Sebarkan Benih Kebaikan untuk Sesama

Jurnalis : Ruth Putryani Saragih (Tzu Chi Sinarmas), Fotografer : Ruth P. Saragih, Cheppy M. Rahadianto (Tzu Chi Sinarmas)
doc tzu chi

Pemberian nomor antrian kepada salah satu calon pendonor darah oleh relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas.

Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama dan juga bentuk konsistensi dalam menjalankan misi amal, Tzu Chi Cabang Sinar Mas kembali menebarkan benih cinta kasih melalui kegiatan donor darah yang bertempat di Narwastu, Plaza Sinarmas Land, Jakarta Pusat. Kamis, 16 Februari 2017.

Sejak pagi, para calon pendonor mulai memenuhi ruang tunggu sambil membawa celengan bambu yang siap dituangkan. Dengan penuh kesabaran sabar mereka menunggu dan menjalani tahap demi tahap pemeriksaan uji kelayakan donor darah hingga akhirnya para pendonor diambil darahnya oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI) untuk disalurkan kepada yang membutuhkan.

Salah satu pendonor adalah Miftha Syafri, ia mengaku kegiatan ini adalah donor darah yang pertama kali ia lakukan. Tidak ada rasa takut menyelimuti Miftha Syafri, keinginannya untuk mengikuti donor darah karena terdorong untuk melakukan kebaikan terhadap sesama.

doc tzu chi

Miftha Syafri saat mendonorkan darahnya. Kegiatan ini merupakan pengalaman pertamanya dalam mendonorkan darah.

“Ini adalah donor darah pertama kali saya ikuti. Saya merasa tergerak untuk berdonor, karena darah saya bisa bermanfaat untuk orang lain. Untuk melakukan kebaikan saya rasa tidak perlu berpikir panjang, langsung realisasikan,” ungkap Miftha usai mendonorkan darahnya.

Tidak hanya Miftha, sebanyak 275 orang pendonor darah lainnya juga terketuk hatinya untuk mendonorkan darahnya melalui kegiatan yang digelar oleh relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas. Membantu sesama adalah alasan utama para pendonor mengikuti kegiatan ini.

Kebaikan yang dilakukan oleh para peserta tidak berhenti pada mendonorkan darahnya saja, namun mereka juga menyumbangkan rejekinya melalui celengan bambu yang dituangkan. Bahkan tidak sedikit para pendonor yang membawa lebih dari satu celengan bambu.

Selain kegiatan donor darah, penuangan celengan bambu juga dilakukan oleh para pendonor darah dalam kegiatan ini.

Tidak penting berapa jumlah uang yang berhasil dikumpulkan melalui celengan bambu, namun yang paling utama adalah niat dan upaya merealisasikannya untuk membantu sesama.

Seperti pepatah menyebutkan, “sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.” Begitulah gambaran dalam kegiatan ini. Dengan kegiatan donor darah yang digelar oleh relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas, banyak kebaikan yang bisa dilakukan. Mulai dari menyumbangkan darah untuk membantu para pasien atau orang yang sedang menderita penyakit tertentu, hingga menyumbangkan rejeki untuk membantu sesama yang membutuhkan agar segera terbebas dari penderitaan.

Editor : Arimami Suryo A


Artikel Terkait

Orientasi Pengenalan Cinta Kasih

Orientasi Pengenalan Cinta Kasih

14 Agustus 2014 Yayasan Buddha Tzu Chi untuk memperkenalkan Sosialisasi Misi Amal Tzu Chi atau dikenal dengan SMAT kepada mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Trisakti, pada 14 Agustus 2014.
Bersama-sama Melenyapkan Penderitaan

Bersama-sama Melenyapkan Penderitaan

26 September 2017

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Perwakilan Bandung mengadakan acara pengumpulan koin cinta kasih di PT. San San Saudara Tex pada tanggal 20 September 2017. Sebanyak 45 celengan tertuang pada kegiatan tersebut.

Memberi Perhatian Lebih Untuk Surianto

Memberi Perhatian Lebih Untuk Surianto

27 Oktober 2014 Surianto yang mengalami kelumpuhan pada sebagian tubuhnya (dari pinggang hingga ujung kaki) merupakan salah satu penerima bantuan Tzu Chi. Kondisinya yang memprihatinkan membuat insan Tzu Chi di Singkawang tersentuh hati untuk memberikan perhatian yang lebih besar kepadanya.
Jangan menganggap remeh diri sendiri, karena setiap orang memiliki potensi yang tidak terhingga.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -