Sebanyak 2.029 Paket Lebaran untuk Warga Tangerang

Jurnalis : Beti N, Lorenzo, Metta SW, Viona, Yuliawati (He Qi Tangerang), Fotografer : Dok. He Qi Tangerang

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang telah membagikan 2.029 paket untuk empat kelurahan di wilayah Tangerang dan Serang, Banten sejak 11 hingga 29 Maret 2024.

Pada Momen menyambut Lebaran 2024 ini, He Qi Tangerang aktif berperan serta menyalurkan Paket Cinta Kasih Idul Fitri 2024 kepada masyarakat. Terhitung sejak 11 – 29 Maret, relawan di Tangerang telah membagikan 2.029 paket untuk empat kelurahan: Kelurahan Cipete, Kelurahan Gebang Raya, Kelurahan Cimone, dan Serang. Paket ini juga dibagikan kepada warga yang membutuhkan di sekitaran Kantor Yayasan He Qi Tangerang di Kp. Pinangsia, serta beberapa titik pemilahan daur ulang.

Di seluruh wilayah pembagian paket, antusias masyarakat selalu sama, sukacitanya pun terasa begitu besarnya. Seperti ketika relawan melakukan pembagian di Kelurahan Cimone (16/3/24), warga berinisiatif untuk datang bersama sembari menyewa odong-odong.

“Rumah kami cukup jauh dari Kelurahan Cimone dan hari ini hujan deras, jadi kami patungan seikhlasnya untuk membayar odong-odong ini. Ada yang membayar 5000 rupiah untuk perjalanan pulang pergi, ada juga yang nggak bayar karena nggak ada uang, nggak apa-apa ikut semua,” ungkap Neneng bergembira bisa hadir bersama untuk menerima bantuan.

Sepekan sebelum pembagian paket dilakukan, relawan membagikan kupon ke warga dari rumah ke rumah.

Para warga menyewa sebuah odong-odong untuk hadir bersama mengambil paket bantuan.

Lurah Cimone Tata Rustandi yang pagi itu turut mendampingi para relawan membagikan Paket Cinta Kasih juga merasakan kegembiraan. “Kami turut berbahagia karena dengan adanya paket ini dapat meringankan beban ekonomi masyarakat kami. Walaupun hujan deras antusiasme relawan sangat kami acungi jempol karena semangat berbaginya,” ujar Tata.

Di hari yang sama, relawan juga berbagi paket di wilayah Kelurahan Gebang Raya. Tak hanya warga yang senang, relawan pun sangat terkesan. Kegiatan yang dilakukan di beberapa tempat di waktu yang sama membuat relawan harus berbagi tugas untuk wilayah masing-masing.

“Rasanya luar biasa ya, kita melakukan hal yang bisa kita lakukan, jujur senang bisa menjadi PIC karena bisa mengajak relawan lain untuk bersumbangsih,” kata Jonu Yu, PIC pembagian paket di Gebang Raya.

Relawan lainnya, Hasbulah Waton pun bersemangat untuk membantu membagikan paket bantuan ini. “Saya turut senang bisa berkesempatan ikut kegiatan karena ini salah satu penerapan wujud cinta kasih terhadap siapapun, tanpa memandang suku bangsa dan agama,” katanya.

Team bagi kupon Kelurahan Gebang Raya sedang briefing dengan PIC Joni Yu.

Catharine membantu membawakan paket beras 10 kg sambil memayungi penerima bantuan, nampak Edi Sheen PIC utama penyaluran Paket Idul Fitri 2024 mengucapkan terima kasih kepada warga.

Di pekan berikutnya (29/3/24), relawan kembali membagikan paket yang kali itu dilakukan di Sukhesikarama Mindfulness Forest, Serang. Lorenzo, PIC kegiatan kali ini menyampaikan kegembiraan nya, “Rasanya sangat bahagia bisa melakukan hal baik di bulan penuh berkah ini, serta melihat senyum warga yang dengan suka cita datang untuk menukarkan kupon nya dengan paket sembako. Saya juga senang acara berjalan dengan rapi dan tertib, serta melihat relawan tidak lupa memperaktikkan budaya humanis di kegiatan kali ini,” ujarnya singkat.

Lebih dari dua ribu paket lebaran yang dibagikan di Wilayah Tangerang dan Serang tersebut berisi 10 kg beras dan 20 bungkus DAAI Mi. Rincian paket yang dibagikan adalah sebanyak 85 paket untuk masyarakat sekitar Depo Medang, 20 paket untuk masyarakat di titik pemilahan sampah Sinpasa GPS, 15 paket di titik pemilahan sampah Modern Land, 15 paket di titik pemilahan Citra Raya Cikupa, 35 paket untuk sekitar kantor Yayasan He Qi Tangerang. Selain itu, ada 523 paket untuk warga di Kelurahan Cipete, 575 paket untuk warga kelurahan Gebang Raya, 438 untuk Kelurahan Cimone, dan 323 paket untuk wilayah Serang.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Paket Lebaran Tzu Chi, Hadir di Tempat dan Waktu yang Tepat

Paket Lebaran Tzu Chi, Hadir di Tempat dan Waktu yang Tepat

20 Maret 2024

Di tengah merangkaknya harga beras, paket lebaran Tzu Chi Indonesia yang tahun ini berisi 10 kilogram beras dan 20 bungkus DAAI Mie menjadi sangat berarti bagi warga yang menerimanya.

Paket Lebaran 2024: 1.950 Paket Sembako untuk Warga Kamal Muara

Paket Lebaran 2024: 1.950 Paket Sembako untuk Warga Kamal Muara

18 Maret 2024

Tzu Chi Indonesia bagikan Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 di wilayah Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Dalam kegiatan ini sebanyak 1.950 paket sembako dibagikan kepada warga RW 01 dan RW 04, Kamal Muara.

Berkah Ramadan untuk Warga Titi Kuning Medan

Berkah Ramadan untuk Warga Titi Kuning Medan

28 Maret 2024

Relawan Tzu Chi Medan (Hu Ai Titi Kuning) memberikan bantuan 900 paket sembako kepada warga di Kelurahan Titi Kuning dan sekitarnya (24/03/2024). Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban warga menjelang hari raya. 

Orang bijak dapat menempatkan dirinya sesuai dengan kondisi yang diperlukan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -