumahnya.

 Memberi Asa Warga Kamal Muara

Memberi Asa Warga Kamal Muara

19 Juni 2019

Relawan Tzu Chi bersama pihak Pemkot Jakarta Utara (Kecamatan Penjaringan) menghadirkan 10 keluarga penerima bantuan bedah rumah ini untuk menandatangani kesepakatan pembangunan rumah pada Selasa, 18 Juni 2019 di Kantor Lurah Kamal Muara, Jakarta Utara.

Penyakit dalam diri manusia, 30 persen adalah rasa sakit pada fisiknya, 70 persen lainnya adalah penderitaan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -