Sembako Cinta Kasih

Jurnalis : Ivon (Tzu Chi Lampung) , Fotografer : Junaedy Sulaiman (Tzu Chi Lampung)


Sebelum kegiatan pembagian paket sembako dimulai, relawan Tzu Chi mengajak warga untuk bersama-sama memeragakan bahasa isyarat tangan Satu Keluarga.

Yayasan Buddha Tzu Chi Lampung mengadakan kegiatan tali kasih di bulan Ramadan dengan melakukan pembagian paket sembako untuk warga Kupang Raya dan Gudang lelang pada tanggal 8 Juni 2018. Tali kasih iniberupaberas 5 kg, minyak goreng 1 liter, bihun 1 bungkus, gula pasir 1 kg, dan sirup 1 botol.

Pembagian paket di kupang raya terbagi menjadi sebelas RT dengan jumlah 117  paket. Sedangkan di Gudang Lelang, dibagikan kepada warga di dua RT dengan jumlah 58 paket dan tersisa 25 paket yang dibagikan kepada Gan En Hu(penerima bantuan), sehingga total paket yang dibagikan sebanyak 200 paket.


Sebanyak 200 paket sembako dibagikan kepada warga Kupang Raya dan Gudang Lelang pada tanggal 8 Juni 2018.


Pembagian paket sembako di bulan Ramadan ditandai dengan penyerahan secara simbolis dari relawan Tzu Chi kepada warga.

Sebelum pembagian paket dimulai, warga diajak untuk bersama-sama memeragakan isyarat tangan (Shou Yu)Satu Keluargayang dipimpin oleh Widya, selaku relawan koordinator isyarat tangan. “Bapak Ibu, mari kita sama-sama melakukan gerakan isyarat tangan Satu Keluarga, jadi kita di sini semuanya keluarga ya,” ucap Widya sebelum mengajak warga.

Lita, Ketua Harian Tzu Chi Lampung memberikan sambutan sekaligus membacakan surat dari Master Cheng Yen sebelum kegiatan pembagian paket dimulai. “Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia ini didirikan oleh seorang Biksuni, jadi ada nama Buddha, tapi jangan kaget atau takut kami akan mengajak bapak ibu pindah agama. Kami yayasan yang bergerak di bidang amal sosial tanpa memandang agama, suku, dan budaya,” ujar Lita di hadapan warga. Tak hanya menjelaskan tentang Tzu Chi, Lita juga menjelaskan mengenai paket yang akan dibagikan. “Kami disini membeli kantor baru, jadi kami juga ingin sekalian perkenalan dengan Bapak Ibu sekalian agar lebih dekat dengan  Tzu Chi,” pungkasnya tersenyum.


Sarmi merasa bersyukur dan bahagia usai menerima paket sembako menjelang lebaran.

Salah satu warga Kelurahan Kupang Raya, Sarmi, janda berusia hampir 70 tahun yang diinggal suaminya sejak delapan tahun silam dan hanya tinggal bersama anak semata wayangnya juga mengungkapkan rasa bahagianya karena mendapat bantuan paket sembako. “Saya kerjanya ngumpulin rongsokan sama anak saya. Terimakasih karena sudah dibantu,” ungkap Sarmi gembira.

Tak hanya Sarmi, Mista salah satu warga dari RT 10 juga mengungkapkan rasa terimakasihnya karena terpilih menjadi penerima bantuan sembako. “Rasanya seneng, semoga Buddha Tzu Chi semakin bermanfaat bagi banyak orang dan membantu mereka yang mebutuhkan,” ungkap pria paruh baya itu.


Selain membagikan paket sembako di Kupang Raya, relawan Tzu Chi juga membagikan paket sembako kepada 58 warga Gudang Lelang.

Melihat perhatian relawan Tzu Chi kepada warganya, Asep,Ketua RT 10 memberikan apresiasi dan harapannya.“Tzu Chi semoga lancar, aman, semakin banyak yang ditolong,” ucap Asep.

Usai pembagian paket sembako di Kupang Raya, siangnya pada pukul 14.00 WIB pembagian paket dilanjutkan di Gudang Lelang yang dipandu oleh Lis Linggarningsih,Wakil Ketua Harian Tzu Chi Lampung. Melalui pembagian paket ini, diharapkan dapat membantu mereka yang membutuhkan, sehingga cinta kasih dapat diteruskan kepada semua makhluk. Seperti yang tertuang dalam Kata Perenungan Master Cheng Yen, “Cinta kasih bukan hanya di dalam hati, juga harus ditunjukkan dalam tindakan nyata.”

Editor: Yuliati

Artikel Terkait

Pembagian Paket Sembako Cinta Kasih di TPA Sarimukti

Pembagian Paket Sembako Cinta Kasih di TPA Sarimukti

25 Maret 2019

Sebanyak 150 paket sembako dibagikan kepada warga di sekitar Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Sarimukti yang berlokasi di Desa Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Mayoritas dari mereka bekerja sebagai pemulung sampah.

 Pembagian Paket Sembako Imlek

Pembagian Paket Sembako Imlek

08 Februari 2013 Menjelang hari raya Imlek pada tanggal 10 Februari 2013, relawan Tzu Chi Lampung telah mempersiapkan sebanyak 300 bingkisan untuk warga Tionghoa yang kurang mampu.
Paket Lebaran 2022: Pembagian Paket Sembako di Istana Maimun Medan

Paket Lebaran 2022: Pembagian Paket Sembako di Istana Maimun Medan

28 April 2022

Relawan Tzu Chi Medan komunitas Hu Ai Titi Kuning mengadakan bakti sosial pembagian paket sembako untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri di Istana Maimun kepada warga Kelurahan Hamdan dan Kampung Aur Medan.

Hanya orang yang menghargai dirinya sendiri, yang mempunyai keberanian untuk bersikap rendah hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -