Sambut Imlek dengan Peduli Sesama

Jurnalis : Rince Tengku (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Rina Lionar (Tzu Chi Makassar)

doc tzu chi

Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar menyalurkan bingkisan kepada masyarakat Tionghoa prasejahtera pada tanggal 18 Januari 2017.

Rabu, 18 Januari 2017, dalam rangka menyambut tahun baru imlek, Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar menyalurkan bingkisan kepada masyarakat Tionghoa prasejahtera sebanyak 778 paket yang di bagi atas dua sesi. Sesi pertama diadakan pada  pukul  09.00-12.00 Wita,  sesi kedua pada Pukul 13.00-15.00 Wita. Sebanyak 714 warga hadir dalam kegiatan ini.

Mereka diajak untuk mendengarkan ceramah Master Cheng yeng dalam Lentera Kehidupan. Walaupun begitu banyak yang hadir tetapi semua mendengarkan dengan penuh perhatian. Ketua Yayasan Amal Bakti Sosial, salah satu yayasan Tionghoa di Makassar yang turut hadir dalam kegiatan ini, Markas Istano sangat mengapresiasi Tzu Chi Makassar dalam kegiatan ini. Menurutnya, Tzu Chi rutin memberikan perhatian untuk warga prasejahtera setiap tahunnya. Ia berharap untuk tahun-tahun berikutnya, relawan Tzu Chi Makassar terus memberikan perhatian untuk mereka.

doc tzu chi

Sebanyak 714 warga yang hadir diajak untuk bersama-sama berdoa sebelum pembagian bingkisan imlek.

doc tzu chi

Salah satu relawan Tzu Chi membantu lansia untuk membawa bingkisan usai pembagian.

Senada dengan Markas Istano, Ketua Yayasan Sapta Mulia yang diwakili oleh Hasy S.si., M.si juga memberikan apresiasi positif. Ia mengajak relawan Tzu Chi untuk bersama-sama mencari akar masalah dari masyarakat yang kurang mampu. Hasy juga menyampaikan agar para masyarakat prasejahtera ini juga diberi kail, sehingga bisa menjadi masyarakat yang sejahtera. Dengan demikian mereka juga bisa bersumbangsih untuk sesama lainnya.

Salah satu peserta, Lanny (20 tahun) mengaku sangat bersyukur menerima bantuan ini. Ia juga tersentuh dengan apa yang disampaikan Master Cheng Yen dalam ceramahnya. Sementara itu, Veronika (56 tahun) juga bersyukur menerima bingkisan. Veronika terkesan dengan tata cara pembagian dan pengaturan yang dilakukan oleh relawan Tzu Chi yang teratur, rapi, dan disiplin. Ia juga menilai dalam pembagian ini terdapat cinta kasih yang mendalam.

Masyarakat pun sangat antusias, bahagia, dan merasa diperhatikan dengan adanya pembagian bingkisan ini. Bukan hanya itu, ketika relawan memberikan celengan bambu Tzu Chi dan mengajak mereka untuk bersumbangsih, mereka sangat antusias. Setiap masyarakat tergerak hati dan berdonasi meskipun dalam jumlah yang kecil. Karena pada dasarnya uang kecil yang terkumpul akan menjadi besar yang bisa digunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkan.


Artikel Terkait

Untaian Berkah di Neglasari

Untaian Berkah di Neglasari

13 Februari 2018
Selasa, 13 Februari 2018, rombongan dari TK Tzu Chi Indonesia membagikan bingkisan Imlek kepada 70 KK umat Wihara Tiratana, Neglasari, Tangerang. Rombongan juga memberikan bantuan langsung ke rumah-rumah warga.
Bingkisan Imlek untuk Warga Kampung Simpak, Bogor

Bingkisan Imlek untuk Warga Kampung Simpak, Bogor

20 Januari 2020

Cuaca terik terasa menyengat ke kulit saat pembagian bingkisan Imlek di Kampung Simpak, Parung Panjang, Bogor, Minggu 19 Januari 2020. Relawan Tzu Chi dari He Qi Tangerang yang membagikan bingkisan ini pun bermandikan keringat. Meski begitu senyuman tak luntur dari wajah para relawan.

Bingkisan Imlek untuk Para Penerima Bantuan Tzu Chi

Bingkisan Imlek untuk Para Penerima Bantuan Tzu Chi

05 Februari 2021

Menjelang perayaan Hari Raya Imlek yang jatuh pada 12 Februari 2021, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan bingkisan Imlek kepada para penerima bantuan Tzu Chi. Kegiatan ini dilakukan relawan selama empat hari, 1-4 Februari 2021.

Orang yang memahami cinta kasih dan rasa syukur akan memiliki hubungan terbaik dengan sesamanya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -