Sekotak Nasi Cinta Kasih

Jurnalis : Ivon (Tzu Chi Lampung), Fotografer : Asih, Ivon (Tzu Chi Lampung)

Sumarike, relawan Tzu Chi Lampung memberikan nasi kotak kepada salah satu pemulung yang lewat di lokasi pembagian. Sejak program ini dijalankan di Lampung, Sumarike selalu terlibat aktif di dalamnya.

Program Tzu Chi Peduli, Tzu Chi Berbagi (Gerakan Membantu Pedagang Kecil) masih terus di jalankan oleh beberapa relawan Tzu Chi di berabagai daerah, salah satunya adalah Tzu Chi Lampung. Sejak diadakan pertama kali pada 31 Agustus lalu, kini program tersebut sudah berjalan sebanyak delapan belas kali dengan jumlah total yang dibagikan sebanyak 3.010 kotak nasi vegetarian yang telah di bagikan.

Lokasi pembagian nasi kotak ini juga ada di beberapa titik yang ada di sekitaran Kota Bandar Lampung, antara lain Simput Center, Ramayana, Pasar Tugu, Kemiling, Kangkung, Kota Karang, Pasar Cimeng, dan masih banyak tempat lainnya. Ada banyak sekali hal-hal menarik yang dijumpai oleh para relawan, khusunya relawan baru. “Senang bertemu dengan orang-orang baik yang punya jiwa sosial tinggi, membantu sesama, mempunyai hati yang bersih menolong sesama. Makanya saya tertarik bergabung di Tzu Chi,” ungkap Anita yang baru beberapa bulan bergabung dengan Tzu Chi.
 

Relawan Tzu Chi Lampung, Anna Suryana dan Anggraini (Dede) sedang memberikan nasi kepada pedagang buah. Meskipun kondisi sedang hujan, tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap berbagi.

Para pengemudi becak juga mendapatkan nasi kotak vegetarian dari para relawan.

Djoni, atau yang sering disapa Akwet, relawan yang menjadi koordinator kegiatan ini juga mengungkapkan kesan yang luar biasa selama program Tzu Chi Peduli, Tzu Chi Berbagi berjalan. “Kegiatan ini sangat baik ya, mungkin next time kalau kita adakan lagi, juga harus lebih baik lagi. Kesan yang saya dapat sangat memuaskan, relawannya semuanya hebat-hebat, dan penuh semangat,” puji Akwet.

Berlangsungnya program ini juga membuat para relawan yang terlibat di dalamnya menjadi lebih bersyukur dengan berkah yang dimiliki, melihat bagaimana kondisi di luar sana bahwa masih banyak sekali orang-orang yang kekurangan. Beberapa minggu lalu juga ada relawan baru yang bergabung, yakni Bella Suzantina (42). “Tzu Chi itu keren ya, sederhana dalam berpikir namun realistis dalam bertindak,” ungkap Bella.
 

Sebelum melakukan pembagian nasi kotak vegetarian, para relawan mendokumentasikan momen mereka di Pasar Tugu, Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung.

Hujan rintik-rintik tidak menyurutkan semangat relawan Tzu Chi untuk tetap berbagi nasi, mereka amat sangat antusias dan melakukannya penuh dengan sukacita. Ada yang menggunakan payung, jas hujan atau hanya sekadar topi.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Jalinan Kasih yang Terus Berlanjut

Jalinan Kasih yang Terus Berlanjut

23 November 2021

Relawan He Qi Utara 2 mengadakan Program Tzu Chi Peduli, Tzu Chi Berbagi di Pasar Stasiun Angke dan sekitarnya dengan membagikan 200 nasi kotak vegetaris dan 800 lembar masker untuk masyarakat Sabtu, 20 November 2021. 

Dukungan Terus Mengalir untuk Pelaku UMKM

Dukungan Terus Mengalir untuk Pelaku UMKM

11 November 2021

Angka jumlah pasien Covid-19 saat ini sudah menurun jauh. Tetapi kondisi perekonomian masih belum kembali normal. Kondisi ini menjadi pertimbangan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk melanjutkan kegiatan Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi.

Bersyukur Masih Ada yang Peduli Pada Kami

Bersyukur Masih Ada yang Peduli Pada Kami

27 September 2021

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur kembali bekerja sama dengan Yayasan Atmabrata untuk memberikan 300 kotak nasi hangat vegetarian kepada lansia, pemulung, dan warga kurang mampu di wilayah Cakung Drain Cilincing pada 19 Oktober 2021.

Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -