Senyum Kebahagiaan dan Cinta Kasih

Jurnalis : Joliana, Fotografer : Win win

Kegiatan yang disusun dalam kunjungan ke Panti Asuhan Putra Asih pada hari Minggu, 31 Agustus 2014 bertujuan membangkitkan kerja sama, dukungan, dan kepercayaan antar anak-anak panti

Minggu pagi, 31 Agustus 2014, 45 relawan Tzu Chi berdatangan dan memenuhi lapangan yang berada di Panti Asuhan Putra Asih yang terletak di Jalan H.Shohib Abdul Aziz, Kota Tanggerang. Kedatangan ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya dilakukan oleh relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia He Qi Barat.

Panti ini dikelola oleh sembilan orang pengurus yang dikepalai oleh H. Ahmad Supriyadi dan menampung 65 anak yatim piatu. Tak hanya itu, panti ini juga menyediakan pendidikan bagi anak-anak tersebut. Acara dimulai dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan lagu isyarat tangan yang berjudulSatu Keluarga.

Kegiatan kemudian diisi dengan permainan yang membutuhkan kerjasama antar anggota kelompok. Anak-anak dibagi dalam 7 kelompok. Salah satu permainan menuntut para anggota kelompok untuk memindahkan bola dari satu orang ke orang lain menggunakan botol minuman bekas.

Selain permainan dan cerita inspiratif, anak-anak panti juga diajak memainkan lagu isyarat tangan (shou yu)

Tak hanya itu, acara juga diisi dengan dua cerita inspiratif bagi anak-anak. Menurut koordinator acara, Joliana dan Suparman acara ini ditujukan untuk membangun kerjasama, dukungan dan saling percaya antar sesama.Selain itu, dalam cerita inspiratif terkandung makna agar mereka saling peduli antar sesama serta ikhlas untuk berbagi.

“Senang sekali bisa bermain dan belajar bersama anak-anak kurang mampu dan yatim piatu di Panti Asuhan Putra Asih. Disamping yang kita lakukan bisa menghibur anak_anak, kita pun bisa mengasah kembali semangat belajar dan kebersamaan mereka lewat kegiatan-kegiatan yang kita adakan juga menjadikan kita untuk lebih bersyukur bahwa kita masih bisa berkumpul dengan keluarga kita.  Semoga apa yang kita telah lakukan bermanfaat buat kita semua,” ungkap Suparman.

Menjelang acara berakhir, dimainkan lagu isyarat tangan berjudul A Pak Khan Cui Guoleh para relawan diikuti oleh anak-anak panti. Setelah itu, para relawan memberikan paket bantuan yang berisi makanan ringan, susu, alat tulis, dan alat mandi. Kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan Tzu Chi yang dilandasi oleh perkataan Master Cheng Yen: “Memberi perhatian pada orang, sama artinya dengan memberi perhatian pada diri sendiri. Kehidupan penuh cinta kasih, baru merupakan kehidupan berbahagia.”

Dalam kunjungan kali ini, relawan Tzu Chi juga memberikan paket bantuan yang berisi makanan ringan, susu, alat tulis, dan alat mandi kepada anak-anak panti


Artikel Terkait

Mengonsumsi minuman keras, dapat melukai orang lain dan mengganggu kesehatan, juga merusak citra diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -